Rumahweb Blog
banner blog - 5 plugin form wordpress terbaik

5 Plugin Form WordPress Terbaik

Sebagai Content Management System (CMS) yang bersifat open-source, ada berbagai pilihan plugin dengan fungsi yang berbeda-beda untuk digunakan pada website WordPress Anda. Misalnya plugin form, SEO, backup, anti-spam, dan masih banyak lagi. Pada artikel ini, kami akan merangkum 5 plugin form WordPress terbaik yang bisa Anda coba.

Formulir kontak, atau contact form, adalah salah satu fitur yang penting untuk dimiliki sebuah website. Contact form akan memudahkan pengunjung untuk dapat menghubungi Anda.

Selain memudahkan komunikasi, contact form juga dapat berfungsi untuk menampilkan informasi penting, meningkatkan keamanan, dan mengurangi potensi spam masuk.

Terdapat lebih dari 1.000 pilihan plugin contact form di WordPress, baik yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Berikut 5 rekomendasi plugin form yang dapat digunakan pada website WordPress:

1. WPForms

WP Forms - 5 Plugin Form WordPress Terbaik

Plugin ini cocok digunakan bagi para pemula yang baru mulai membuat website. Dengan drag-and-drop builder, plugin ini diklaim menjadi form plugin WordPress yang paling user-friendly.

WPForms memiliki dua versi. Versi pertama adalah WPForms Lite yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Dengan WPForms Lite, Anda dapat menggunakan beberapa fitur standar, seperti form fields, captcha untuk perlindungan spam, notifikasi email, dan sebagainya.

Sedangkan pada versi berbayar, atau premiumnya, Anda dapat membuat berbagai jenis form, misalnya multi-page form, email subscription, form pembayaran, pembelian, dan lain-lain. 

2. Ninja Forms

Ninja Forms - 5 Plugin Form WordPress Terbaik

Sama seperti WPForm, Ninja Forms juga menggunakan drag-and-drop builder yang akan memudahkan penggunanya dalam membuat dan meng-edit form. Menariknya lagi, plugin ini disediakan secara gratis, yang berarti Anda dapat mengunduh dan menggunakannya secara langsung.

Meskipun plugin-nya disediakan secara gratis, Anda tetap harus membeli beberapa ekstensi premium yang ditawarkan oleh plugin ini. Beberapa ekstensi tersebut antara lain ekstensi untuk mengedit frontend, upload file, pembayaran via PayPal, dan sebagainya.

3. Contact Form 7

Contact Form 7

Contact Form 7 merupakan salah satu plugin populer yang paling banyak diunduh dan digunakan secara aktif oleh pengguna WordPress. Salah satu faktor penting yang membuat plugin ini populer adalah karena Contact Form 7 tersedia secara gratis. Beberapa plugin third-party yang dapat digunakan sebagai add-on juga dapat diunduh secara gratis.

Meskipun demikian, Contact Form 7 kurang cocok digunakan bagi pemula karena memiliki user-interface yang lebih kompleks dan sulit dipahami.

4. JetPack Forms

Jetpack forms

JetPack Forms adalah plugin yang dibangun oleh Automatic dan menjadi salah satu plugin yang paling banyak diinstal dari WordPress repository. Plugin ini dapat digunakan secara gratis.

Selain itu, Anda juga dapat membuat dan mengkustomisasi form dengan mudah, seperti menambahkan kolom, mengganti subject line, serta menambah post atau halaman apapun menggunakan WordPress content block.

5. Formidable Forms

Formidable Forms

Plugin ini dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin membangun form yang lebih rumit dan spesifik. Dengan fitur drag-and-drop builder dan berbagai pilihan add-on yang lengkap, Anda dapat membuat form pembayaran, registrasi event, survei, maupun kuis.

Setelah memilih dan mendownload plugin form yang paling sesuai dengan kebutuhan website, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menginstall plugin tersebut pada website. Ada tiga cara menginstal plugin di WordPress, antara lain menginstal langsung di halaman dashboard, melalui menu upload, dan melalui cPanel atau FTP. Simak artikel berikut untuk panduan instalasi plugin.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda