Rumahweb Blog
banner blog - 5 Plugin WhatsApp WordPress Terbaik Pilihan Rumahweb

5 Plugin WhatsApp WordPress Terbaik Pilihan Rumahweb

Jika bicara soal platform chatting sehari-hari, sepertinya untuk saat ini tidak ada yang lebih populer dibandingkan WhatsApp. Faktanya, 83% pengguna internet menjadikan WhatsApp sebagai kanal berkomunikasi yang utama. Maka, jika Anda memiliki website untuk menunjang bisnis, tidak ada salahnya menambahkan fitur WhatsApp WordPress di dalamnya. Melalui artikel ini, Rumahweb akan memberikan rekomendasi 5 plugin WhatsApp WordPress Terbaik yang bisa dipilih untuk website Anda.

5 Plugin WhatsApp WordPress Terbaik

Dengan menggunakan plugin WhatsApp WordPress, website Anda akan memiliki tombol yang terhubung langsung ke WhatsApp bisnis Anda. Jadinya, cukup hanya dengan sekali klik, pengunjung website bisa langsung berkomunikasi dengan Anda, sehingga proses pemasaran hingga transaksi bisa lebih lancar dan mudah dilakukan.

Pluginplugin di bawah ini memiliki fitur unggulan yang berbeda-beda, maka sesuaikan lah dengan kebutuhan bisnis Anda. Berikut ini 5 rekomendasi plugin WordPress Terbaik pilihan Rumahweb.

1. WP Social Chat

WP-Social-Chat-5 Plugin WhatsApp WordPress Terbaik

Merupakan plugin yang populer dan sudah digunakan tak kurang dari 100.000 pengguna aktif. Plugin ini memudahkan Anda untuk melakukan kustomisasi tampilan WhatsApp, seperti mengatur bentuk dan warna tombol. Tak hanya soal tampilan, posisi tombol pun bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Namun, posisi default yang dimiliki sudah sangat direkomendasikan untuk digunakan karena sudah terbukti user-friendly.

Keunggulan lain plugin ini adalah mudahnya menambahkan lebih dari satu admin. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kewalahan saat toko online Anda sedang ramai-ramainya dikunjungi. Bahkan disediakan fitur yang memungkinkan pengunjung untuk dilayani oleh admin yang mana.

Plugin ini tersedia untuk digunakan secara gratis. Sedangkan untuk versi premiumnya, Anda harus merogoh kocek sebesar $20 hingga $80.

2. Click to Chat WhatsApp

Click to Chat WhatsApp - 5 Plugin WhatsApp WordPress Terbaik

Click to Chat WhatsApp merupakan plugin WordPress populer lainnya yang dikenal memiliki banyak fitur canggih. Plugin ini memiliki sembilan style tombol yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Tampilannya pun bisa Anda kustomisasi dengan gambar maupun GIF milik Anda sendiri.

Plugin ini juga memiliki fitur Group Chats, dimana pengunjung bisa bergabung dalam sebuah group chat untuk mendapatkan informasi tentang suatu topik atau produk yang spesifik. Hal ini tentu merupakan pilihan yang selain praktis, namun juga membuat proses penyebaran informasi menjadi lebih efektif.

Click to Chat WhatsApp bisa Anda hubungkan dengan Google Analytics dan Facebook Pixel, sehingga Anda bisa mengukur seberapa besar pengaruh komunikasi lewat WhatsApp terhadap penjualan dan pertumbuhan bisnis Anda.

Plugin ini pun bisa Anda gunakan secara gratis, atau dengan membayar $19 hingga $70 jika ingin menikmati versi premiumnya.

3. WhatsApp Me

WhatsApp Me - 5 Plugin WhatsApp WordPress Terbaik

Merupakan plugin gratis, namun memiliki kelengkapan fitur yang tidak kalah dengan plugin berbayar. Untuk urusan tampilan, bisa Anda atur tampilan tombolnya, baik berbentuk tombol biasa maupun berwujud CTA (call to action). Kata-kata di CTA-nya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan brand voice bisnis Anda.

Fitur penting lainnya yang dimiliki WhatsApp me, ialah chat delay. Fitur ini memiliki fungsi untuk mengatur waktu munculnya tombol chat di layar. Jadi, kemunculan tombol chat bisa diatur yang menurut Anda waktu paling tepat. Contohnya, 2 menit setelah pengunjung masuk ke halaman produk di website Anda. Karena jika tombol chat langsung muncul saat pengunjung baru membuka halaman produk, malah bisa dianggap mengganggu.

Plugin ini pun bisa dihubungkan dengan Google Analytics dan Google Tag Manager, sehingga Anda bisa memantau tingkat keberhasilan dari komunikasi WhatsApp di toko Anda.

4. WhatsApp Button

WhatsApp Button

WhatsApp Button merupakan plugin WhatsApp WordPress yang hanya tersedia dalam versi berbayar. Namun, harga yang dibayarkan sepadan dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan.

Dari sisi tampilan, plugin ini memberikan 18 pilihan template tombol yang bisa Anda pilih. Tak hanya itu, Anda pun masih bisa menambahkan efek animasi yang juga telah disediakan. Posisi tombol pun juga bisa Anda atur sesuka hati, termasuk pada opsi menu. Hal ini sangat berguna untuk mempermudah pengunjung mengakses website melalui perangkat mobile.

Harga yang harus dibayarkan relatif tidak terlalu mahal, yaitu cukup dengan $10 saja, Anda sudah mendapatkan banyak kemudahan dan fitur yang ditawarkan.

5. Chatty

chaty

Chatty bisa Anda pilih, karena keleluasaan yang ditawarkan karena sudah mendukung berbagai aplikasi pesan lainnya di luar WhatsApp, seperti Messenger, Telegram, email, SMS, Maps, Live Chat, dan lainnya. Dengan kata lain, hanya dengan satu plugin ini, Anda sudah bisa memasang berbagai aplikasi chat dan panggilan dalam satu website.

WhatsApp chat sudah terbukti bisa mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Dengan menggunakan plugin WhatsApp WordPress, proses komunikasi dengan pelanggan akan jauh lebih mudah dan efisien. Jika komunikasi sudah berjalan dengan baik, kemungkinan menggiring leads menjadi pelanggan akan lebih mudah. Dengan begitu, penjualan pun dapat meningkat.

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda