Rumahweb Blog
apa Itu User Interface adalah

Apa Itu User Interface? Pengertian, Prinsip, dan Contohnya

Dalam dunia desain grafis yang bergerak di teknologi tentunya sudah tidak asing mendengar istilah user interface atau UI. User interface adalah komponen yang sangat diperlukan untuk membantu pengunjung dalam mengakses fitur, sesuai dengan tujuan desain.

Jadi, jika pengunjung mengalami kendala dalam mengenali menu-menu atau kesulitan menemukan tombol operasi, bisa jadi user interface adalah komponen yang bertanggung jawab sebagai penyebab pengalaman penjelajahan menjadi buruk. Pengalaman penggunaan suatu layanan interaktif biasa disebut sebagai user experience (UX).

Seorang front-end developer dituntut untuk menjadi kreatif, agar dapat menyajikan tampilan yang lebih interaktif dan mudah dioperasikan oleh pengunjung. Lalu, apa sebenarnya user interface sebenarnya? Yuk, simak informasi menariknya di bawah!

Pengertian User Interface?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, user interface (UI) berfokus pada antisipasi hal yang mungkin dilakukan pengunjung dan memastikan bahwa desain antarmuka memiliki elemen yang mudah diakses, dipahami, dan digunakan untuk memfasilitasi tindakan tersebut.

User interface adalah komponen yang akan menyatukan konsep dari desain interaksi, desain visual, dan arsitektur informasi yang jelas.

Pengertian User Interface

Inti dari pengembangan user interface adalah agar tampilan menjadi lebih interaktif dan informatif, baik dari segi menu maupun tata letak untuk mempermudah pengunjung dalam menerima lebih banyak informasi dalam satu halaman secara bersamaan. 

Anda harus cermat dalam pemilihan elemen yang dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung ketika mengakses sebuah halaman.

Pastikan Anda tetap menggunakan desain atau tampilan yang sederhana, namun memiliki potensi strategis. Potensi dalam user interface adalah hal-hal yang menyangkut tentang penggunaan warna dan tekstur, maupun tipografi untuk membuat hirarki yang jelas.

Hal penting lain yang juga harus Anda perhatikan ketika sedang mendesain user interface adalah penggunaan bahasa, serta ukuran dan jenis font, agar mudah dipahami.

Prinsip User Interface

Jika Anda bekerja sebagai front-end developer, maka hal mendasar dari suatu desain yang harus diperhatikan adalah bagaimana mempertahankan prinsip-prinsip desain.

Selain itu, Anda juga dapat menerapkan prinsip user interface dalam setiap pengembangan yang dilakukan. Beberapa prinsip user interface adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Interface Tetap Sederhana

Prinsip pertama dari user interface adalah menjaga tampilan atau desain antarmuka agar tetap sederhana.

Interface atau desain antarmuka terbaik hampir tidak terlihat oleh pengunjung. Hindari elemen yang tidak perlu, serta gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami pada bagian label dan pesan.

Baca juga artikel : 7 Tips Mujarab Design UI dan UX Yang Menjual

2. Gunakan Elemen UI yang Umum

Dengan menggunakan elemen umum di UI Anda, pengunjung akan merasa lebih nyaman dan dapat mengakses berbagai informasi di situs atau aplikasi dengan lebih cepat.

Selain itu, penting juga untuk membuat pola dalam bahasa, tata letak, dan desain di seluruh situs untuk membantu memfasilitasi pengunjung.

3. Tata Letak Halaman

Pertimbangkan hubungan spasial antaritem pada halaman dan struktur halaman berdasarkan kepentingan. Penempatan item yang cermat dapat membantu menarik perhatian pengunjung ke bagian informasi yang paling penting.

4. Pilihan Warna dan Tekstur yang Strategis

Anda dapat mengarahkan perhatian pengunjung menggunakan warna, kontras, dan tekstur, dan tentunya keberuntungan jika mendapati pengunjung yang langsung menyukainya.

5. Gunakan Tipografi

Poin terakhir dari prinsip user interface adalah menggunakan tipografi yang tepat dan tidak “mengganggu”.

Pertimbangkan dengan baik bagaimana Anda menggunakan huruf atau font pada website. Ukuran, jenis font, dan susunan teks yang berbeda dapat membantu meningkatkan kemampuan keterbacaan di sisi pengunjung.

Fungsi User Interface

Fungsi dari user interface adalah membantu dan mempermudah pengunjung dalam mengakses dan menggunakan berbagai fitur pada website atau aplikasi, baik dari komponen dasar interface, hingga kegunaan dari masing-masing menu yang disajikan.

Selain itu, fungsi lain dari user interface adalah sebagai bentuk penegasan branding dalam layanan yang membuatnya berbeda dari yang lain, sekaligus membuat pengunjung nyaman saat berselancar pada sistem yang Anda ciptakan.

Komponen User Interface

Biasanya, pengunjung sudah terbiasa dengan elemen interface tertentu. Jadi, cobalah untuk konsisten dalam menggunakan tata letak pada website maupun aplikasi. Tambahkan komponen user interface pada bagian yang dapat diprediksi.

Membuat tata letak yang familiar dan konsisten akan membantu efisiensi dan kepuasan pengunjung. Ada beberapa elemen penting yang harus diperhatikan ketika membangun user interface. Beberapa elemen penting dalam user interface adalah sebagai berikut: 

  1. Input Controls : Terdiri atas buttons, text fields, checkboxes, radio buttons, dropdown lists, list boxes, toggles, dan date field.
  1. Navigational Components : Terdiri atas breadcrumb, slider, search field, pagination, slider, tags, dan icons.
  1. Informational Components : Terdiri atas tooltips, icons, progress bar, notifications, message boxes, dan modal windows.
  1. Containers : Terdiri atas accordion.

Ada kalanya, Anda akan sulit menentukan elemen yang cocok digunakan untuk menampilkan konten. Ketika ini terjadi, pertimbangkan sisi trade-off dari masing-masing elemen.

Pertimbangkan elemen mana yang dapat membantu menghemat ruang, atau elemen mana yang berpotensi memberikan lebih banyak beban pada pengunjung secara mental dengan memaksa mereka untuk menebak isi menu dropdown.

Contoh User Interface

Bagi masyarakat awam, sebenarnya ada cukup banyak situs atau aplikasi dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan penerapan dari user interface. Contoh sederhana dari user interface adalah form livechat Rumahweb sebagai berikut: 

Contoh User Interface

Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa dalam satu halaman, terdapat detail informasi yang diperlukan, seperti opsi departemen, kolom nama, dan pesan singkat, sesuai fungsinya. 

Selain menampilkan informasi penting yang diperlukan pengunjung, penting juga untuk memperhatikan pemilihan warna yang tepat dan konsisten agar pengunjung menjadi lebih nyaman.

User interface adalah komponen ternyata sangat penting dan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung ketika mengakses sebuah situs atau aplikasi. Itulah penjelasan lengkap dari Rumahweb mengenai user interface. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Fredric Lesomar

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb