Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Arti Overload dalam Berbagai Bidang

Apa Arti Overload dalam Berbagai Bidang

Overload artinya apa sih?” Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang pernah muncul di pikiran Anda. Tak bisa dimungkiri, akhir-akhir ini,  kata overload memang populer digunakan mulai dari media sosial hingga lingkup pekerjaan.

Demi menambah wawasan dan kosakata Anda, di artikel kali ini Rumahweb akan membahas seputar overload artinya apa, termasuk contoh penggunaan kata satu ini!

Arti Overload

Kata overload terdiri dari dua kata, yaitu over dan load. Over artinya lebih sedangkan load artinya muatan atau beban. Jadi, jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, overload artinya kelebihan muatan atau beban. 

Menurut Cambridge Dictionary overload artinya to put too many things in or on something, yaitu menaruh terlalu banyak hal pada sesuatu. Berdasarkan penjelasan ini, maka istilah overload bisa digunakan di berbagai bidang, selama itu menunjukkan atau menggambarkan sesuatu yang berlebih dari takarannya.

Arti Overload dalam Berbagai Bidang

Istilah overload memang memiliki makna tersendiri tergantung masing-masing bidang. Namun intinya sama, overload artinya kelebihan muatan atau beban. Berikut pengertian overload di dunia IT, bisnis, hingga dalam bahasa gaul.

IT

Dalam dunia IT, overload artinya keadaan di mana alat elektronik seperti gadget kelebihan muatan. Misalnya seperti telepon seluler atau laptop yang memiliki terlalu banyak data sehingga membuat kinerjanya lebih lambat.

Online Shop

Sedikit berbeda dengan IT, dalam dunia bisnis khususnya online shop, overload artinya keadaan yang menunjukkan penumpukan pesanan atau pengiriman barang karena mengalami lonjakan yang tinggi.

Istilah ini tentu akrab bagi Anda yang gemar berbelanja online. Misalnya saat tanggal kembar (1.1, 2.2. 3.3. dan seterusnya), marketplace mengadakan diskon besar-besaran yang membuat transaksi jual beli meningkat.

Tak jarang online shop mengalami overload pesanan dan membuat orderan tidak bisa dikirim di hari yang sama.

Hal ini juga berlaku pada jasa pengiriman. Tingginya transaksi jual beli terkadang juga membuat pengiriman barang atau paket tidak tertampung sehingga membuat durasi pengiriman lebih lama dari biasanya. 

Baca juga artikel : Cara Membuat Toko Online Secara Instan

Cara Berpikir

Apakah Anda pernah mendengar seseorang mengeluh kalau ia merasa overload? Ya, overload tak hanya berlaku untuk benda saja. Pikiran, tugas, atau tanggung jawab juga bisa overload.

Dalam hal ini, overload artinya adalah keadaan saat seseorang merasa masalah atau apa yang ia pikirkan melebihi dari apa yang biasanya ia tangani. Misalnya, saat seseorang diberikan tugas atau tanggung jawab melebihi kemampuannya, atau hal-hal yang terlalu banyak membebani pikirannya.

Kamus Gaul

Overload nyatanya juga sering digunakan oleh kaum muda sebagai bagian dari bahasa gaul atau kekinian. Dalam kamus bahasa gaul, overload artinya adalah menggambarkan sesuatu yang berlebihan.

Misalnya ketika seorang perempuan yang dianggap sangat tampan, maka akan muncul komentar “gantengnya overload”. Atau ketika seseorang yang kekenyangan, ia akan melontarkan kalimat “lambungku sudah overload”.

 Contoh Penggunaan Kata Overload dalam Kalimat

Setelah mengetahui arti overload dalam berbagai bidang, berikut Rumahweb berikan beberapa contoh kata overload yang digunakan dalam sebuah kalimat:

  1. Maaf, akhir pekan ini saya tidak bisa ikut liburan karena tugas saya sedang overload.
  2. Sepertinya pikiran saya sedang overload sehingga tidak bisa fokus saat melakukan sesuatu.
  3. Pesanan Anda sedikit terlambat karena ada overload dalam pengiriman.
  4. Truk tersebut terguling karena overload.
  5. Wajar kalau dia jadi primadona di kampus. Cantiknya overload!

Itulah pembahasan seputar overload artinya apa dan juga contoh kalimatnya. Semoga semakin menambah wawasan dan kosakata Anda, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing