Rumahweb Blog
banner artikel - Mikhmon Pengertian, Fungsi, Download, dan Cara Installnya

Mikhmon: Pengertian, Fungsi, Download, dan Cara Installnya

Jika Anda seorang network engineer atau pebisnis di bidang ISP, maka biasanya Anda membutuhkan panel untuk management perangkat jaringan sebagai media controller jarak jauh. Mikhmon adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan. 

Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi terkait salah satu aplikasi management perangkat jaringan yaitu Mikhmon. Ingin tahu lebih banyak tentang Mikhmon dan cara download Mikhmon dengan mudah? Simak artikel berikut ini.

Apa itu Mikhmon?

MikroTik Hotspot Monitor, atau disingkat Mikhmon adalah aplikasi management perangkat Routerboard, seperti MikroTik, agar dapat dikontrol dari satu network yang sama atau dari koneksi internet berbeda.

Mikhmon dapat diakses melalui aplikasi PC, HP, maupun website, sehingga memudahkan admin dalam mengelola hotspot MikroTik dari berbagai perangkat asalkan terkoneksi internet.

Mikhmon adalah alternatif dari RouterOS, Mikrotik Pro, atau WinBox, yang memiliki beberapa fitur dan fungsi yang dinilai lebih sederhana, serta tampilannya dapat di custom menggunakan template yang telah disediakan.

Sebenarnya, fungsi dan fitur Mikhmon hampir sama seperti RouterOS atau Winbox. Salah satu perbedaan mendasar antara Mikhmon dan aplikasi lain ini adalah Anda dapat mengatur dengan mudah cara tambah user Hotspot secara manual atau otomatis, sistem voucher, custom template dan masih banyak lagi.

Fitur Mikhmon

Selain fitur di atas, beberapa fitur lain yang dimiliki Mikhmon adalah sebagai berikut:

  • Instant setup
  • Online 24 Jam berbasis cloud/website
  • Add, edit, remove user hotspot
  • Create user hotspot otomatis
  • Add, edit, remove user profile
  • Cetak voucher
  • Print voucher via bluetooth
  • Report penjualan
  • Custom template voucher
  • Multi-router
  • Fitur dapat diakses secara online dan offline

Dari berbagai fitur di atas, salah satu fitur yang paling menarik adalah pembuatan voucher. Dengan fitur pembuatan voucher, Anda dapat menjadikan hotspot sebagai internet berbayar. Contoh penerapan fitur ini misalnya WiFi RT/RW Net yang cukup terkenal.

Fungsi Mikhmon

Fungsi utama dari Mikhmon adalah sebagai aplikasi manajemen perangkat router MikroTik yang dijadikan sebagai hotspot. Meskipun pada dasarnya MikroTik telah menyediakan panel menggunakan WinBox, kebanyakan orang lebih suka menggunakan layanan yang lebih user-friendly dan mudahnya menggunakan fitur unggulan yang diperlukan saja. 

Mikhmon menawarkan versi desktop dan website yang bisa Anda unggah ke hosting atau server pribadi, dan nantinya dapat dikendalikan secara remote dari jarak jauh.

Selain itu, Mikhmon juga menawarkan versi Mobile Android, yang akan akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis voucher internet sekelas RT/RW Net tanpa batas, dan dapat diakses dari mana saja.

Download Mikhmon 

Ada banyak cara untuk download Mikhmon di laptop/PC Anda. Kami menyarankan Anda untuk mendownload file instalasi secara resmi melalui link berikut: Unduh Mikhmon

Pada link diatas, Anda bisa mendownload aplikasi Mikhmon V4, yang merupakan versi terbaru dari Mikhmon saat ini.

download mikhmon

Cara Install Mikhmon cPanel

Setelah aplikasi Mikhmin web server berhasil Anda download, selanjutnya Anda bisa menginstall aplikasi ini di control panel hosting atau VPS Anda. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login ke panel hosting yang dimiliki > upload berkas .ZIP yang telah didownload sebelumnya. Anda bisa meletakan file tersebut di dalam folder public_html > extract berkas.
upload mikhmon
  1. Setelah berhasil di-extract, akses halaman webnya dan login untuk memulai penggunaan.
akses mikhmon

Catatan:

Secara default, Mikhmon membutuhkan port 8728 dan 8729 agar aplikasinya dapat berjalan dengan baik di hosting. Namun bila provider hosting Anda menutup port tersebut, solusinya Anda bisa mengubah port default API ke port yang dibuka di hosting Anda,

Pada layanan shared hosting di Rumahweb, port 8728 dan 8729 statusnya di disable atau ditutup. Karena itu, Anda perlu melakukan perubahan port API pada aplikasi Mikhmon dan Router terlebih dahulu.

Kami membuka port antara 30000-65000. Karena itu, Anda bisa mengubah port API Mikmon ke salah satu range port diatas. Perubahan port API tersebut bisa dilakukan melalui Router yang Anda gunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke router yang Anda gunakan ( bisa menggunakan winbox atau web mikrotik ).
  • Klik menu IP > Services.
  • Update bagian API dan API SSL
ubah api port router

Cara Install Mikhmon di Android

Pada dasarnya, Mikhmon versi mobile atau Android memiliki fungsi yang sama, hanya saja lebih ringkas dan mudah dioperasikan dari mana saja. Berikut langkah penginstalan Mikhmon di Android:

  1. Buka PlayStore > cari aplikasi Mikhmon > Klik install > Klik Open untuk membuka aplikasi Mikhmon setelah proses instalasi berhasil.
aplikasi mikhmon
  1. Setelah aplikasi dijalankan, Anda bisa memulai dengan memasukan hostname atau IP perangkat MikroTik.
setting hostname mikhmon

Pada contoh diatas, kami menggunakan hostname dari subdomain Mikhmon yang telah terhubung melalui web.

  1. Berikut tampilan apabila koneksi berhasil: 
login mikhmon
  1. Login menggunakan user dan pass yang telah diset sebelumnya, kemudian Anda dapat memulai management routernya.
setting aplikasinya

Mikhmon adalah aplikasi manajemen perangkat yang dapat digunakan melalui PC maupun HP. Namun, pastikan router MikroTik yang Anda gunakan sudah di-forward melalui IP publik atau DDNS jika IP-nya berubah-ubah.

Demikian artikel kami tentang apa itu Mikhmon, download hingga cara instalasinya. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.6 / 5. Vote count: 18

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Fredric Lesomar