Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu wifi Hotspot adalah

Apa itu Hotspot? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Seiring perkembangan teknologi, Anda dapat mengakses internet tanpa perlu tersambung ke kabel secara fisik, alias menggunakan wifi hotspot. Hotspot adalah salah satu cara koneksi internet lewat perangkat lain, seperti komputer, smartphone, dan lainnya.

Gelombang hotspot biasanya dapat terjangkau hingga seratus meter. Hotspot dapat dipasang di ruang pribadi maupun publik. Beberapa contoh pemasangan hotspot adalah pada lobby bandara, hotel, kedai kopi, hingga di pesawat terbang.

Pada jaringan terbuka ,seperti contoh di atas, banyak hotspot publik yang menawarkan akses gratis, namun tak sedikit pula pula yang berbayar. 

Lantas, apa saja fungsi dari wifi hotspot dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan lengkap dari Rumahweb Indonesia mengenai hotspot, jenis, hingga troubleshooting sederhana lainnya!

Apa itu Hotspot?

Ada banyak orang yang mungkin keliru dalam membedakan antara “hotspot” dan “hotspot seluler”. Meskipun hampir sama, namun keduanya memiliki maksud yang berbeda.

Secara definisi, hotspot adalah “tempat fisik” di mana orang-orang dapat menghubungkan perangkat mereka untuk mengakses internet secara nirkabel. Hotspot membutuhkan WLAN (Wireless Local Area Network) dan router yang terkoneksi ke ISP (Internet Service Provider) untuk terhubung.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Hotspot adalah wilayah yang dipayungi oleh jaringan nirkabel dari pemancar access point yang terhubung dengan jaringan internet broadband. Access point adalah pemancar dan penyedia layanan agar sinyal dapat dipakai. Untuk mengakses internet nirkabel, Anda cukup menghubungkannya lewat fitur wireless fidelity.

Sementara itu, hotspot seluler atau hotspot portabel merupakan hotspot yang “bergerak”, menggunakan HP atau smartphone. Dengan hotspot seluler, Anda dapat memakai koneksi data pada HP untuk membuat perangkat lain, seperti laptop, tersambung ke internet.

BACA JUGA : Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows 11

Jenis-jenis Hotspot

Dalam praktiknya, hotspot dapat dibagi menjadi tiga macam: free hotspot, paid hotspot, dan hotspot berbayar ke operator wifi.

1. Free Hotspot

Free hotspot adalah jenis hotspot yang dapat Anda temui di berbagai tempat publik, seperti mall, lokasi wisata, stasiun, dan masih banyak lagi. Hotspot ini menyediakan layanan internet gratis, sehingga siapa saja bisa terhubung ke internet tanpa perlu membayar.

2. Paid Hotspot

Paid hotspot adalah jenis hotspot di mana Anda harus membayar dengan nominal tertentu untuk memperoleh akses username dan password. Banyak yang mengatakan bahwa salah satu kelebihan paid hotspot adalah akses internet yang lebih cepat jika dibandingkan free hotspot.

3. Hotspot Berbayar ke Operator Wifi

Jenis hotspot terakhir ini biasanya muncul karena ada kerja sama antara hotspot dengan operator wifi. Beberapa contoh operator wifi di Indonesia misalnya, Biznet Hotspot, Hyper Hotspot, Maxindo, D~NET, dan NusaNet. Karena kerja sama ini, pengguna harus membayar dengan nominal tertentu kepada operator wifi.

Hotspot berbayar ke operator wifi memiliki berbagai kelebihan, salah satunya mobilitas yang luar biasa. Hotspot ini cocok bagi pengusaha yang kerap melakukan perjalanan bisnis, atau traveler yang sering bepergian jauh.

Fungsi Hotspot

Dengan hotspot Anda dapat mengakses internet dengan lebih mudah, tanpa perlu menggunakan kabel. Berikut ini berbagai fungsi hotspot yang bisa dirasakan secara langsung oleh penggunanya:

  1. Dapat digunakan untuk berbagai aktivitas di internet, mulai dari mengirim email, browsing, chatting, transaksi bank, mendownload file sembari melakukan sesuatu, dan sebagainya.
  2. Dapat menggunakan internet tanpa kabel.
  3. Jangkauan yang relatif luas, hingga kurang lebih seratus meter.
  4. Fleksibel.
  5. Dapat dipakai di mana saja dan kapan saja.

BACA JUGA : Cara Ganti Password WiFi Indihome di Berbagai Merk Modem

Cara Kerja Hotspot

Cara kerja hotspot adalah dengan memancarkan gelombang radio yang akan ditangkap oleh laptop atau PDA (personal digital assistant) milik pengguna yang dilengkapi fitur wifi.

Jika Anda membuka browser dalam wilayah hotspot, halaman utama hotspot penyedia layanan akan muncul. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan username dan password. Setelah itu, Anda baru dapat terkoneksi ke internet.

Konsep ini hampir sama seperti ketika Anda pergi ke warnet, atau warung internet. Pihak warnet akan menyewa atau membeli pulsa dari penyedia internet untuk kemudian dijual kepada pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan Hotspot

Meskipun hotspot mempermudah seseorang dalam mengakses internet, ada beberapa kelemahan yang tak bisa terlepaskan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari wifi hotspot:

Kelebihan Hotspot

  1. Tersedia di banyak tempat umumm karena tingginya peminat.
  2. Dapat terhubung ke internet secara bersamaan tanpa kabel.
  3. Praktis dan murah.

Kekurangan Hotspot

  1. Banyak hacker yang memanfaatkan hotspot untuk melakukan tindak kriminal, seperti mencuri password, karena mudahnya proses hacking.
  2. Mudah terserang flooding.

Cara Membatasi Hotspot di HP Android

Jika hotspot bisa digunakan di banyak perangkat sekaligus, biasanya hotspot seluluer hanya digunakan di perangkat pribadi Anda. Tentu, Anda tak mau orang lain “mencuri” data yang Anda beli, bukan?

Berikut kami rangkum cara membatasi hotspot di HP Android, dengan mengizinkan dan memblokir perangkat yang terhubung:

  1. Nyalakan hotspot di HP Android.
  2. Buka menu Pengaturan.
  3. Klik menu Koneksi > Hotspot Seluler dan Tethering > Perangkat Terhubung.
  4. Aktifkan menu Hanya perangkat yang diizinkan untuk membatasi koneksi hanya ke perangkat yang terpercaya saja.

Cara menambahkan perangkat yang diizinkan untuk mengakses hotspot seluler di HP Android:

  1. Pilih ikon + (plus) pada menu Hotspot.
  2. Masukkan nama perangkat di kolom yang tersedia.
  3. Klik Tambahkan.
  4. Simpan perubahan yang sudah dilakukan.

Selain membatasi koneksi, Anda juga dapat menghapus atau memblokir perangkat yang terhubung ke hotspot dengan cara:

  1. Klik nama perangkat yang terhubung.
  2. Hapus perangkat tersebut dari daftar perangkat yang terhubung.

Anda dapat menerapkan cara  di atas pada berbagai merek HP Android, seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, dan sebagainya.

Kenapa Hotspot Tidak Bisa Tersambung?

Ada banyak penyebab kenapa hotspot tidak bisa tersambung, mulai dari kuota yang habis atau perangkat yang sedang error. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada berbagai cara untuk memperbaikinya.

Cek Kuota Internet

Pastikan kuota pada HP Anda masih memadai saat mengaktifkan hotspot di area bersinyal, karena hotspot akan tersambung jika ada kuota internetnya. Apabila kuota internet habis, tentu Anda tidak akan bisa menyambungkan perangkat ke hotspot, meskipun berada di area yang terjangkau sinyal.

Restart Perangkat

Jika perangkat yang digunakan sebagai area bersinyal tidak bisa tersambung dengan perangkat lain, Anda dapat melakukan restart pada perangkat. Hal ini karena bisa jadi ada sistem perangkat yang error, sehingga agar hotspot dapat segera dipakai, Anda harus memulai ulang atau restart.

Ubah Password dan Nama Hotspot

Salah satu penyebab perangkat tidak bisa tersambung ke hotspot adalah karena pengguna hotspot yang sudah terlalu banyak, atau ada perangkat lain yang masih memakai hotspot Anda karena menyimpan akses password lama. 

Karena itu, Anda dapat mencoba mengganti nama dan kata sandi hotspot seluler Anda. Caranya, akses menu Pengaturan > pilih Network & Internet > WiFi > ganti nama area bersinyal dan/atau kata sandinya.

Menyambungkan via Bluetooth

Bluetooth juga dapat digunakan untuk menyambungkan wifi hotspot. Caranya pun mudah, cukup aktifkan Bluetooth dan data seluler pada perangkat yang meminta koneksi Internet.

Setelah Bluetooth dan data seluler aktif, buka Pengaturan > klik opsi Penambatan dan Hotspot > centang opsi penambatan Bluetooth > klik nama WiFi dan centang bagian Akses Internet.

Kesimpulan

Hotspot adalah salah satu cara terkoneksi ke internet melalui perangkat lain, seperti komputer, laptop, ponsel pintar, dan sebagainya.

Wifi hotspot adalah wilayah yang dipayungi jaringan nirkabel dari pemancar access point yang terhubung dengan jaringan internet broadband. Dibutuhkan WLAN (Wireless Local Area Network) dan router yang terkoneksi ke ISP (Internet Service Provider) untuk terhubung.

Dalam praktiknya, hotspot dapat dibagi menjadi 3 jenis, yakni free hotspot, paid hotspot, dan hotspot berbayar ke operator wifi.

Ada beberapa manfaat atau fungsi dari hotspot, seperti dapat dipakai untuk mengirim email, browsing, chatting transaksi bank, mendownload file sembari melakukan sesuatu, dan sebagainya.

Itulah artikel dari Rumahweb Indonesia tentang pengertian wifi hotspot, fungsi, dan cara kerjanya. Dengan hotspot, Anda dapat terhubung ke internet dengan praktis dan fleksibel. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.