Rumahweb Blog
banner artikel - etika adalah artinya

Etika: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya

Etika adalah istilah yang cukup sering didengar dalam percakapan sehari-hari. Namun, apakah Anda sudah memahami betul apa itu etika? Secara singkat, etika artinya pedoman tingkah laku seseorang yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Etika adalah sebuah istilah yang memiliki arti cukup luas. Dalam artikel kali ini, Rumahweb Indonesia akan membahas tentang etika artinya apa, fungsi, manfaat, hingga contoh etika yang perlu diketahui. Mari simak!

Pengertian Etika 

Kata ‘etika’ berasal dari bahasa Yunani ‘ethos’ yang berarti ‘tampak dari suatu kebiasaan’.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etika artinya adalah ilmu tentang apa yang baik dan buruk, mengenai hak dan kewajiban moral, kumpulan asas atau nilai yang berhubungan dengan akhlak, dan nilai benar atau salah yang dianut dalam masyarakat. 

Dapat dikatakan bahwa etika artinya hal yang berkaitan dengan konsep benar dan salah, dan bagaimana orang seharusnya berperilaku dalam hubungan satu sama lain.

Etika dapat membantu untuk memahami apa yang baik dan buruk, sehingga etika dapat dijadikan landasan atau pertimbangan dalam membuat keputusan yang mencerminkan nilai dan keyakinan berdasarkan kodrat manusia.

Fungsi Etika

Etika termasuk cabang ilmu yang membahas mengenai nilai dan norma dalam kehidupan. Karena itulah, etika memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

  1. Memberi panduan dan pedoman pengambilan keputusan serta tindakan moral.
  2. Memahami apa yang dianggap benar dan salah, dan bagaimana seharusnya bertingkah laku terhadap orang lain.
  3. Mengevaluasi tindakan dan dampaknya terhadap orang lain, serta memahami bagaimana tindakan tersebut dapat memengaruhi kehidupan orang lain dan masyarakat secara keseluruhan.
  4. Memahami dan mempertahankan nilai-nilai yang dianggap penting dalam kehidupan, seperti kejujuran, keadilan, dan kemanusiaan.
  5. Membentuk karakter dan membantu untuk hidup dengan cara yang benar dan baik sesuai norma di masyarakat.

Manfaat Etika

Etika adalah suatu hal yang sudah begitu melekat dalam diri manusia. Meski begitu, ada sejumlah manfaat etika bagi kehidupan, seperti:

1. Pembeda Baik dan Buruk

Manfaat paling menonjol dari sebuah etika adalah dapat digunakan sebagai pembeda antara yang baik dan buruk. Etika akan melekat dalam diri seseorang, sehingga seiring dengan pertumbuhannya, etika juga akan semakin berkembang.

Semakin nilai dan moral tertanam dalam dirinya, semakin ia mampu membedakan yang baik dan buruk, sesuai dengan etika yang berlaku di lingkungannya.

Baca juga Kebiasaan Buruk Mengelola Website WordPress yang Harus Dihindari

2. Menumbuhkan Sikap Kritis

Etika dapat menumbuhkan sikap kritis dalam diri seorang individu. Etika yang sudah tertanam dalam diri, akan membuat seseorang bersikap kritis ketika menghadapi suatu kondisi tertentu. Ia tidak akan pasrah begitu saja pada keadaan dan tidak mudah terpengaruh, karena etika yang diyakini.

3. Meneguhkan Pendirian dan Prinsip

Orang beretika akan cenderung setia pada prinsip dan pendiriannya. Individu yang memahami etika dengan benar akan cenderung berperilaku sesuai aturan yang berlaku tanpa merasa terpaksa.

Ia juga jadi memiliki pedoman dalam bertindak atau ketika menghadapi sesuatu hal. Pemahamannya mengenai etika akan meneguhkan pendirian dan prinsip-prinsip hidupnya.

4. Membangun Masyarakat yang Adil dan Sejahtera

Manfaat lain dari etika adalah dapat membantu membangun masyarakat yang adil dan sejahtera.

Etika yang berlaku di masyarakat dapat dijadikan pedoman dalam bertindak. Semua keputusan dalam setiap tindakan didasarkan pada nilai dan norma yang dianut.

Contoh Etika yang Perlu Diketahui

Secara umum, etika adalah segala hal yang berkaitan dengan benar salah dan baik buruk. Namun, etika juga bisa berarti sesuatu yang spesifik. Berikut contoh etika dalam bidang-bidang khusus:

1. Etika Bisnis

Etika bisnis adalah prinsip-prinsip yang mengatur tingkah laku individu atau perusahaan dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, Etika bisnis mencakup standar moral dan nilai-nilai yang harus diikuti dalam melakukan kegiatan bisnis, seperti kejujuran, keadilan, transparansi, tanggung jawab sosial, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Etika bisnis bertujuan untuk membangun kepercayaan dan kemitraan yang sehat antara perusahaan dengan stakeholder, seperti pemegang saham, karyawan, pelanggan, dan masyarakat.

Selain itu, etika bisnis juga membantu perusahaan membangun reputasi yang baik dan mempertahankan keberlangsungan bisnisnya dalam jangka panjang.

2. Etika Profesi

Etika profesi adalah suatu prinsip yang mengatur tingkah laku individu dalam melakukan pekerjaan atau profesi tertentu.

Lebih lanjut, Etika profesi mengatur nilai-nilai yang harus diikuti dalam melakukan kegiatan profesi, seperti kejujuran, integritas, profesionalisme, tanggung jawab, dan rasa kepedulian terhadap klien atau masyarakat.

Tujuan etika profesi adalah untuk membangun kepercayaan dan kemitraan yang sehat antara individu dengan pihak lain yang bersangkutan, seperti klien, rekan kerja, dan masyarakat.

Beberapa contoh profesi yang memiliki etika adalah dokter, advokat, akuntan, dan insinyur.

3. Etika Bersosial Media

Dalam bermedia sosial, kita juga butuh etika agar kehidupan virtual dapat berjalan dengan baik.

Etika media sosial adalah prinsip-prinsip yang mengatur tingkah laku individu dalam menggunakan media sosial, di antaranya seperti kejujuran, keadilan, respon terhadap komentar dan pertanyaan, tanggung jawab sosial, dan kepedulian terhadap hak privasi orang lain.

Etika bermedia sosial memiliki tujuan untuk membangun hubungan yang sehat antara individu dengan teman, keluarga, dan masyarakat secara virtual.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bermedia sosial misalnya, tidak mengunggah konten yang tidak sesuai, informasi yang tidak benar, dan tidak menggunakan media sosial untuk menyakiti perasaan orang lain.

Kesimpulan

Etika adalah cabang filsafat yang membantu Anda memahami apa yang dianggap benar dan salah, dan bagaimana seharusnya bertingkah laku terhadap orang lain.

Etika adalah hal yang berperan penting dalam membentuk karakter dan membantu Anda hidup dengan benar menurut masyarakat. Dengan memahami prinsip etika artinya Anda dapat membangun hubungan yang sehat dan saling menghargai dengan orang lain, serta membangun masyarakat yang adil dan sejahtera.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents