Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu IMEI dan Cara Cek IMEI pada Handphone

Apa itu IMEI dan Cara Cek IMEI pada Handphone

Pernahkah Anda mendengar istilah IMEI? Ya, bagi pemilik handphone (HP), IMEI seharusnya sudah tidak asing lagi, karena menjadi salah satu hal paling penting yang harus diketahui. Oleh karena itu, sebelum membeli ponsel, Anda perlu cek IMEI yang akan dibeli.

Apa itu IMEI, dan bagaimana cara mengeceknya di berbagai merek ponsel, termasuk cek IMEI iPhone? Berikut Rumahweb rangkum penjelasannya untuk Anda!

Apa Itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yakni sebuah nomor seri unik yang dimiliki setiap unit HP. Artinya, setiap HP memiliki IMEI yang berbeda. Sederhananya, IMEI adalah sejenis nomor identitas untuk HP Anda.

Saat mengecek IMEI, Anda akan menemukan 15-17 digit nomor “identitas” HP Anda. Nomor tersebut dikeluarkan oleh GSMA (Global System for Mobile Association) untuk setiap slot kartu GSM yang dikeluarkan produsen HP. Itulah alasan kenapa HP yang memiliki dua slot kartu SIM akan mendapat dua nomor IMEI yang berbeda.

Fungsi IMEI

Sebelum membahas cara cek IMEI di HP, mari kita bahas terlebih dahulu fungsi dari nomor seri unik tersebut, di antaranya:

1. Mengidentifikasi Identitas Perangkat

Saat melakukan cek IMEI, Anda akan mendapatkan nomor seri yang kemudian bisa digunakan untuk mengetahui semua informasi tentang perangkat, mulai dari merek hingga model.

2. Mengecek Garansi HP

Selain untuk mengetahui identitas perangkat, Anda juga bisa mengecek garansi perangkat dengan cek IMEI. Misalnya, jika HP Anda rusak dan ternyata masih ada garansi, maka tentu Anda bisa mengklaimnya. 

3. Melacak Ponsel yang Hilang

IMEI juga dapat berfungsi untuk melacak keberadaan HP. Anda bisa meminta bantuan provider kartu SIM untuk melacak keberadaan HP Anda. Jika tidak berhasil, setidaknya Anda bisa meminta provider untuk memblokir nomor tersebut agar tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Menghubungkan Perangkat dengan Layanan Operator Seluler

Jika Anda membeli HP di luar negeri, maka Anda perlu mendaftarkan IMEI di Kemenperin. Jika tidak, maka HP Anda tidak akan mendapatkan jaringan provider lokal.

Inilah salah satu alasan akhir-akhir ini banyak yang mengecek IMEI iPhone, karena iPhone menjadi salah satu merek HP yang diminati dan banyak dipasok dari luar negeri (HP second).

Cara Cek IMEI

Setelah mengetahui fungsinya, Apakah Anda sudah tak sabar mengetahui cara cek IMEI perangkat yang Anda miliki? Masing-masing merek HP memiliki cara yang sedikit berbeda.

Cara paling mudah untuk mengecek IMEI perangkat HP adalah dengan mengecek stiker perak yang ada di belakang ponsel, di bawah baterai, atau di box HP. Namun, ANda juga bisa mengecek IMEI ini melalui software perangkat. Berikut ulasannya:

1. Cek IMEI iPhone

Beberapa tahun terakhir, pengguna iPhone di Indonesia, khususnya yang membeli unit bekas dari luar negeri, dibuat was-was. Pasalnya, kini terdapat kebijakan pengendalian IMEI Untuk memastikan legalitas iPhone, guna menghindari maraknya jual beli barang black market alias ilegal.

Cara cek IMEI iPhone adalah sebagai berikut:

  • Klik menu Dial/Phone di perangkat iPhone Anda.
  • Tekan *#06#.
  • Akan muncul 15 digit nomor IMEI.

Selain itu, Anda juga bisa cek IMEI iPhone melalui menu Setting dengan cara sebagai berikut:

  • Klik menu Setting > General.
cek imei di iPhone
  • Klik menu About.
menu about - cek imai iphone
  • Scroll ke bawah hingga menemukan nomor IMEI iPhone.
informasi imei

Baca juga artikel : Cara Backup Data HP Android dan iOS

2. Cek IMEI Xiaomi

Selain cek IMEI iPhone atau IOS, Anda juga bisa melakukan pengecekan IMEI pada Android. Bagi Anda yang memiliki HP Xiaomi, berikut cara mengecek IMEI perangkat Anda:

  • Klik menu Dial/Telepon.
  • Tekan *#306#
  • Nomor IMEI perangkat Anda akan muncul secara otomatis.

Umumnya, saat cek IMEI di Xiaomi, akan muncul 2 nomor seri. Hal ini karena HP Xiaomi memiliki dua slot kartu SIM.

Selain melalui kode USSD, Anda juga bisa mengecek IMEI perangkat Xiaomi melalui menu Setting atau Pengaturan. Berikut caranya:

  • Buka menu Setting/Pengaturan > About Phone.
  • Pilih menu All specs > Status.
  • Akan muncul informasi mengenai IMEI HP Anda.

3. Cek IMEI Oppo

Sama seperti saat mengecek IMEI iPhone, Anda juga bisa cek IMEI Oppo melalui layanan USSD dengan menekan *#06# lalu klik OK atau ikon telepon. Sedangkan untuk mengecek IMEI melalui menu Setting, caranya sebagai berikut:

  • Klik menu Setting/Pengaturan.
  • Klik opsi About Phone.
  • Scroll ke bawah hingga Anda menemukan informasi IMEI perangkat Anda.

4. Cek IMEI Samsung

Jika Anda memiliki HP Samsung, cara cek IMEI dapat dilakukan melalui layanan USSD sama dengan HP Xiaomi. Namun jika Anda ingin melakukan cek melalui menu Setting, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik menu Setting/Pengaturan.
  • Klik menu General/Umum.
  • Pilih opsi About/Tentang.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan nomor IMEI perangkat Anda

Itulah cara cek IMEI pada HP dengan beragam merek, termasuk di iPhone. Selanjutnya, Anda bisa mengecek apakah perangkat Anda berstatus legal atau tidak dengan memasukkan nomor IMEI ke situs Kemenperin. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing