Rumahweb Blog
banner - 10 Bisnis Digital Paling Menjanjikan di Tahun 2022

10 Bisnis Digital Paling Menjanjikan di Tahun 2022

Berbagai peluang yang hadir di era digital saat ini tentu sayang untuk dilewatkan, termasuk yang berkaitan dengan bisnis. Kini, bisnis digital bukanlah sesuatu yang asing lagi, terutama bagi para pelaku usaha.

Lalu, apa itu bisnis digital? Apa saja keunggulannya dan seperti apa contohnya? Berikut Rumahweb rangkum untuk Anda!

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah bisnis jasa yang mengandalkan kecanggihan teknologi dalam membuat produk, maupun proses pemasarannya. Definisi ini mencakup hal yang sangat luas.

Tidak hanya terkait penjualan produk tak berwujud,  seperti software, atau produk fisik yang dikemas secara digital, seperti ebook saja. Bisnis digital kini juga menyangkut segala usaha yang dipasarkan secara online.

Penjualan produk ini bisa dilakukan melalui website atau aplikasi. Contohnya, ketika Anda menjual produk di ecommerce seperti Shopee, Tokopedia,, dan lainnya, maka Anda sudah terlibat dalam bisnis digital.

Contoh lain, misalnya brand H&M yang ada di mall yang kini produknya dapat dibeli melalui aplikasi, juga sudah termasuk bagian dari bisnis digital.

Bisnis digital memang sangat menguntungkan apabila Anda mampu mengelola dan membaca pasar dengan baik. Apalagi, bisnis digital memiliki sejumlah kelebihan dibanding bisnis konvensional. 

Misalnya saja, pilihan usaha yang beragam dan terus berinovasi, jangkauan pasar yang lebih luas, bisnis yang memiliki tujuan jangka panjang, hingga kemudahan yang menciptakan kenyamanan bagi para pelanggan.

Ya, dengan bisnis digital, para pelanggan tidak perlu mendatangi toko Anda untuk membeli produk atau menggunakan jasa, cukup mengakses melalui internet saja, dan pelanggan akan mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.

Hal yang perlu disiapkan dalam bisnis digital

Melihat potensi yang besar dan kelebihan yang ditawarkan dalam bisnis digital ini, Anda tentu perlu mempersiapkan beberapa hal penting. di antaranya:

  1. Pemilihan niche, atau jenis bisnis yang ingin digeluti secara spesifik. Anda bisa mencocokkan peluang pasar dengan keahlian yang dimiliki. Semakin Anda mahir dengan niche yang dipilih, maka bisnis digital Anda tentu semakin berpotensi untuk dikembangkan.
  2. Waktu dalam mengembangkan bisnis digital. Sejumlah bisnis mungkin akan memperlihatkan hasil dalam waktu singkat. Namun, tak sedikit yang harus menunggu waktu yang cukup lama untuk bisa menikmati hasilnya. Oleh karena itu, perhitungkan dengan cermat investasi waktu yang Anda berikan dengan keuntungan yang akan Anda terima nantinya.

Agar semakin memahami bisnis digital ini, berikut Rumahweb ulas contoh bisnis digital yang akhir-akhir ini menarik perhatian para pebisnis, dan berpotensi mendatangkan keuntungan.  

Daftar Bisnis Digital

Bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia bisnis digital, berikut kami rangkum daftar bisnis digital paling menjanjikan di tahun 2022. Bisa jadi, beberapa di antaranya sesuai dengan passion Anda, sehingga patut untuk dicoba.

1. Blogger

Bagi Anda yang gemar menulis, bisnis satu ini bisa mulai ditekuni dan dikembangkan. Membuat sebuah tulisan yang menarik, lalu mengunggahnya di blog milik Anda bisa jadi membuka jalan untuk menjadi seorang blogger terkenal.

Bukan hal yang mustahil, sejumlah artis terkenal justru bermula dari kepiawaian mereka dalam menulis. Sebut saja, Raditya Dika dengan blognya kambingjantan.com, Trinity dengan travel blog naked-traveler.com, hingga Asri Tadda dengan blognya asritadda.com.

Tulisan yang Anda buat pun bisa disesuaikan dengan hal yang Anda gemari. Entah itu cerita lucu, cerpen, traveling, resep masakan, pengalaman inspiratif dan masih banyak lagi.

Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah konten-konten yang Anda unggah bisa menarik atau mendatangkan pengunjung. 

Ketika blog Anda sudah memiliki visitor atau pengunjung yang banyak, selanjutnya Anda bisa menyewakan ruang di blog untuk iklan. Dengan begitu, blog Anda otomatis bisa menjadi sumber penghasilan baru.

Anda dapat memulai menulis blog atau artikel, melalui Blogger yang dapat digunakan secara gratis. Pelajari selengkapnya tentang blogger melalui artikel : Blogger: Pengertian, Daftar dan Cara Membuat Blognya

2. YouTuber

Bisnis satu ini memang sedang naik daun. Bahkan, sejumlah artis yang sudah memiliki nama di industri hiburan pun turut terjun menjadi YouTuber. Hal ini bukan lain karena peluang “cuan”-nya yang sangat menjanjikan. Misalnya, Raffi Ahmad dengan konten kesehariannya atau Baim Wong dengan aksi sosialnya.

Banyak hal yang bisa Anda eksplor untuk dijadikan konten YouTube atau vlog Anda. Mulai dari tutorial makeup, memasak, berbagi, hingga unboxing barang-barang atau mainan menarik.

Tak hanya dari iklan yang dipasang di vlog saja, Anda juga bisa menghasilkan uang dari produk yang di-review atau dari endorsement.

Pelajari selengkapnya tentang menjadi Youtuber melalui artikel : Kiat Sukses Menjadi Youtuber

3. Podcaster

Apakah Anda suka membicarakan topik-topik yang sedang hangat? Atau, Anda suka menarasikan cerita cinta yang bikin baper? Podcast bisa menjadi peluang untuk dijadikan bisnis digital dan ladang penghasilan Anda!

Podcast adalah konten audio yang bisa diakses secara online melalui sejumlah platform, seperti Spotify dan Anchor.

Anda bisa menentukan tema untuk podcast yang ingin dijajal, misalnya cerita horor, wawancara narasumber yang kompeten, membahas dunia olahraga, dan masih banyak lagi. Hal terpenting adalah Anda harus menentukan tema podcast, dan menguasai apa yang dibicarakan dalam setiap episodenya, ya!

4. Online Shop

Tertarik untuk berjualan online? Anda juga bisa bergabung dengan jutaan pebisnis lainnya yang telah bergelut di dunia jual-beli digital. Kelebihan dari online shop ini adalah Anda tidak harus memiliki toko fisik untuk berjualan.

Usaha yang digeluti bisa dimulai dari rumah. Atau bagi Anda yang sudah memiliki toko fisik, kehadiran toko online tentu akan menambah omset jualan Anda.

Banyak ide-ide bisnis digital yang bisa dicoba. Misalnya berjualan thrift shop atau pakaian bekas, hingga makanan. Sudah banyak bukti yang menunjukkan kalau bisnis rumahan yang beralih, atau dipasarkan secara digital, mampu berkembang pesat dan memperoleh omset yang tinggi.

Anda bisa memasarkan produk melalui e-commerce yang tersedia. Namun memiliki website tersendiri akan jauh lebih baik dan menguntungkan, karena Anda bisa menjalankan bisnis sesuai dengan keinginan, tanpa perlu bergantung pada pihak ketiga.

Pelajari selengkapnya tentang cara jualan online melalui artikel Cara Jualan Online untuk Pemula.

5. Dropshipper

Dropship adalah salah satu bisnis digital yang terbilang mudah dan tanpa modal. Anda cukup mengandalkan kemampuan dalam memasarkannya saja. Selain itu Anda juga tidak perlu memikirkan gudang dan pengiriman produk. Sederhananya, Anda menjadi perantara antara produsen dan pembeli.

Lalu, dari mana keuntungan bisnis satu ini? Anda akan mendapatkan penghasilan dari selisih harga antara harga produk dari produsen dengan harga yang dijual ke pembeli.

Kelebihan lainnya dari sistem dropship adalah Anda tidak perlu pusing memikirkan pengiriman produk, karena produsen lah yang akan langsung mengirimkan produknya pada pembeli.

6. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)

Bisnis afiliasi, atau affiliate marketing, juga menjadi bisnis digital yang sangat menjanjikan di tahun ini. Afiliasi adalah kegiatan memasarkan produk orang lain dengan imbalan berupa komisi.

Caranya, daftar terlebih dahulu pada program afiliasi terkait, lalu Anda akan mendapatkan kode referal. Selanjutnya, Anda dapat memasarkan produk tersebut melalui website atau media sosial. Ketika pembeli menggunakan kode tersebut untuk membeli produk, maka Anda akan mendapatkan komisi. 

Saat ini, program afiliasi populer yang bisa anda ikuti adalah Shopee Affiliate, Amazone Affiliate, dan masih banyak lagi.

7. Mengajar Online

Pandemi Covid-19 nyatanya juga bisa memunculkan peluang bagi Anda untuk terjun ke bisnis digital. Salah satunya, bisnis di dunia pendidikan. Proses belajar mengajar secara daring (dalam jaringan) cukup membatasi siswa untuk belajar.

Jadi, tidak heran berbagai les online seperti Ruangguru, Zenius, dan sejenisnya langsung naik daun, karena kebutuhan siswa untuk belajar ekstra di luar jam pelajaran.

Oleh karena itu, Anda yang memiliki passion di dunia pendidikan bisa mencoba bisnis digital satu ini. Prosesnya hampir sama seperti les biasa, tetapi dilakukan secara online, baik melalui Google Meet, Zoom, atau aplikasi lainnya.

Jadi Anda tidak perlu menyediakan ruang untuk proses belajar mengajar. Selain itu, Anda juga bisa membangun website yang didukung sistem pembelajaran terintegrasi (Learning Management System).

8. Jasa Pembuatan Pebsite

Saat ini kebutuhan akan website terus meningkat. Entah untuk kepentingan pribadi, perusahaan, atau pemerintah. Peluang ini bisa dimanfaatkan sebagai bisnis digital, terutama jika Anda seorang developer.

Kemampuan dalam membuat website yang menarik dan sesuai dengan keinginan klien sangat diandalkan dalam bisnis ini. Karena untuk membuat website kustom dibutuhkan keahlian pemrograman tersendiri. Poin plus lainnya, bisnis digital ini bisa Anda geluti dari rumah. 

Untuk mendapatkan klien, Anda dapat bergabung dengan platform freelance yang tersedia. Jangan lupa, untuk menampilkan portofolio agar klien semakin tertarik menggunakan jasa Anda, ya!

Baca juga : Cara Membuat Blog Paling Mudah Untuk Pemula

9. Desain Grafis

Jenis jasa lainnya yang sangat dibutuhkan saat ini adalah desain grafis. Jika Anda mahir dalam mendesain sesuatu, misalnya brosur, logo, atau konten digital lainnya, maka bisnis digital ini bisa menjadi peluang besar untuk mendatangkan cuan. 

Sama seperti jasa pembuatan website, Anda juga bisa bergabung di platform freelance untuk mendapatkan klien. Tampilkan desain terbaik yang pernah Anda buat agar banyak klien yang tertarik.

10. Jasa Penerjemah

Jika Anda yang mahir berbahasa asing, maka anda bisa mencoba menjadi jasa penerjemah. Dalam bisnis ini, Anda menawarkan bantuan untuk menerjemahkan suatu tulisan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing, atau sebaliknya.

Anda juga bisa diminta untuk menerjemahkan wawancara atau percakapan bahasa asing ke bahasa Indonesia. Sebelum menawarkan jasa penerjemah, Anda perlu memiliki email profesional untuk menjalankan bisnis digital ini.

Untuk mendapatkan pelanggan, Anda bisa mencoba bergabung terlebih dahulu dengan komunitas penerjemah.

Itulah penjelasan mengenai bisnis digital dan bidang yang menjanjikan di tahun 2022 ini. Salah satunya tentunya berkaitan dengan passion atau aktivitas yang Anda geluti sekarang, bukan?

Jadi tunggu apalagi? Segera mulai bisnis anda sekarang juga dan nikmati keuntungannya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing