Rumahweb Blog
banner - Cara Jualan Online untuk Pemula

Cara Jualan Online untuk Pemula

Jualan online saat ini kian menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Anda tidak perlu memiliki toko dalam bentuk konvensional, karena semua pekerjaan mulai dari menawarkan produk hingga mengemas pesanan dapat dilakukan di rumah. Masih bingung cara jualan online yang baik dan benar?

Sederhananya, jualan online adalah segala kegiatan jual beli yang berlangsung di internet. Baik jual-beli produk fisik, maupun produk jasa. Kami akan berbagi Ide, Tips hingga cara menjual produk Anda di Markterplace.

Ide Jualan Online paling Banyak Dicari

Dari berbagai kategori produk fisik dan produk jasa pada jualan online, akan lebih baik jika Anda memilih produk yang sedang populer dicari atau dibeli orang. Berikut beberapa ide jualan online yang dapat diterapkan:

1. Ide Jualan Pakaian

Fashion adalah kategori produk yang paling banyak dicari oleh konsumen di Indonesia. Sebagai salah satu produk dari kategori fashion, pakaian dapat menjadi salah satu ide jualan online yang menjanjikan. 

Ada berbagai jenis pakaian yang dapat ditawarkan pada jualan online. Beberapa jenis pakaian tersebut misalnya pakaian tidur, pakaian anak-anak, atau jenis pakaian populer seperti pakaian muslim dan pakaian model korea.

2. Ide Jualan Elektronik dan Gadget

Di era serba digital seperti saat ini, semakin produk elektronik dan gadget yang dapat membantu menunjang aktivitas sehari-hari. Banyaknya inovasi terbaru ini tentu menarik minat masyarakat.

Tidak mengherankan jika peralatan elektronik dan gadget adalah produk yang juga banyak dicari orang dan dapat menjadi ide jualan online yang menjanjikan.

3. Ide Jualan Makanan

Ide jualan online yang populer lainnya adalah makanan. Jika Anda beranggapan bahwa menjual makanan berarti harus memiliki toko fisik dan kemampuan memasak, maka buang asumsi itu jauh-jauh.

Faktanya, ada berbagai jenis makanan yang dapat dijual secara online, misalnya kue kering, makanan instan, snack kemasan, hingga frozen food.

Selain ketiga ide jualan online di atas, masih ada berbagai ide jualan online lainnya yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda.

Tips Cara Jualan Online

Illustrasi - Tips Cara Jualan Online Melalui Marketplace

Sebelum memutuskan untuk berjualan online, ada beberapa cara jualan online yang harus dipahami terlebih dahulu untuk memaksimalkan performa toko dan menarik lebih banyak pelanggan. 

Untuk memaksimalkan toko online yang dibuat, berikut lima tips jualan online yang dapat diterapkan pada toko online Anda:

1. Adakan Promo Rutin

Semua orang tentu menyukai promo. Baik berupa potongan harga, bundling paket, atau diskon ongkos kirim ketika memesan produk secara online. Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa 91% orang mengunjungi suatu toko karena melihat promosi perusahaan tersebut. 

Dari hasil penelitian tersebut, bisa disimpulkan bahwa penawaran promo adalah salah satu cara jualan online yang dapat menarik pelanggan baru dengan cepat dan efektif. Ada berbagai jenis promo yang dapat diaplikasikan sebagai cara jualan online.

Promo yang ditawarkan sebagai cara jualan online misalnya cashback, potongan harga, voucher gratis ongkir, promo paket bundling, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan event belanja online.

Beberapa event tersebut misalnya, festival belanja online 1.1, 2.2, 3.3, dan seterusnya. Ada juga festival diskon yang biasanya diadakan menjelang hari belanja online nasional, atau menyambut hari besar tertentu seperti hari raya lebaran, natal, dan sebagainya.

2. Balas Pesan Pelanggan dengan Cepat

Tips cara jualan online ini penting untuk diperhatikan, terlebih jika Anda berjualan di marketplace. Hampir semua marketplace menampilkan persentase dan lama waktu chat dibalas oleh sebuah toko pada bagian atas profil. Semakin banyak dan cepat pesan masuk dibalas, maka semakin tinggi persentase yang tampil.

Persentase ini menjadi salah satu tolok ukur yang digunakan oleh pelanggan sebelum memutuskan untuk membeli. Dengan menerapkan cara jualan online ini, persentase pesan dibalas akan meningkat.

Biasanya, pelanggan akan mengirimkan pesan jika mereka tidak menemukan barang yang dicari, atau memastikan produk masih tersedia. Jika pesan ini tidak cepat dibalas, maka kemungkinan besar pelanggan akan batal membeli dan mencari di toko online lainnya.

3. Lengkapi Profil Toko

Selain mengadakan promo dan membalas pesan masuk dengan cepat, cara jualan online lain yang sederhana namun efektif adalah melengkapi profil toko di website, marketplace, serta akun Google My Business.

Pastikan Anda mengisi profil toko dengan lengkap dan menarik. Jangan lupa untuk menambahkan foto profil, nama toko, deskripsi toko, link ke website atau media sosial, jam operasional, dan informasi-informasi yang dianggap penting lainnya.

Dengan cara jualan online ini, profil toko di website, marketplace, hingga akun Google My Business akan terlihat profesional dan aktif, sehingga pelanggan tidak akan ragu untuk berbelanja.

4. Beri Deskripsi Produk yang Menarik

Terdengar sepele, namun cara jualan ini penting untuk diperhatikan. Coba bayangkan jika Anda ingin membeli suatu produk secara online, tapi tidak menemukan keterangan produk yang lengkap. Tentu Anda menjadi ragu untuk membeli di toko tersebut.

Selain itu, jika informasi atau deskripsi produk kurang lengkap, maka pelanggan biasanya akan mengirimkan pesan menanyakan informasi produk terlebih dahulu, dan menunggu Anda membalasnya. Sebuah proses yang tentu lebih memakan waktu.

Di sisi lain, Anda dapat menerapkan teknik persuasi ketika mengisi deskripsi produk. Misalnya, selain mengisi deskripsi dengan spesifikasi produk, Anda dapat menambahkan bagaimana produk ini dapat berguna dan membantu pelanggan, atau apa saja keunggulan produk yang dijual.

Oleh karena itu, pastikan Anda menerapkan cara jualan online ini pada setiap produk yang ditampilkan di toko Anda.

5. Tambahkan Foto Produk yang Berkualitas Tinggi

Sebagai makhluk visual, otak manusia dapat memproses gambar 60.000 kali lebih cepat dibandingkan dengan teks. Oleh karena itu, kita cenderung akan mempertimbangkan gambar atau foto yang dilihat sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. 

Ketika membeli produk secara online, maka pelanggan tidak dapat melihat barang secara langsung. Oleh karena itu, cara jualan online terakhir yang juga harus diperhatikan adalah untuk menambahkan foto berkualitas tinggi pada produk yang dijual.

Pada cara jualan online ini, ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, Anda harus menggunakan foto asli dari produk yang akan dijual. Jika tidak menggunakan foto asli, risikonya pelanggan akan mengirimkan komplain yang dapat berujung refund atau pelanggan memberikan penilaian atau rating jelek di produk kita.

Kedua, unggah beberapa gambar untuk satu produk. Misalnya foto produk dari jauh, dari samping dan belakang, serta close-up ke bagian material produk. Dengan cara jualan online ini, pelanggan akan mendapatkan insight yang lengkap terkait bentuk, kondisi, dan bahan produk yang ditawarkan.

Cara Jualan Online Tanpa Modal

1. Jualan Online Sistem Dropship

Dropship menjadi salah satu cara jualan online tanpa modal yang dapat dilakukan dengan relatif mudah. Penjual cukup memiliki modal smartphone dan koneksi internet yang stabil.

Dengan cara jualan online ini, penjual cukup memasarkan produk saja, dan barang akan dikirimkan oleh pemasok langsung ke alamat pembeli atau ke melalui penjual terlebih dahulu.

2. Menjadi Reseller

Hampir sama dengan cara jualan online tanpa modal dengan sistem dropship, penjual yang menjadi reseller cukup memasarkan produknya saja tanpa harus memiliki stok produk tersebut.

Bedanya, pada sistem dropship penjual dapat menjual kembali barang tersebut dengan brand atau merek sendiri. Sedangkan para reseller hanya memasarkan kembali produk dengan nama brand yang sudah ada.

3. Menjual Foto atau Desain

Selain menjual produk fisik, salah satu cara jualan online tanpa modal lainnya adalah menjual hasil karya di internet, seperti foto dan desain. Cukup berbekal kamera atau software desain grafis, maka Anda dapat menghasilkan uang.

Biasanya, foto atau desain akan dijual melalui situs-situs stock, seperti Adobe Stock, Getty Images, dan lainnya. Simak artikel berikut untuk mengetahui tips dan cara jual foto online.

Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai cara jualan online tanpa modal yang efektif dan mudah diterapkan.

Daftar Marketplace Paling Populer di Indonesia

Illustrasi - Daftar Marketplace Paling Populer di Indonesia

Ketika memutuskan untuk berjualan online, ada dua cara yang dapat dipilih, yaitu dengan membuat website toko online sendiri, atau mendaftarkan toko di marketplace ternama di Indonesia.

Marketplace adalah sebutan untuk media pemasaran yang menjadi penengah sebuah proses transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli. Dengan menggunakan marketplace keamanan transaksi akan lebih terjamin.

Terdapat berbagai marketplace yang dapat digunakan di Indonesia, mulai dari marketplace produksi anak bangsa, hingga marketplace dari luar negeri. Berikut daftar 5 marketplace paling populer di Indonesia:

1. Tokopedia

tokopedia - Tips Cara Jualan Online

Sebagai marketplace buatan anak bangsa, Tokopedia menduduki peringkat pertama dalam daftar marketplace paling populer di Indonesia dengan traffic share sebesar 32,04%.

Didirikan sejak tahun 2009, Tokopedia yang sudah resmi menjadi salah satu perusahaan unicorn ini tercatat memiliki jumlah kunjungan bulanan sebanyak 129,1 juta. 

Salah satu faktor yang mempengaruhi popularitas tokopedia di antara marketplace lainnya adalah user interface-nya yang sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, Tokopedia juga menawarkan sistem pembayaran yang aman digunakan baik oleh penjual maupun pembeli.

2. Shopee

Shopee - Tips Cara Jualan Online

Peringkat kedua marketplace paling populer di Indonesia adalah Shopee. Marketplace yang berpusat di Singapura ini berhasil meraih traffic share sebesar 8.23% dan jumlah kunjungan bulanan 13,58 juta.

Ditargetkan sebagai marketplace consumer to consumer (C2C), kini Shopee juga melebarkan targetnya dengan menambahkan Shopee Mall untuk menjangkau model bisnis business to consumer (B2C).

Baca juga: Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

3. Bukalapak

Bukalapak - Tips Cara Jualan Online

Satu lagi marketplace asal Indonesia yang menjadi salah satu marketplace paling populer, yaitu Bukalapak. Marketplace ini berhasil mendapatkan traffic share sebesar 8,23% dan jumlah kunjungan rata-rata sebanyak 13,58 juta per bulannya.

Sebagai marketplace asal Indonesia, Bukalapak berusaha mengangkat berbagai bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mulai meng-online-kan bisnisnya, dengan layanan Mitra Bukalapak.

Tercatat hingga 2019, Bukalapak telah memiliki lebih dari 1,9 juta mitra warung, 4,5 juta penjual, serta 70 juta pengguna aktif dengan rata-rata transaksi dua juta transaksi per hari.

4. Lazada

Lazada - Tips Cara Jualan Online

Marketplace milik Alibaba Group ini berhasil menempati peringkat keempat daftar marketplace paling populer di Indonesia dengan traffic share sebesar 7,11% dan jumlah kunjungan bulanan 28,66 juta.

Selain menjadi salah satu marketplace populer di Indonesia, Lazada yang telah mengembangkan sayapnya di berbagai negara di Asia Tenggara ini juga memiliki popularitas serupa di berbagai negara lain seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan lainnya.

5. Blibli

Blibli - Tips Cara Jualan Online

Daftar marketplace paling populer di Indonesia ditutup oleh Blibli, salah satu produk anak perusahaan Djarum Group di bidang digital. Memiliki traffic share sebesar 4,22% dan jumlah kunjungan bulanan 16,99%.

Selain menawarkan variasi produk dan user interface yang cukup mudah dipahami, Blibli juga memberikan fleksibilitas pembayaran pada penggunanya. Terdapat 26 pilihan metode pembayaran, mulai dari melalui bank hingga layanan bayar di tempat yang tentu memudahkan pelanggan dalam membayar pesanan.

Berikut tadi artikel pengertian jualan online, berbagai tips cara jualan online, ide jualan online yang dapat ditiru, hingga cara jualan online tanpa modal, dan daftar marketplace populer di Indonesia.

Dengan menerapkan berbagai tips dan cara jualan online yang sesuai dengan bisnis Anda, akan memperbesar kemungkinan performa toko online meningkat dan dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda