Rumahweb Blog
banner blog - Apa Itu Podcast dan Manfaatnya untuk Bisnis-min

Apa itu Podcast dan Manfaatnya untuk Pemasaran Bisnis Anda

Meskipun telah jamak disebut dalam percakapan sehari-hari, tahukah Anda apa itu podcast? podcast adalah sebuah istilah yang tidak bisa dipisahkan dengan perusahaan teknologi raksasa, Apple, yang memiliki peran cukup besar dalam menyebarkan konsep audio blogging dengan kecepatan yang lebih mumpuni dari radio.

Podcast dianggap lebih mudah untuk diperdengarkan ke khalayak umum. Karena aksesnya yang mudah, cepat, dan fleksibel, saat ini podcast menjadi salah satu media komunikasi podcast juga berbanding lurus dengan semakin majunya dunia teknologi dan banyaknya gawai yang memudahkan untuk mencari berbagai informasi. Karena potensi besar yang dimiliki oleh podcast untuk menyebarkan informasi ke khalayak luas, maka tak heran jika saat ini banyak orang berlomba-lomba dan berusaha untuk menjadi seorang podcaster.

Apa Itu Podcast?

illustrasi - apa itu posdcast? podcast adalah

Podcast menjadi salah satu tren broadcasting yang muncul beberapa tahun terakhir ini, yang populer setelah sering digunakan oleh banyak youtuber terkenal.  Secara definisi, podcast dapat diartikan sebagai konten audio yang mirip dengan acara radio atau e-book. Podcast adalah berkas digital berupa audio yang bisa diakses via streaming maupun diunduh untuk bisa mendengarkannya. Karena sifatnya yang bisa didengarkan melalui dua pilihan ini, maka secara esensi podcast sangat berbeda dengan radio.

Biasanya, podcast disebarluaskan melalui platform berbasis audio macam Anchor, Spotify, Joox, dan Apple Podcast, di mana audiens bisa mendengarkannya secara cuma-cuma alias gratis. Selain dalam bentuk audio, saat ini juga berkembang tren visual podcast,  di mana proses percakapan juga direkam secara visual.

Dalam perkembangannya, karena bisa diulang-ulang, podcast kini telah menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mendengarkan berita dan berbagai ilmu pengetahuan. Formatnya yang praktis ini membuat podcast bisa didengarkan di mana saja dan kapan saja; mulai dari saat sedang berkendara, bekerja, makan, bahkan saat melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga.

Pilihan topik yang kini tersedia dalam format podcast hampir tidak terbatas. Berbeda dengan radio, di mana sebagai pendengar kita mau tidak mau harus mendengarkan semua konten yang disiarkan, podcast memberi kesempatan pada kita untuk memilih konten dengan tema apa saja yang hendak kita konsumsi. Beberapa topik yang paling sering dicari di podcast adalah dari kategori art (musik, film), komedi, pendidikan, hobi, dan kesehatan. Di Amerika, sejak kehadiran podcast, tercatat terjadi penurunan drastis jumlah pendengar radio

Manfaat Podcast

illustrasi - manfaat podcast

Lalu, apakah podcast memiliki manfaat untuk pemasaran bisnis Anda? Jawabnya, tentu saja ada. Selain meningkatkan penjualan, podcast bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness. Berikut adalah 3 manfaat podcast untuk pemasaran bisnis Anda:

1. Meningkatkan kepercayaan pada audiens

Pada tahun 2019, PR Newswire menyatakan bahwa audiens merasakan hubungan yang dekat dengan announcer dan memercayai rekomendasi yang disampaikan pada program podcastnya.

Hal ini karena podcast disampaikan dengan cara story telling, menciptakan hubungan yang lebih dekat dibandingkan dengan artikel tertulis. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan menunjuk announcer. Pastikan memilih orang yang mengerti pengaruh podcast untuk meningkatkan kepercayaan atas brand.

2. Membangun hubungan erat

Berdasarkan riset Infinite Dial tahun 2020, demografi pendengar podcast tersebar rata antara audiens laki-laki dan perempuan pada setiap kelompok usia. Hal ini berarti podcast memiliki komunitas yang berasal dari hampir semua target konsumen.

Podcast memiliki kategori yang cukup spesifik untuk menjangkau target audiens yang lebih sempit. Misalnya, Apple Podcast yang memiliki sekitar 67 kategori. Semakin Anda dapat memfokuskan topik, semakin besar peluang Anda menjangkau audiens yang sesuai dengan target konsumen Anda.

3. Meningkatkan skill public speaking

Untuk dapat menarik perhatian audiens dari awal hingga akhir, dibutuhkan announcer yang andal. Memproduksi episode baru secara konsisten dapat meningkatkan kemampuan public speaking announcer.

Oleh karena itu, Anda juga dapat memanfaatkan podcast untuk mengasah kemampuan staf dalam public speaking, terutama bagi staf yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Jenis Podcast

illustrasi - jenis-jenisnya

Banyaknya topik yang diangkat dalam berbagai podcast, menyebabkan lahirnya berbagai jenis podcast. Untuk Anda yang berniat untuk mulai membuat podcast, ada baiknya untuk mengenali jenis-jenis podcast terlebih dahulu. Secara umum, jenis podcast terbagi menjadi tiga:

1. Podcast Wawancara

Merupakan format yang paling banyak dibuat, di mana satu atau dua orang pembawa acara akan mewawancarai bintang tamu atau narasumber yang berbeda di setiap episodenya. Jenis ini cukup populer karena dalam pembuatannya tidak memerlukan banyak persiapan. Persiapannya lebih dititikberatkan pada riset narasumber dan tema apa yang akan diangkat di setiap episode. Langkah selanjutnya, adalah membuat daftar pertanyaan sebagai guide dalam melakukan wawancara. Tentu saja, soft skill berupa kemampuan untuk mewawancarai narasumber dengan baik sangat dibutuhkan.

2. Podcast Tunggal

Podcast pun bisa dibuat dengan format tunggal, alias hanya diisi oleh satu pembicara yang berlaku sebagai pembawa acara sekaligus narasumber. Artinya, sepanjang durasi podcast, pengisi suara tunggal ini akan melakukan monolog. Konten yang menggunakan jenis podcast tunggal biasanya isinya mengarah pada opini maupun berita terkini.

Ditinjau dari segi teknis, podcast jenis tunggal merupakan yang paling mudah diproduksi karena hanya perlu merekam satu sumber suara saja.

3. Podcast dengan Multiple Host

Podcast jenis ini dilakukan oleh dua atau lebih pembawa acara. Yang membedakan jenis ini dengan jenis wawancara adalah tidak adanya bintang tamu yang berlaku sebagai narasumber. Para pembawa acara akan saling berdiskusi, bertukar pendapat, dan bahkan berdebat secara bebas terkait suatu topik tertentu. Jenis podcast dengan multiple host berpotensi untuk menciptakan nilai hiburan tersendiri kepada pendengar. Kreativitas yang tinggi serta pemilihan host yang tepat sangat krusial untuk podcast jenis ini bisa berhasil. Topik yang dipilih juga harus seksi agar bisa memantik obrolan yang seru dan asyik untuk diikuti.

4. Video Podcast (Vidcast)

Video podcast atau vidcast hanyalah podcast dengan tambahan elemen video. Format videonya bisa sesederhana ataupun sekompleks apapun sesuai dengan kehendak pembuatnya. Namun, kebanyakan vidcast hanya terdiri dari satu shot rekaman statis yang memperlihatkan host dan narasumber. Saat ini, lebih banyak orang yang memilih vidcast ketimbang podcast audio konvensional. Hal ini tidak mengherankan, mengingat posisi YouTube sebagai platform media sosial terbesar kedua, dengan 2 miliar pengguna aktif, dan masih akan terus tumbuh. Dengan menambahkan elemen video pada podcast dan mempublikasikannya via YouTube, Anda berkesempatan untuk menjangkau audiens yang jauh lebih besar lagi.

Alat Podcast yang Harus Disiapkan

illustrasi - alat yang harus disiapkan untuk membuat podcast

Dengan semakin murah dan mudahnya ketersediaan gadget, saat ini membuat podcast terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Untuk menghasilkan konten podcast yang baik, paling tidak persiapkan lima alat berikut ini:

1. Mikrofon

Merupakan alat yang paling penting untuk dimiliki. Mikrofon berfungsi untuk merekam suara pembicara dengan jelas dan jernih. Ada dua jenis mikrofon yang secara umum tersedia di pasaran, yaitu USB dan analog. Jika mengutamakan kepraktisan, gunakan lah mikrofon USB yang akan secara otomatis mengkonversi suara yang direkam menjadi file digital. Sedangkan, jika menggunakan mikrofon analog Anda masih memerlukan alat tambahan yang disebut dengan audio interface untuk melakukan hal tersebut.

2. Audio Interface

Perangkat ini berfungsi untuk mengubah audio analog menjadi digital. Audio interface biasanya dibanderol seharga sekitar Rp 1,5 jutaan.

3. Laptop atau Komputer

Tahap selanjutnya setelah mereka suara adalah proses editing, yang bisa dilakukan dengan menggunakan laptop atau komputer. Dalam tahap ini, Anda bisa memotong percakapan atau bagian yang sekiranya terlalu panjang, tidak diperlukan, atau terlalu melenceng dari topik yang dibahas. Anda pun bisa menambahkan musik latar agar pendengar tidak cepat bosan mendengarkannya.

Selain untuk editing, laptop atau komputer juga akan digunakan untuk mengunggah podcast ke platform pilihan, baik itu Spotify, Joox, Soundcloud, Anchor, atau yang lainnya.

4. Digital Audio Workstation

Selain laptop atau komputer, dalam proses editing Anda juga memerlukan software untuk memperhalus suara yang telah direkam. Software yang dimaksud adalah Digital Audio Workstation. Pilihan yang tersedia ada banyak, seperti Audacity, Reaper, PreSonus, Ocenaudio, Wavepad, dan masih banyak lagi. Berbagai pilihan tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis, tinggal pilih saja mana yang paling sesuai dan mudah bagi Anda untuk mengoperasikannya.

5. Pop Filter

Software ini wajib dimiliki jika Anda hendak membuat podcast profesional. Pop filter berguna untuk membuat hasil rekaman terdengar semakin jelas dan menghilangkan noise yang timbul. Mengingat software ini berbayar, maka bagi Anda yang baru merintis rasanya belum terlalu perlu untuk menggunakannya.

6. Kamera

Khusus untuk vidcast, tentu saja Anda memerlukan kamera untuk merekam gambar. Sebenarnya sah-sah saja untuk menggunakan kamera smartphone atau webcam dari laptop Anda. Namun, mengingat vidcast akan diunggah ke YouTube, Facebook, atau platform populer lain yang, sebaiknya Anda membuat video dengan kualitas setinggi mungkin. Dan hal itu bisa dicapai, pertama-tama, dengan menggunakan kamera yang bagus. Pada dasarnya, kamera yang cocok untuk membuat vidcast adalah tipe kamera yang juga biasa digunakan untuk membuat vlog, tapi Anda bisa menggunakan jenis kamera apapun yang mampu merekam video beresolusi 1080p.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa tidak semua kamera didesain untuk dapat merekam video beresolusi tinggi dalam durasi yang lama sekaligus. Contohnya, jika Anda akan menggunakan DSLR, ada kemungkinan jenis yang Anda miliki tersebut tidak mampu merekam dalam jangka waktu lama karena recording limit dari memory card atau bahkan risiko sensor kamera yang overheating.

Untuk alasan kenyamanan, ada banyak opsi camcorder dengan harga terjangkau yang sudah support untuk merekam video berdurasi panjang yang bisa Anda pilih. Anda bahkan bisa menggunakan lebih dari satu kamera, untuk merekam shot-shot lain yang lebih dinamis dengan angle berbeda, agar vidcast Anda memiliki presentasi yang lebih menarik. Jangan lupa juga untuk menyiapkan tripod dan memory card dengan kapasitas yang cukup besar untuk menampung video HD berdurasi 30 – 40 menit.

7. Ruangan Kedap Suara

Idealnya, merekam podcast lebih baik dilakukan di dalam studio yang kedap suara untuk meningkatkan kualitas hasil akhir podcast. Melakukan perekaman di dalam studio atau ruangan kedap suara akan meredam berbagai suara dari luar, seperti lalu lalang kendaraan, untuk masuk ke dalam rekaman. Namun, mengingat membuat ruangan menjadi kedap suara memerlukan budget yang tidak sedikit, alternatifnya, Anda bisa memilih ruangan yang minimal tidak menyebabkan suara bergema atau memilih untuk melakukan proses rekaman  di malam hari saat minim aktivitas warga.

Cara Membuat Podcast

illustrasi - cara membuat podcast

Jika tahap produksi podcast telah dilalui, maka saatnya untuk membuat podcast Anda tersedia di platform agar bisa diakses oleh audiens. Ada banyak pilihan platform yang bisa Anda pilih. Berikut, adalah cara membuat podcast di tiga platform yang paling populer dan umum digunakan untuk mengunggah podcast.

1. Cara membuat podcast di Spotify

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat podcast di Spotify:

  • Pertama-tama, daftar dan buat akun Spotify
  • Login akun Spotify Anda di Spotify for Podcasters
  • Klik tombol Get Started. Masukkan nama Anda di kotak “Your legal name,” lalu centang “I have read and agree…” dan klik tombol Continue.
  • Isikan URL RSS feed podcast Anda di kotak yang tersedia. Lalu, klik Next
  • Masukkan alamat email Anda untuk menerima kode verifikasi dari Spotify
  • Cek inbox email Anda dan masukkan kodenya di kotak yang tersedia
  • Setelah terverifikasi, lengkapi informasi tentang podcast Anda, mulai dari negara, bahasa, hosting, hingga kategori. Jika sudah, klik Next
  • Cek kembali informasi yang Anda isikan. Jika semuanya sudah benar, klik Submit. Spotify membutuhkan waktu beberapa jam untuk mengecek podcast Anda secara menyeluruh. Namun, dalam beberapa kasus, ada yang memakan waktu antara dua hingga lima hari.

2. Cara membuat podcast di Anchor

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat podcast di Anchor:

  • Download dan instal aplikasi Anchor di smartphone melalui Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS
  • Daftar akun baru menggunakan alamat email. Jika Anda pengguna Gmail,tinggal klik Continue with Google.
  • Klik I want to make new podcast untuk merekam podcast baru. Namun, jika Anda sudah merekam podcast sebelumnya, klik I have podcast I want to import
  • Klik Record untuk mulai merekam podcast Anda. Jika terjadi kesalahan, bisa ditandai dengan klik Add Flag
  • Saat selesai merekam, klik Stop. Jika Anda ingin menambahkan musik, klik Add background music
  • Klik Save untuk menyimpan podcast ke akun Anda. Jangan lupa berikan judul yang sesuai dan menarik, lalu klik Add recording to episode
  • Klik Publish di kanan atas untuk memulai proses penerbitan podcast. Lalu, tuliskan judul episode dan deskripsi singkat
  • Jika informasi sudah terisi semua, klik Publish Now untuk langsung menerbitkannya. Atau klik Change Publish Date untuk menjadwalkan podcast untuk terbit di hari dan jam tertentu.

3. Cara membuat podcast di Joox

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat podcast di Joox:

  • Sign in di musicblast.id, atau jika sudah memiliki akun, tinggal masukkan detail akun Anda dan klik Login. Jika belum, klik Register di bawah tombol login untuk membuat akun baru
  • Pilih Single jika Anda hanya akan mengunggah satu episode podcast. Tapi, jika lebih dari satu episode, klik Album
  • Isikan informasi tentang podcast Anda, mulai dari judul, nama pembuat, tanggal rilis, bahasa, kontak, dan lainnya. Jika sudah, klik Simpan
  • Upload cover podcast sebelum beralih ke langkah selanjutnya. Cover harus beresolusi minimal 1440 x 1440 pixel 
  • Klik Store, lalu pilih Joox, dan klik Publish
  • Cek inbox email untuk melakukan konfirmasi. Lalu, tunggu email balasan dari musicblast yang biasanya masuk antara dua sampai tiga hari
  • Jika sudah mendapat email balasan dari musicblast, podcast Anda seharusnya akan terbit di Joox sesuai tanggal rilis yang Anda isikan sebelumnya.

BACA JUGA: 10 Podcast Indonesia Terbaik di Tahun 2021

Podcast memang memiliki berbagai keuntungan tak terduga untuk bisnis. Jika Anda berniat untuk mulai membuat podcast, cukup persiapkan mikrofon, software audio recorder dan editor, serta tentunya, akses internet.

Selain terjun langsung ke dunia podcast, Anda juga bisa bergabung sebagai sponsor. Announcer program podcast akan merekomendasikan produk atau layanan yang ditawarkan pada siarannya. Dengan cara ini, Anda memiliki kesempatan menjangkau target audiens dalam waktu singkat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda