Rumahweb Blog
Banner - Cara Membuat Blog Paling Mudah Untuk Pemula

Cara Membuat Blog Paling Mudah Untuk Pemula

Mempelajari cara membuat blog sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, blog atau website akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis online.

Cara buat blog juga tidak sesulit yang dibayangkan, karena Anda tidak harus paham dengan coding. Anda bisa mengelola blog dengan bantuan platform, berupa CMS website, yang akan sangat memudahkan pengelolaannya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara buat blog pribadi dan bagaimana cara menjadi blogger sukses, simak artikel ini selengkapnya!

Perbedaan Blog dan Website 

Bagi Anda yang baru mulai belajar cara membuat blog, mungkin bertanya-tanya apakah blog dan website itu sama, atau ada perbedaannya. Sebelum membahas cara membuat blog untuk pemula, Anda perlu tahu dulu perbedaan antara blog dan website. 

  1. Blog memiliki kolom komentar, sehingga bisa terjalin komunikasi dua arah antara audiens dan blogger. Sedangkan website tidak memiliki kolom komentar sehingga komunikasi terbatas.
  2. Beberapa elemen, seperti nama penulis, tanggal postingan, dan kategori hanya ada di blog. Anda tidak menemukan elemen tersebut di website. 
  3. Blog bersifat dinamis karena lebih update. Berbeda dengan website yang sifatnya statis, karena konten-kontennya cenderung tetap.
  4. Pada umumnya, konten blog menggunakan bahasa yang lebih santai karena berisi pengalaman penulis, opini, dan konten hiburan lainnya. Sementara itu, pada website lebih menggunakan gaya bahasa yang lebih formal. 

Blog lebih sering digunakan untuk kalangan pribadi, sehingga semua orang ingin mengetahui cara buat blog untuk keperluan pribadi. Hal ini berbeda dengan website yang umumnya lebih sering dipakai untuk perusahaan. Sekarang Anda sudah bisa membedakannya, kan?

Pilihan Platform Terbaik Membuat Blog

Langkah selanjutnya bagi Anda sebelum mulai membuat blog adalah memilih platform yang tepat. Berikut platform populer yang bisa Anda pilih:

1.WordPress.com

Anda pasti sangat familiar dengan platform yang satu ini. WordPress bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. 

WordPress.com merupakan layanan hosting WordPress yang dibuat oleh WordPress, sehingga web Anda akan dihosting di server mereka. Menggunakan WordPress adalah salah satu pilihan yang tepat karena mampu menangani kebutuhan hosting Anda. 

2. WordPress.org

Sekilas memang hampir sama, namun WordPress.org dan WordPress.com memiliki sedikit perbedaan. Salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah pada WordPress.org, Anda harus menyewa server sebagai hosting blog. Sedangkan pada WordPress, Anda bisa berlangganan hosting tanpa menyewa server dari pihak lain.

WordPress.org juga merupakan platform open source karena memiliki perangkat lunak gratis, sehingga Anda dapat mengunduh dan memasangnya secara gratis pada server web Anda sendiri. Memilih WordPress.org juga lebih mudah karena Anda dapat meng-host website atau blog Anda. 

Bagi Anda yang ingin membuat website menggunakan WordPress.org, maka Anda bisa menggunakan layanan WordPress hosting di Rumahweb. Layanan WordPress hosting di setting agar website berbasis WordPress dapat diakses secara lebih cepat.

3. Blogger

Blogger juga merupakan platform yang populer dipilih karena kemudahannya. Jenis platform blogging milik Google yang satu ini nantinya menggunakan domain blogspot.com.

Layanan ini gratis, namun Anda juga bisa membeli domain sendiri sehingga blog lebih terlihat profesional. 

4. Weebly

Weebly sebenarnya sangat cocok untuk blogger pemula, namun Anda mungkin lebih familier dengan blogspot atau blogger. User interface pada platform yang satu ini juga cukup mudah karena memiliki sistem drag and drop

5. Medium

Cara buat blog selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan platform Medium. Untuk menggunakannya, Anda dapat login dengan menggunakan akun Google atau Facebook. 

Tips Sebelum Membuat Blog

Berikut tips sebelum membuat blog pribadi dengan mudah:

1. Menentukan Niche Blog

Niche merupakan topik khusus untuk blog. Anda bisa memilih niche yang paling Anda kuasai, sehingga memudahkan dalam menemukan ide. Usahakan untuk membahas topik yang sama, namun jika ingin memasukkan banyak topik juga tidak masalah.

2. Memilih Layanan Hosting yang Tepat

Hosting sangat penting dalam sebuah website atau blog karena digunakan menyimpan file yang dapat diakses melalui internet. Sebelum mempelajari cara buat blog, kami sarankan Anda untuk memiliki layanan hosting terlebih dahulu. 

Baca juga artikel : Tips Memilih Web Hosting Terbaik

3. Menentukan Nama Domain Blog

Tak hanya hosting, domain juga tidak kalah penting dalam sebuah blog. Pastikan Anda memilih nama domain yang mudah diingat dan singkat sehingga orang-orang bisa dengan menemukan blog Anda. 

4. Mulai Membuat Postingan

Setelah Anda menentukan platform mana yang sudah dipilih, maka langkah selanjutnya adalah mulai membuat postingan. Anda bisa menuliskannya terlebih dulu di aplikasi seperti Notes, Ms. Word, atau bisa juga langsung menulis di platform yang Anda gunakan. 

Setelah mulai membuat postingan, artinya Anda sudah berhasil membuat blog. Selanjutnya, Anda hanya perlu konsisten untuk posting konten. 

Cara Membuat Blog di Blogger

Membuat blog bagi pemula sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya;

  1. Silakan buka situs www.blogger.com.
  1. Klik menu Create Your Blog > login menggunakan email Google Anda. 
  1. Pilih judul yang Anda inginkan di blog Anda > klik Berikutnya.
isi nama blog yang akan dibuat
  1. Pilih nama domain yang ingin dipakai di blog. Nama nantinya akan muncul di URL blog Anda > klik Berikutnya.
isi url blog yang dibuat
  1. Cara buat blog yang terakhir adalah mengisi kolom Username. Nama ini nantinya akan ditampilkan di tampilan blog Anda. Terakhir, klik Selesai dan blog siap mendunia. 
Isi nama website

Cara Membuat Artikel di Blogger

Sekarang, Anda sudah memiliki blog, selanjutnya Anda bisa mulai menulis artikel di blog dengan cara sebagai berikut:

  1. Login ke akun Blog Anda > klik menu Postingan Baru di bagian kiri halaman.
cara membuat post di blogger
  1. Isi judul tulisan pada bagian atas halaman. Pada bagian bawahnya bisa diisi postingan yang ingin Anda tulis. 
cara menulis di blog

Tak hanya tulisan, Anda bisa menggunakan beberapa fitur yang ada pada Blog dengan klik toolbar seperti berikut.

menu artikel di blog
  1. Jika sudah yakin dengan tulisan dan ingin mempublikasikan, klik tombol Publikasikan dan postingan Anda berhasil diunggah. 
cara publish blogger
  1. Selanjutnya, Anda juga bisa melihat tulisan yang sudah Anda posting dengan kembali ke menu Postingan dan klik ikon Preview.
cara melihat artikel yang telah ditulis
  1. Cek kembali tampilan tulisan di Blog Anda.
hasil blog yang dibuat

Anda juga bisa mengganti nama domain sesuai pilihan Anda, karena platform blogger juga menyediakan fitur custom domain. Dengan begitu, Anda bisa mengubah URL blog menjadi nama domain sendiri.

Sebagai contoh, URL Blog utama Anda adalah jualdomain.blogspot.com. Anda bisa mengubahnya menjadi jualdomain.com dengan custom domain di Rumahweb. 

Cara settingnya pun mudah, cukup beli domain murah di Rumahweb, kemudian Anda bisa mengikuti panduan custom domain Blogspot.

Cara Membuat Artikel di Blog Agar Mudah Ditemukan Di Google

Agar dapat mendulang kesuksesan sebagai seorang blogger, Anda tidak bisa membuat konten secara asal-asalan. Simak beberapa cara membuat artikel agar blog semakin sukses berikut: 

1. Mempelajari Dasar-dasar SEO

Langkah pertama untuk meningkatkan performa blog adalah dengan mempelajari tentang Search Engine Optimization (SEO). SEO juga bertujuan untuk membantu blog Anda berada di halaman utama mesin pencari.

2. Melakukan Riset Kata Kunci

Blogger yang sudah sukses di luar sana tentu paham dengan penggunaan kata kunci yang relevan. Jangan sampai Anda mengabaikan pencarian keyword sebelum membuat konten, karena hanya akan sia-sia. 

3. Memperhatikan Kecepatan Blog

Cara buat blog bisa dibilang mudah, namun Anda harus melakukan optimasi secara berkala. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah kecepatan blog. 

Dengan page load yang cepat, tentu lebih besar kemungkinan besar juga peluang Anda memiliki banyak pengunjung. Faktanya, blog dengan page load lebih dari 5 detik cenderung akan ditinggalkan oleh pengunjung, sehingga Anda harus mengoptimalkan kecepatan blog.

Salah satu cara agar loading blog lebih cepat adalah dengan memilih ukuran gambar yang pas. Faktor gambar pada blog sangat menentukan kecepatan loading website Semakin besar ukuran gambar, maka akan semakin lambat kecepatan loading sebuah halaman. 

4. Pastikan Tampilan Blog Mobile Friendly

Berdasarkan riset yang telah dilakukan Google, hampir 90% pengguna internet menggunakan Handphone sebagai perangkat utama mereka, termasuk untuk akses informasi dari website atau blog. 

Oleh karena itu, pastikan tampilan blog Anda sudah mobile friendly. Sebelum memutuskan membuat blog, Anda perlu mempelajari cara ini.

5. Konsisten dalam Membuat Konten

Sebagai pengguna blog yang masih baru, Anda harus konsisten dalam membuat dan mengunggah konten. Salah satu cara agar lebih konsisten sekaligus memudahkan pengelolaan blog adalah dengan membuat penjadwalan konten.

6. Memanfaatkan Tool Analytic

Sebagai seorang blogger, kurang lengkap rasanya kalau belum memanfaatkan analytic tool seperti Google Analytics dan Google Search Console. Kedua tool ini dapat membantu Anda memonitor kinerja blog, sehingga Anda bisa lebih memahami perilaku pembaca. Dengan begitu, optimasi blog pun akan semakin mudah. 

Baca juga artikel: Cara Membuat Blog Makanan Dalam 5 Langkah

Demikianlah cara membuat blog paling mudah khusus untuk pemula. Memiliki blog di era sekarang juga penting, baik untuk personal branding maupun pemasaran bisnis. Nah, sekarang Anda sudah tahu kan, bagaimana cara buat blog? Selamat mencoba, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Ananta Fitriyani Prihatiningrum

banner Pop Up - Hosting 99K
banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb