Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Itu Endorse adalah - Arti, Contoh, dan Caranya

Apa Itu Endorse? Arti, Contoh, dan Caranya

Sederhananya, Endorse adalah bagian dari aktivitas promosi iklan dengan memanfaatkan pihak lain untuk melakukannya, biasanya artis, selebriti, atau influencer di media sosial. Endorse bisa dilakukan secara terang-terangan maupun secara natural/soft selling.

Bagi pengguna media sosial, endorse mungkin jadi istilah yang kerap ditemui. Banyak selebriti yang sering melakukan kegiatan endorse untuk mempromosikan produk-produk tertentu. Jadi, apa itu endorse? Simak artikel dari Rumahweb berikut ini.

Apa Itu Endorse

Pada dasarnya, endorse adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang artinya mengesahkan, menyetujui, menyokong, mengabsahkan, dan menguasakan. Dalam pelaksanaannya, endorse adalah kegiatan mempromosikan suatu produk maupun layanan dengan memanfaatkan pihak lain untuk melakukannya.

Endorse yang merupakan bagian dari kegiatan digital marketing ini, biasanya memanfaatkan jasa selebriti atau tokoh terkenal untuk melakukan promosi supaya orang tertarik, mengakui, dan mau menggunakan produk tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak pelaku bisnis memilih endorse sebagai bagian dari kegiatan promosinya. Sebab. jika dibandingkan memasang iklan di baliho atau di televisi swasta, endorse jauh lebih terjangkau dari segi biaya, dan tentunya lebih praktis.

Kegiatan ini juga tidak rumit. Biasanya pihak penjual dan endorser (orang yang melakukan endorse) melakukan transaksi lewat pesan singkat atau bahkan fitur direct message di media sosial.

Setelah kedua pihak mencapai persetujuan, penjual bisa mengirimkan materi foto/video beserta caption untuk diunggah artis tersebut, atau bisa juga mengirimkan produk untuk digunakan oleh sang artis dan diunggah ke media sosial.

Manfaat Endorse

Berikut beberapa manfaat endorsement pada usaha Anda.

1. Membangun Awareness Masyarakat

Endorse adalah kegiatan yang biasanya dilakukan oleh public figure terkenal, atau mereka yang telah memiliki banyak sekali pengikut di media sosial. Dengan kegiatan endorsement, barang atau jasa yang ditawarkan akan dilihat dan semakin dikenal. Orang jadi semakin sadar dengan keberadaan produk tersebut.

Sebuah studi di Inggris menyatakan bahwa orang akan cenderung mengingat iklan di mana ada wajah selebriti di dalamnya, terlebih jika selebriti tersebut memiliki banyak penggemar. Tentunya, iklan tersebut berpotensi terus diingat, bahkan bisa menarik konsumen baru.

Baca juga artikel: Apa itu Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya

2. Menciptakan Kredibilitas Produk

Manfaat lain dari endorse adalah dapat membangun kredibilitas terhadap produk Anda. Tentunya, hal ini juga bergantung pada pemilihan public figure, semakin populer orang tersebut, semakin banyak orang percaya akan kelebihan barang/jasa yang ditawarkan, sehingga akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu brand.

3. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Endorse juga dapat membantu menjangkau pasar baru, terlebih jika Anda memilih beberapa selebriti dari beragam kelompok untuk melakukan endorse. Misalnya, Anda memilih selebriti perempuan dan laki-laki dari generasi Y dan Z, atau kombinasi lainnya.

Contoh Endorse

Contoh endorse sebenarnya bisa ditemukan di berbagai platform, seperti media sosial Instagram, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya. Salah satu contoh endorse adalah ketika ada public figure di Instagram yang mempromosikan suatu produk lewat unggahan foto, video, atau Stories, dengan tujuan agar para pengikutnya tertarik untuk menggunakan produk yang dipromosikan.

Selebgram tersebut juga akan me-mention akun Instagram brand yang ia promosikan agar orang yang melihat dan penasaran bisa langsung mengunjungi akun brand tersebut dan mencari informasi mengenai produk-produknya secara langsung.

Cara Endorse ke Selebgram/TikToker

Selain di Instagram, biasanya endorse juga dilakukan di TikTok. Selain selebriti, orang yang kerap menerima endorse di TikTok juga biasa disebut TikToker, yakni pengguna TikTok dengan jumlah followers atau engagement yang besar.

Meskipun setiap influencer biasanya memiliki aturan masing-masing dalam menerima produk endorse, namun secara umum, berikut cara-cara melakukan endorse ke public figure. 

1. Analisis Profil

Sebelum melakukan endorse, Anda perlu menganalisis profil calon influencer dengan melihat bio profil, jumlah pengikut, hingga bagaimana ia berinteraksi dengan para pengikutnya. Selebgram/TikToker yang memiliki citra positif tentu akan lebih banyak disukai orang.

2. Pastikan Audiens Sesuai dengan Target Market 

Langkah selanjutnya dalam melakukan endorse adalah memastikan audiens atau pengikut mereka sesuai target market Anda.

Misalnya, ada influencer yang sudah berstatus sebagai ibu, sehingga para pengikutnya pun kebanyakan ibu-ibu. Influencer ini sangat cocok untuk mempromosikan produk ibu dan anak, atau produk rumah tangga.

3. Sesuaikan Endorsement Rate dengan Budget

Selebriti yang sudah sering melakukan endorse biasanya memiliki endorsement rate atau daftar harga endorse di media sosialnya.

Untuk mengetahui hal ini, Anda perlu menanyakan rate card selebriti terkait pada Contact Person (CP) yang biasanya mereka cantumkan di bio. Selanjutnya, sesuaikan kembali dengan budget promosi Anda.

4. Perhatikan Konsep dan Hasil Konten

Langkah penting lain untuk endorse adalah memerhatikan tema/konsep konten yang dibuat influencer. Anda dapat memilih influencer dengan konsep yang mirip dengan brand Anda.

5. Bandingkan dengan Influencer Lain

Selanjutnya, yang tak kalah penting adalah melakukan perbandingan dengan influencer lain. Tujuannya untuk menemukan yang paling cocok dengan konsep brand hingga budget promosi Anda.

Begitulah ulasan tentang endorse yang perlu Anda ketahui. Hal yang perlu diingat bahwa seorang pebisnis tidak bisa asal dalam memilih influencer. Terkadang jumlah followers yang tinggi tidak selalu menjamin keberhasilan endorse.

Endorse adalah salah satu strategi pemasaran yang murah dan efektif. Jadi, selain memahami tentang apa itu endorse, jangan lupa lakukan riset dengan cermat sebelum melakukan endorse, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.4 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb