Rumahweb Blog
banner blog - tips live streaming yang sukses

Tips Live Streaming Yang Sukses

Live Streaming bisa menjadi solusi yang sangat efektif, untuk mengkomunikasikan segala hal tentang produk yang Anda miliki. Termasuk mengkomunikasikan update atau perubahan kebijakan, kaitannya dengan krisis Covid-19 saat ini. Intinya, live stream bisa menjadi sarana komunikasi yang benar-benar efektif, apabila dikonsep dan disusun dengan matang.

Artikel blog kali ini, Rumahweb Indonesia membahas tentang tips live streaming yang sukses. Check it out!

  1. Perencanaan Yang Matang

Ada tiga poin utama yang harus diperhatikan, yaitu :

  • Who : target audience (pemirsa)
  • What : materi yang akan disampaikan dalam live stream, pastikan dikonsep sebaik mungkin.
  • Where : pilih lokasi yang paling sempurna untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik.
  1. Memilih Platform

Saat ini tersedia banyak platform yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan live stream. Setiap platform memiliki target audience atau pemirsanya masing-masing. Apabila memungkinkan, Anda bisa live stream di banyak platfrom sekaligus. Kalau tidak memungkinkan, pilih platform yang mayoritas audiencenya bisa merepresentasikan produk yang Anda jual. 

Secara umum, untuk saat ini Youtube adalah platform dengan jumlah pemirsa paling banyak. Akan tetapi, untuk platfrom yang lebih segmented, Facebook, Instagram dan Twitter bisa menjadi pilihan tepat.

  1. Memilih Peralatan

Live streaming yang menarik mensyaratkan kualitas gambar yang terbaik. Pilihlah peralatan recording terbaik, sesuai dengan kemampuan dan kondisi yang Anda miliki. Apabila terbatas, Anda bisa mengakalinya dengan mencari spot atau lokasi dengan pemandangan dan pencahayaan yang bagus.

  1. Koneksi Internet Yang Prima

Koneksi internet adalah jaringan yang akan mengantarkan konten live streaming Anda ke seluruh dunia. Pastikan koneksi internet Anda dalam kondisi yang prima. Apabila Anda memakai koneksi prabayar, pastikan kuota internet masih tersedia dengan cukup.

  1. Audio Yang Jelas

Lakukan test terhadap penangkap audio yang Anda gunakan. Kalau memungkinkan, gunakan microphone untuk membantu menangkap audio dengan optimal. Live streaming dengan suara yang lemah atau noisy tentu tidak menarik. Pilihlah tempat atau waktu di mana potensi gangguan suara tidak terlalu banyak.

Penutup

Jika dipersiapkan dengan matang, baik dari segi konten maupun teknis, tidak diragukan lagi, live stream bisa menjadi sarana komunikasi yang efektif, karena mampu menjangkau audience dalam jumlah yang besar. Semoga tips  live streaming yang sukses ini bisa memberikan Anda pencerahan supaya bisa membuat live streaming yang terbaik.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi