Rumahweb Blog
banner blog - Cara Menambah Viewers YouTube

Cara Menambah Viewers YouTube

Bagi Anda yang baru mulai membuat channel YouTube, mungkin salah satu pertanyaan yang bergelayut di pikiran adalah, bagaimana caranya menambah jumlah viewers di video? Atau, bagaimana caranya channel Anda masuk ke rekomendasi pengguna YouTube lainnya?

Jawabannya sederhana saja: algoritma. Faktanya, lebih dari 70% konten yang ditonton di YouTube, baik rekomendasi video di dashboard YouTube Anda maupun rekomendasi video selanjutnya ketika Anda menonton sebuah video, dirancang oleh Artificial Intelligence (AI) berdasarkan algoritma YouTube.

Meskipun demikian, untuk memahami algoritma tersebut bukanlah perkara mudah. YouTube dikenal tidak terlalu transparan dalam membicarakan algoritma mereka. Selain itu, YouTube pun selalu meng-upgrade algoritmanya untuk mengikuti perkembangan zaman.

Sederhananya, YouTube akan selalu memperhatikan aktivitas pengguna demi menghasilkan rekomendasi video yang optimal bagi setiap penggunanya.

Meskipun sulit dipahami, namun Anda tetap bisa berpatokan pada algoritma YouTube untuk menambah viewers YouTube dengan 3 cara mudah berikut:

1. Sering Mengunggah Konten

Semakin banyak dan sering Anda mengupload video, maka semakin tinggi kesempatan Anda meraih lebih banyak penonton.

Salah satu cara untuk dapat melakukan penguploadan video yang sering namun tetap mempertahankan kualitas adalah dengan membuat series atau playlist, seperti yang dilakukan oleh ODG, brand pakaian yang juga aktif membuat konten di YouTube berikut : “You asleep?” Kids Meet Discharged Rapper

2. Berinteraksi dengan Subscribers atau Viewers

Salah satu faktor penting pada algoritma YouTube adalah view duration. Oleh karena itu, Anda harus memastikan pengguna YouTube yang mengakses video Anda benar-benar menonton video sampai selesai.

Upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat video yang interaktif dan menyenangkan. Pastikan Anda ‘melibatkan’ viewers atau subscribers Anda dalam video. 

Contohnya channel YouTube Cerita Dari Desa, yang bukan hanya menampilkan kehidupan di desa, namun juga melakukan interaksi pada penonton dengan memberi berbagai tips memasak seperti pada video berikut : Cara Memasak Lawar Bebek

3. Pertahankan Interaksi dengan Viewers di Sepanjang Video

Tidak hanya berhenti setelah Anda selesai mengunggah video, Anda juga wajib membalas komentar, atau sekadar menyukai komentar di video yang Anda unggah.

Anda juga bisa membuat video berdasarkan komentar yang diterima, seperti yang dilakukan oleh BuzzFeed Unsolved. Berselang sekitar satu minggu, Buzzfeed Unsolved akan mengunggah video Post Mortem atau QnA, berisi host yang menanggapi komentar masuk dari para subscriber mengenai video yang diunggah satu minggu sebelumnya : Flannan Isles Lighthouse Q+A 

Cara tersebut dapat dipraktikkan baik untuk content creator maupun pemilik bisnis yang ingin menarik konsumen melalui platform YouTube. Pastikan juga untuk mempromosikan setiap video baru yang diunggah melalui sosial media dan website Anda.

Berikan Komentar

Luthfi Hanif