Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Itu Shared Hosting Adalah

Shared Hosting: Pengertian, Jenis hingga Cara Membelinya

Banyak orang menyebut shared hosting adalah layanan hosting sejuta umat, karena shared hosting memang menjadi pilihan hosting pertama bagi kebanyakan orang. Tak hanya biaya yang terjangkau, shared hosting juga sudah dilengkapi berbagai fitur menarik.

Meskipun biayanya relatif lebih murah, shared hosting tetap dilengkapi berbagai fitur menarik yang dapat memudahkan Anda dalam membuat website hingga email perusahaan. 

Di Rumahweb, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk bisa memiliki website atau email dengan nama domain sendiri. Cukup berbekal Rp15.000/bulan, Anda sudah bisa memiliki layanan shared hosting terbaik untuk berbagai kebutuhan! Penasaran ingin mencoba layanan shared hosting? Mari simak pengertian shared hosting berikut.

Pengertian Shared Hosting 

Shared hosting adalah layanan hosting yang paling umum digunakan untuk keperluan membuat website dalam skala kecil hingga menengah. Contohnya pembuatan website company profile, organisasi hingga website ecommerce yang memiliki tingkat kunjungan tergolong biasa-biasa saja.

Meskipun harganya terjangkau, layanan Shared hosting menawarkan fitur yang sangat lengkap. Anda bisa membuat hampir semua jenis website, termasuk membuat website berbasis CMS yang menggunakan PHP, seperti WordPress, Joomla, serta Drupal, dan lain-lain.

Rumahweb Indonesia juga menawarkan beberapa paket website yang dilengkapi dengan Turbo Booster. Fitur ini dapat digunakan untuk membuat website semakin cepat saat diakses pengunjung.

Tak hanya fitur yang memudahkan pengelolaan hosting atau website saja. Rumahweb juga menambahkan fitur keamanan Security 360 untuk menangkal serangan hacker. Anda juga dapat menggunakan fitur Web Builder secara gratis untuk membuat website dengan lebih mudah. Dengan website builder, Anda dapat menyusun tampilan website dengan drag and drop saja. Menarik, bukan?

Untuk Anda yang jago ngoding, beberapa paket Shared hosting juga bisa digunakan untuk keperluan membuat website yang lebih advanced, seperti untuk membuat website berbasis Node JS, Python, serta support GIT, untuk kolaborasi kerja antara developer.  

Kelebihan Shared Hosting

Setelah mengetahui pengertian shared hosting, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari layanan shared hosting.

1. Biaya murah

Salah satu kelebihan dari shared hosting adalah murah. Hal ini disebabkan karena model penggunaannya, dimana dalam satu server digunakan untuk banyak pelanggan sekaligus. Sehingga Anda membayar hanya sebagian kecil dari biaya server, karena dibagi di antara semua pengguna.

2. Fitur lengkap

Meskipun harganya relatif lebih murah, Shared Hosting dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat website, email, hingga urusan keamanan.

Di Rumahweb, Anda bisa membuat website secara instan melalui website builder yang telah disediakan. Anda bisa menggunakan Weebly, SitePro, SiteJet hingga instalasi CMS melalui softaculous cPanel.

3. Mudah digunakan

Shared hosting dilengkapi dengan control panel, sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan layanannya. Di Rumahweb, kami menggunakan cPanel sebagai control panel hostingnya.

Dengan cPanel, Anda bisa mengelola file website, database hingga email dengan sangat mudah. Selain itu, dokumentasi penggunaannya juga banyak, sehingga memudahkan anda dalam mengelola layanan shared hosting.

4. Tidak perlu mengelola server

Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan tugas mengelola dan maintenance server, shared hosting adalah solusi yang tepat. Penyedia layanan hosting akan menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan server dan infrastruktur teknisnya. Anda hanya fokus pada pengembangan dan pengelolaan website dan email.

BACA JUGA : Hosting vs VPS : Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan Shared Hosting

Selain sejumlah kelebihan diatas, layanan shared hosting juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

1. Kurang fleksible untuk kustomisasi server

Kekurangan utama dari shared hosting adalah keterbatasan dalam hal kustomisasi. Karena Anda berbagi server dengan user lainnya, Anda tidak bisa mengubah konfigurasi server sesuka Anda.

Sebagai contoh, Anda memiliki website yang membutuhkan port 8728 dan 8729 agar dapat terkoneksi ke aplikasi mikhmon di mikrotik Anda. Sedangkan disisi hosting, port 8728 dan 8729 di tutup untuk alasan keamanan. Karenanya, Anda tidak bisa sesuka hati untuk merequest aktivasi port tersebut, karena akan berpengaruh pada user lainnya dalam 1 server hosting yang sama.

Sehingga solusinya Anda harus mengubah port 8728 dan 8729 ke port-port yang sengaja di open di hosting agar Anda dapat terkoneksi ke aplikasi mikhmon di mikrotik Anda.

2. Performa yang dibatasi

Karena digunakan untuk banyak pelanggan, maka biasanya penyedia hosting membatasi resource pada tiap user. Hal ini bertujuan agar ketika salah satu user menggunakan resource terlalu besar, hal tersebut tidak berdampak pada user lainnya yang menyebabkan kegagalan akses.

Namun, seringkali user lainnya tetap terdampak jika ada salah satu user yang menggunakan resource terlampau besar, contohnya untuk ujian online atau war promo pada website.

Tidak cocok untuk website dengan trafik besar atau ujian online

Shared hosting tidak cocok untuk website dengan trafik tinggi atau digunakan untuk ujian onlne atau CBT. Jika kebutuhan Anda adalah website dengan banyak pengunjung, maka Anda lebih cocok menggunakan layanan VPS atau Cloud Hosting.

Paket Shared Hosting di Rumahweb

Rumahweb Indonesia menawarkan empat pilihan jenis layanan Shared Hosting yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. Apa saja?

1. Entry

Entry adalah paket hosting yang paling murah, bahkan lebih murah dari anggaran biaya kopi harian Anda! Dengan Rp15.000 per bulan, Anda sudah mendapat layanan shared hosting dengan kapasitas 1 GB.

Meskipun menjadi paket paling murah, Anda sudah mendapatkan fasilitas Security 360 yang dapat membantu Anda ‘melawan’ ancaman hacker yang dapat merusak website.

2. Small

Pada paket Small, Anda akan mendapatkan fitur tambahan berupa pilihan themes dan plugin premium WordPress yang bisa diklaim untuk primary domain. Tak hanya dapat digunakan untuk membuat website, paket Small ini juga cocok digunakan untuk email perusahaan. 

Anda bisa mendapatkan paket shared hosting ini hanya dengan Rp17.900 per bulannya Selain berbagai fitur menarik tadi, Anda juga bisa mendapatkan domain gratis untuk satu tahun pertama.

3. Medium

Secara umum, Anda akan mendapatkan berbagai fitur yang sama dengan paket Small. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fasilitas SSH yang dapat digunakan untuk mengelola layanan hosting melalui command Shell. 

Selain SSH, Anda juga dapat menikmati fitur tambahan lain seperti Redis dan PHP X-Ray yang juga dapat digunakan secara gratis! Menggiurkan, bukan?

Dengan Rp29.900 per bulan, Anda sudah mendapatkan layanan unlimited hosting dengan resource medium.

4. Large

Large menjadi paket hosting tertinggi di layanan Shared Hosting. Pada paket large, Anda bisa menikmati semua fitur yang ditawarkan di paket Entry, Small, dan Medium.

Perbedaan utama antara paket Large dengan paket Medium adalah pada resource yang ditawarkan. Paket Large memiliki alokasi RAM dan CPU yang lebih besar dibanding paket Medium.

Meskipun memiliki resource yang lebih besar, biaya paket Large tetap tergolong terjangkau, hanya dengan Rp49.900 per bulannya.

Anda juga dapat mengakses halaman hosting murah untuk mengetahui lebih detail terkait fitur yang ditawarkan oleh masing-masing paket shared hosting dari Rumahweb.

paket shared hosting

Fitur gratis lain yang dapat dinikmati oleh semua pengguna layanan shared hosting adalah SSL gratis. SSL ini dapat digunakan untuk untuk melindungi transaksi data pelanggan dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di pencarian Google.

Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting di Rumahweb

Jika shared hosting adalah layanan hosting yang resourcenya dibagi dengan user lainnya, maka cloud hosting adalah layanan hosting yang resourcenya dedicated dan isolated resource. Artinya, pada layanan cloud hosting Anda akan mendapatkan resource yang dedicated, atau tidak dibagi dengan user lainnya dalam satu server yang sama.

Berikut tabel perbandingan fitur antara paket Cloud Hosting vs Shared Hosting yang dapat memudahkan Anda untuk mencari pilihan paket terbaik:

FiturShared HostingCloud Hosting
Akses cPanelYaYa
Softaculous YaYa
WebmailYaYa
Free SSLYaYa
Addon DomainYaYa
Weekly Auto BackupYa (Sesuai AUP)Ya
Security 360Ya (Medium ke atas)Ya
Akses SSHYa (Medium ke atas)Ya
Plugin & Theme Premium WPYa (Small ke atas)Ya
StorageSharedDedicated
CPU & RAMSharedDedicated

Baca selengkapnya tentang perbedaan shared hosting dan cloud hosting pada artikel berikut.

Cara Membeli Shared Hosting Rumahweb

Tertarik untuk memiliki layanan shared hosting terpercaya dari Rumahweb? Berikut panduan singkat pemesanan domain dan hosting di Rumahweb Indonesia:

  1. Akses halaman Hosting Murah Rumahweb > klik Pesan Sekarang pada paket hosting yang dipilih.
pilihan paket shared hosting
  1. Masukkan nama domain yang ingin dipesan pada kolom “Daftarkan Domain Baru” > klik Search untuk mengecek ketersediaannya.
cari nama domain untuk hosting anda
  1. Jika domain masih tersedia, pilih atau centang nama domain yang ingin digunakan. Anda juga bisa mencentang bagian “Privacy Protection and Managed Contact” jika membutuhkan. > klik Lanjutkan.
checklist nama domain
  1. Pilih paket hosting yang akan digunakan. Sebagai contoh, Paket Small periode 1 tahun.
pilih paket shared hosting
  1. Centang layanan tambahan yang Anda butuhkan. Jika tidak, lewati tahap ini.
aktifkan fitur tambahan shared hosting
  1. Pada bagian Informasi Akun dan Billing, isi form yang sudah tersedia jika belum pernah terdaftar. Jika sudah mempunyai akun, cukup klik Log In.
login ke clientzone
  1. Pilih metode pembayaran, contoh Transfer Bank BCA.
pilihan opsi pembayaran
  1. Cek kembali daftar dan total biaya Anda. Jika sudah sesuai, centang bagian Saya menyatakan telah menyetujui SLA, AUP, Perjanjian Layanan Web Hosting dan Kebijakan Privasi > klik Checkout.
checklist persetujuan pembelian

Invoice akan dikirimkan ke email yang terdaftar. Jadi, pastikan Anda mengecek inbox email tersebut. Setelah invoice terkirim, Anda dapat menyelesaikan pembayaran, kemudian tunggu beberapa saat untuk sistem mengkonfirmasi pembayaran dan mengaktifkan layanan yang dipesan.

Itulah panduan pemesanan domain dan hosting di Rumahweb. Jangan khawatir jika Anda mengalami kendala atau masih ada pertanyaan, karena Orang Rumah selalu siap 24/7 untuk membantu Anda.

Kesimpulan

Shared hosting adalah layanan yang cocok digunakan untuk website dengan kebutuhan resource yang masih rendah, atau tergolong biasa saja. Contohnya seperti company profile, ecommerce yang masih belum membutuhkan resource besar,  blog, dan masih banyak lagi.

Namun jika Anda membutuhkan resource yang lebih besar, Anda bisa menggunakan layanan hosting lain, misalnya layanan Cloud Hosting

Itulah penjelasan dari Rumahweb tentang pengertian shared hosting hingga cara membelinya. Shared hosting adalah pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai mengonlinekan bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Anggit Puguh

banner Pop Up - Hosting 99K