Rumahweb Blog
banner blog - Cloud Hosting vs Shared Hosting

Cloud Hosting vs Shared Hosting: Mana Yang Lebih Tepat

Hosting adalah layanan yang digunakan untuk menyimpan file website, database dan email. Saat ini ada beberapa jenis hosting seperti cloud hosting, WordPress hosting hingga shared hosting. Di artikel ini, kami akan menjelaskan tentang perbedaan antara Cloud hosting vs Shared hosting dari berbagai aspek.

Pemilihan layanan hosting dapat menjadi proses paling dilematis yang sering dialami ketika akan memulai membuat website. Ada berbagai pilihan paket hosting dengan segala fitur yang ditawarkan, misalnya cloud hosting, shared hosting, dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana cara menentukan paket hosting yang paling sesuai untuk digunakan? Pada artikel blog kali ini, Rumahweb Indonesia akan membagikan tips memilih Cloud Hosting vs Shared Hosting: Mana Yang Lebih Tepat.

Bagaimana Memilih Hosting Yang Tepat?

Ada dua faktor yang dapat dijadikan pertimbangan utama dalam memilih dan menentukan paket hosting yang sesuai, yaitu:

  1. Kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai;
  2. Anggaran atau dana yang dimiliki.

Sederhananya, pemilihan paket hosting dapat dianalogikan dengan pembelian kendaraan bermotor. 

Pertama, Anda harus mengetahui kebutuhan dan tujuan kendaraan bermotor untuk apa. Misalnya jika Anda membutuhkan alat transportasi pribadi, maka Anda bisa membeli mobil atau motor berkapasitas mesin kecil. 

Lain halnya jika kebutuhan dan tujuan Anda untuk mengangkut muatan dalam jumlah yang besar. Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli kendaraan dengan daya angkut yang lebih besar, seperti motor roda tiga, mobil pickup, atau bahkan truk.

Setelah mengetahui kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai, selanjutnya pertimbangkan harga dengan dana yang Anda miliki.

Jika dana yang tersedia terbatas, maka Anda dapat memilih jenis kendaraan dengan harga yang terjangkau. Konsekuensinya, Anda harus membatasi muatan, sesuai dengan kemampuan yang bisa diangkut oleh motor atau mobil yang akhirnya dibeli.

Seperti halnya kendaraan bermotor, layanan hosting juga tersedia dalam beragam pilihan paket. Jika kendaraan bermotor dijual berdasarkan ukuran mesin, maka layanan hosting dikemas menjadi paket-paket berdasarkan ukuran sumber daya dan fitur-fitur tambahan lainnya.

Singkatnya, semakin besar sumber daya yang ditawarkan, maka semakin besar kemampuannya untuk menampung dan menampilkan data website atau aplikasi. 

Rumahweb Indonesia menawarkan berbagai pilihan paket, dengan dua paket hosting yang paling laris, yaitu paket Shared Hosting dan paket Cloud Hosting. Keduanya adalah layanan hosting unggulan yang bisa menjadi solusi terbaik untuk berbagai kebutuhan pengembangan situs dan aplikasi web.

Shared Hosting

Shared Hosting adalah sebuah layanan hosting berbasis cloud dengan harga terjangkau yang dapat diandalkan. Beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh paket Shared Hosting Rumahweb ini di antaranya adalah akses cPanel, Webmail, Free SSL dan Softaculous Apps Installer.

Pada paket Shared Hosting, Rumahweb juga menawarkan bonus plugin dan theme premium WordPress, untuk pembelian mulai dari paket Small. Plugin dan theme ini tentu akan sangat berguna dalam membangun website terbaik berbasis WordPress Anda. 

Sesuai dengan namanya, paket Shared Hosting adalah layanan cloud bersifat shared, yang berarti sumber daya server digunakan secara bersamaan dengan user-user lain. Meskipun demikian, dengan dukungan teknologi web server terbaru, keamanan data data masing-masing user terjamin, dan tidak bisa saling mempengaruhi.

Paket Shared Hosting cocok digunakan untuk membangun website ringan, yang sebenarnya merupakan website yang sangat umum seperti website profil perusahaan, profil sekolah, blog pribadi, curriculum vitae, galeri produk, bahkan hingga website e-commerce dalam skala awal, serta jenis website lain yang tidak memerlukan sumber daya yang terlalu tinggi.

Selain itu, dengan dukungan akses SSH, dan dukungan terhadap NodeJS serta Python mulai dari paket Medium, paket Shared Hosting juga cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dengan trend bahasa pemrograman terbaru, yakni NodeJS dan Python.

Baca juga artikel : Hosting vs VPS : Kelebihan dan Kekurangannya

Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah paket unggulan yang ditawarkan oleh Rumahweb Indonesia untuk mengakomodasi kebutuhan hosting tingkat lanjut. Fitur utama yang ditawarkan oleh paket Cloud Hosting adalah dedicated dan isolated resource.

Hal ini berarti paket Cloud Hosting berbeda dengan Paket Shared Hosting. Paket Cloud Hosting didesain dengan sumber daya yang terisolasi dan utuh untuk masing-masing pengguna. 

Dengan fitur tersebut, paket Cloud Hosting Rumahweb menjadi solusi terbaik yang bisa digunakan untuk mengembangkan situs atau aplikasi web yang membutuhkan sumber daya besar, tanpa harus repot-repot melakukan setup dan maintain server.

Paket Cloud Hosting memungkinkan Anda memiliki layanan hosting yang siap pakai dengan sumber daya yang besar dan terisolasi. Cloud Hosting terdiri dari Paket Dedicated Storage dan Paket Dedicated CPU & RAM. 

Paket Dedicated Storage mampu mengakomodir pengembangan website dengan kapasitas penyimpanan besar, namun tidak memerlukan sumber daya RAM dan CPU yang terlalu tinggi. Layanan ini cocok digunakan untuk menampung email hosting, atau website yang memiliki banyak gambar, video, atau file lain dengan tingkat akses yang tidak terlalu tinggi.

Paket Dedicated CPU & RAM menawarkan solusi hosting, dengan sumber daya CPU dan RAM yang terisolasi. Dengan paket ini, Anda dapat mengembangan situs atau aplikasi web yang memerlukan sumber daya tinggi seperti sistem informasi, PPDB, e-learning, e-commerce, portal berita, backend aplikasi, dan lain sebagainya.

Selain dukungan dedicated & isolated resource, paket Cloud Hosting juga dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik lainnya, seperti akses cPanel, Softaculous Apps Installer, free SSL, akses SSH serta bonus plugin dan theme premium WordPress.

Paket Mana yang Sesuai untuk Kebutuhan Saya?

Bagi Anda yang baru memulai membangun website, atau ingin belajar dan mendalami proses pembuatan website, paket Shared Hosting dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan harga terjangkau, paket Shared Hosting sudah menawarkan segudang fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun sebuah website yang lengkap dan menarik. 

Bagi Anda yang ingin membangun situs atau aplikasi dengan kebutuhan sumber daya yang cenderung tinggi, paket Cloud Hosting adalah pilihan terbaik yang mampu memberikan Anda infrastruktur cloud siap pakai, tangguh dan dapat diandalkan.

Berikut tabel perbandingan fitur antara paket Cloud Hosting vs Shared Hosting yang dapat memudahkan Anda untuk mencari pilihan paket terbaik:

FiturShared HostingCloud Hosting
Akses cPanelYaYa
Softaculous YaYa
WebmailYaYa
Free SSLYaYa
Addon DomainYaYa
Weekly Auto BackupYa (Sesuai AUP)Ya
Security 360Ya (Medium ke atas)Ya
Akses SSHYa (Medium ke atas)Ya
Plugin & Theme Premium WPYa (Small ke atas)Ya
StorageSharedDedicated
CPU & RAMSharedDedicated

Penutup

Paket Shared dan Cloud Hosting dari Rumahweb Indonesia merupakan layanan hosting berbasis cloud dengan fitur-fitur terkini, yang dapat menjadi solusi terbaik untuk berbagai kebutuhan. 

Dengan layanan ini, Rumahweb Indonesia siap memfasilitasi Anda untuk ikut ambil bagian dalam era teknologi informasi yang serba digital dan online. Apapun kebutuhan dan kemampuan Anda saat ini, temukan layanan dengan harga dan kualitas terbaik hanya di Rumahweb Indonesia!

Demikian artikel blog mengenai Cloud Hosting vs Shared Hosting, semoga dapat membantu Anda untuk memilih dan menentukan layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Alwan Rosyidi