Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu WordPress Toolkit dan Bagaimana Cara Menggunakannya di cPanel

Apa itu WordPress Toolkit dan Cara Menggunakannya di cPanel

Tahukah Anda, jika cPanel telah menghadirkan fitur WordPress Toolkit pada versi 92? Dengan hadirnya fitur ini, mengelola CMS WordPress di hosting menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu lagi pusing mengelola satu-persatu website yang dibuat. Dengan fitur WordPress Toolkit, Anda bisa mengelola beberapa website dalam satu interface.

Artikel ini akan membedah fitur WordPress Toolkit dari cPanel versi 92 secara lebih detail. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu WordPress Toolkit?

WordPress Toolkit merupakan sebuah tools interface yang berfungsi untuk mengelola CMS WordPress. Pada fitur ini, Anda bisa melakukan instalasi, konfigurasi, kelola theme dan plugin, melakukan backup hingga konfigurasi keamanan.

Tidak hanya satu website, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa website sekaligus, menjadikannya lebih praktis dan menghemat waktu untuk mengelola CMS WordPress. 

Mengenal Fitur WordPress Toolkit cPanel

cPanel melengkapi WordPress Toolkit dengan berbagai fitur seperti instalasi, kelola theme dan plugin, backup data, cloning website hingga staging. Berikut adalah beberapa fitur andalan dari WP Toolkit :

  1. Instalasi
    Hanya dengan dua kali klik, Anda sudah bisa membuat
    website dengan WordPress. Proses instalasinya pun sangat mudah, cukup klik tombol instalasi, lalu sesuaikan data website Anda dan klik “install” untuk menyelesaikannya. Sangat mudah dan praktis.
  2. Keamanan
    WordPress Toolkit secara otomatis menerapkan semua langkah keamanan penting, pada saat Anda melakukan instalasi WordPress melalui fitur ini. Seperti
    restricts access to files dan direktori, menggunakan user dan password yang kuat hingga block directory browsing. Namun, untuk keamanan yang sifatnya tidak terlalu urgent, Anda bisa mengaktifkannya secara manual melalui fitur WordPress security.
  3. Kelola Theme dan Plugin
    Jika sebelumnya instalasi theme dan plugin harus dilakukan dari panel dashboard admin, kini hal tersebut bisa dilakukan melalui WP Toolkit. Tidak hanya install, Anda juga bisa meng-upload, menghapus hingga mengubah status plugin dan theme-nya sesuai dengan kebutuhan.
  4. Backup/Restore
    WordPress Toolkit dilengkapi dengan fitur
    backup dan restore, sehingga akan memudahkan proses pembuatan
    backup
    pada website. Dengan fitur ini, keamanan website Anda akan lebih terjaga dari kendala error pada website hingga tidak sengaja melakukan penghapusan data di dalam website.
  5. Clone
    Fitur ini memungkinkan Anda memiliki beberapa website dengan domain yang berbeda. Anda bisa melakukan cloning, dari satu domain ke domain atau subdomain yang lainnya secara praktis.
  6. Staging
    Fitur staging digunakan untuk melakukan perubahan desain pada website tanpa harus mengubah tampilan utama yang sedang berjalan. Setelah pembuatan web staging selesai, Anda bisa melakukan push di domain utama agar tampilan website-nya menyesuaikan dengan web staging yang telah dibuat. 

Informasi lebih lengkap terkait fitur WP Toolkit bisa dibaca di halaman berikut: WordPress Toolkit cPanel.

Versi WordPress Toolkit

cPanel membedakan WordPress Toolkit menjadi dua, yaitu Lite (gratis) dan Deluxe (berbayar). Keduanya memiliki perbedaan dari sisi fitur. Berikut penjabarannya: 

WordPress Toolkit Lite

Merupakan versi gratis yang akan sepenuhnya hadir pada cPanel versi 92. Fitur ini bisa langsung dimanfaatkan pada cPanel hosting. 

  • Kelola admin dan password database 
  • Tombol search engine indexing
  • Kelola plugin dan themes 
  • Tombol login ke dashboard
  • Fitur keamanan standar otomatis

WordPress Toolkit Deluxe

Semua fitur yang ada di versi Lite, tersedia juga pada versi Deluxe. Lalu apa yang menjadikan versi Deluxe ini lebih istimewa? 

Ada beberapa fitur tambahan yang bisa Anda gunakan, seperti:

  • Fitur Staging dan Clone
    Seperti yang telah kami jelaskan pada pengenalan fitur WP Toolkit, fitur ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin melakukan perubahan nama domain, atau ingin memiliki banyak website dengan domain yang berbeda.Fitur ini bisa Anda jumpai pada menu Dashboard WP Toolkit. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menekan tombol Clone pada website yang ingin Anda duplikasi.
  • Manajemen Plugin dan Theme
    Fitur ini bisa Anda gunakan untuk mengelola plugin dan theme secara efisien. Update theme dan plugin bisa dilakukan langsung untuk beberapa website sekaligus, sehingga akan lebih menghemat waktu dan Anda tidak perlu repot-repot melakukan update satu persatu.
  • Smart update dan Multisite Automatic
    Fitur smart update memungkinkan sistem melakukan uji coba update plugin dan theme, tanpa langsung melakukan perubahan pada laman interface. Prosedurnya, WP toolkit akan melakukan pemeriksaan update awal, lalu melakukan kloning dan menjalankan pemeriksaan lagi setelah update dilakukan. Apakah update tersebut menyebabkan tampilan website rusak, atau berjalan dengan baik. 

Nantinya WP Toolkit akan menampilkan data berupa notif sebelum dan sesudah update dilakukan sebagai perbandingan visual. Anda kemudian dapat membuat keputusan apakah perlu dilakukan update atau tidak.

Sedangkan untuk fitur Multisite Automatic bisa Anda manfaatkan untuk melakukan update setting hingga security dalam satu waktu. Jika website Anda lebih dari 1, fitur ini sangat memudahkan Anda untuk mengelola semua websitenya. Karena Anda bisa langsung menerapkan update maupun security dalam satu kali waktu.

Fitur Multisite Automatic - Apa itu WordPress Toolkit dan Bagaimana Cara Menggunakannya di cPanel
  • Fitur Advanced Security
    Bila di versi Lite Anda hanya bisa menerapkan basic security pada WordPress, di versi Deluxe ini fitur keamanan lebih lengkap. Anda bisa menggunakan semua fitur keamanan yang diterapkan, atau Anda bisa memilih beberapa opsi keamanan yang ditawarkan.
    Advanced Security - Apa itu WordPress Toolkit dan Bagaimana Cara Menggunakannya di cPanel

Cara menggunakan fitur WordPress Toolkit

Saat ini fitur WordPress Toolkit telah tersedia pada semua layanan hosting di Rumahweb, baik paket Shared Hosting, Unlimited hosting dan Cloud hosting. Fitur ini bisa Anda temukan di cPanel, pada menu ‘WordPress Toolkit’. Berikut tampilan defaultnya.

tampilan default wordpress toolkit

Pada panel tersebut, Anda bisa melakukan instalasi baru atau gunakan fitur Scan bila sebelumnya telah melakukan instalasi WordPress pada hosting. Berikut adalah tampilan ketika sudah ada website dalam WordPress Toolkit:

Image 2 cara menggunakan - Apa itu WordPress Toolkit dan Bagaimana Cara Menggunakannya di cPanel

Selanjutnya, Anda sudah bisa mengelola WordPress melalui panel tersebut.

Demikian ulasan mengenai WordPress Toolkit dan fitur-fitur yang ditawarkan. Semoga dengan fitur baru ini, semakin memudahkan Anda dalam mengelola CMS WordPress di hosting Rumahweb

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Lutfi Hanif

Tukang Komputer