Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Self Reminder Jenis dan Contoh yang Tepat

Apa itu Reminder? Arti, Jenis dan Contoh yang Tepat

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin sudah tidak asing dengan kata reminder, karena penggunaannya sudah cukup populer, baik secara lisan maupun tulisan. Lantas, reminder artinya apa sih? Simak ulasan Rumahweb berikut ini!

Arti Reminder

Reminder artinya adalah pengingat atau peringatan. Kata yang berasal dari Bahasa Inggris ini mungkin sering Anda dengar atau bahkan ucapkan dalam percakapan sehari-hari. Pengingat ini bisa merujuk pada sesuatu atau seseorang. 

Karena reminder artinya pengingat, maka biasanya kata ini digunakan ketika seseorang tidak ingin lupa akan suatu hal, seperti jadwal meeting, janji, rutinitas, dan lain sebagainya. Jadi reminder ini bisa berlaku untuk diri sendiri ataupun bagi orang lain.

Sinonim Reminder

Tidak hanya reminder, terdapat beberapa kosa kata lain yang juga memiliki arti sebagai pengingat. Apa saja sinonim atau padanan kata reminder?

  1. Prompt
  2. Cue
  3. Remembrance
  4. Memo
  5. Nudge
  6. Memorandum
  7. Tickler
  8. Jotting
  9. Hint
  10. Sign
  11. Suggestion
  12. Note

Arti Self Reminder

Jika reminder artinya pengingat, tentu Anda akan paham maksud dari self reminder. Kata-kata ini juga seringkali digunakan di obrolan sehari-hari. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, self reminder artinya pengingat bagi diri sendiri.

Biasanya, self reminder dijadikan sebagai alarm atau catatan yang mengingatkan seseorang untuk melakukan perbaikan atau menyelesaikan suatu progres yang sedang ia lakukan.

Self reminder artinya sesuatu yang mengingatkan orang tersebut untuk melakukan hal yang lebih baik lagi dari sebelumnya dan belajar dari kesalahan atau pengalaman, sehingga ia bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi dan tak jatuh di jurang kesalahan yang sama untuk kedua kali.

Karena self reminder artinya pengingat diri, maka istilah ini juga dijadikan sebagai alat untuk introspeksi diri dengan merenungkan kembali sesuatu yang telah berlalu.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat yang bisa didapatkan dari self reminder di antaranya seperti:

  1. Menenangkan diri dari perasaan panik dan gelisah saat menghadapi sesuatu.
  2. Memotivasi diri untuk mencapai keinginan, harapan, dan cita-cita.
  3. Mengontrol diri, terutama saat emosi. Karena self reminder artinya pengingat, maka Anda akan lebih hati-hati dalam mengambil tindakan ataupun melontarkan ucapan.
  4. Menerima diri, apapun kekurangan dan kelebihannya. Sehingga Anda tak lagi membandingkan diri dengan orang lain.
  5. Bisa mengambil keputusan terbaik karena self reminder akan membuat Anda mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang dan tak terburu-buru.

Baca juga artikel: 20 Usaha Yang Menjanjikan di Tahun ini. Semoga Sukses!

Contoh Penggunaan Kata Reminder yang Tepat

Setelah mengetahui penjelasan mengenai reminder, maka selanjutnya Anda bisa menerapkannya dalam percakapan maupun tulisan. Susunan kalimat reminder dalam bahasa inggris yang biasa digunakan untuk mengingatkan adalah: If” clause + a reminder.

Anda juga bisa menggunakan zero conditional sentence untuk berbicara tentang hal yang umumnya benar, seperti hukum dan aturan. Artinya, if clause + reminder digunakan untuk mengingatkan seseorang atau diri sendiri tentang fakta atau kebenaran.

Pola if clause + a reminder yang bisa Anda terapkan adalah “If + present tense, present tense.”

 Berikut Rumahweb rangkum beberapa contoh penggunaan kalimat reminder yang tepat:

  1.  If you cry before going to sleep, your eyes will be swollen in the morning (Jika kamu menangis sebelum tidur, maka matamu akan bengkak besok pagi).
  2. If you drive a car, you must have a driver’s licence (Jika kamu mengendarai mobil, kamu harus punya surat izin mengemudi).
  3. If you’re late, you can’t keep up with the lessons (Jika kamu terlambat, kamu tidak bisa mengikuti pelajaran).

Itulah penjelasan mengenai reminder, sinonim, hingga contohnya. Semoga pengetahuan Anda semakin bertambah usai membaca artikel ini, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3.6 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing