Rumahweb Blog
Banner - Perbedaan Windows 10 dan 11

Perbedaan Windows 10 dan 11 yang Harus Anda Tahu

Sistem operasi Windows terus mengalami perkembangan sejak pertama kali dirilis. Pada pertengahan 2021 lalu, Windows muncul dengan versi terbarunya, yakni Windows 11. Kira-kira, apa saja perbedaan Windows 10 dan 11?

Kabarnya, perbedaan terbesar antara dua versi sistem operasi Windows ini terletak pada tampilan yang lebih menarik dan simpel dibanding versi sebelumnya. 

Pada artikel Rumahweb Indonesia kali ini, kami sudah menyiapkan daftar perbedaan Windows 10 dan 11, dari segi User Interface (UI) dan fungsi. Simak sampai selesai agar Anda bisa menentukan pilihan, untuk tetap pakai OS lama atau mengubahnya ke versi terbaru!

Perbedaan dari Segi Tampilan/User Interface (UI)

1. Posisi Menu

tata letak menu - Perbedaan Windows 10 dan 11

Perbedaan Windows 10 dan 11 yang paling mudah dilihat ada pada posisi default menu di menu bar. Pada Windows 10 tata letak menu ada di sebelah kiri, sedangkan pada Windows 11 ada di bagian tengah. Namun, Anda tetap bisa mengatur letak menu, baik di kiri, tengah, atau kanan.

2. Tampilan Bar Network

tampilan bar network - Perbedaan Windows 10 dan 11

Perbedaan Windows 10 dan 11 lainnya dapat dilihat dari tampilan bar networknya. Desain bar network pada Windows 11 dibuat lebih simple dan eye-catching. Pada bar network ini, terdapat menu setting WiFi, Bluetooth, Battery Saver, dan lain-lain. Berbeda dengan Windows 10 yang memiliki menu setting terpisah.

3. Desain Kalender

tampilan tanggal

Perbedaan Windows 10 dan 11 lain dapat dilihat dari tampilan kalendernya. Windows 11 memiliki desain kalender yang lebih simple dan menarik dibanding versi pendahulunya.

4. Tampilan File Explorer

tampilan file eksplorer

Tampilan File Explorer pada Windows 11 terlihat lebih simpel dengan pilihan pengaturan di bagian atas yang tidak terlalu banyak.. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa User Interface Windows 11 menjadi lebih sederhana.

5. Tampilan Pengaturan/Setting

tampilan setting - Perbedaan Windows 10 dan 11

Tak hanya pada tampilan File explorer saja yang menjadi lebih sederhana. Tata letak menu setting pada Windows 11 pun mengalami perubahan menjadi lebih sederhana, dengan tampilan mendatar.

6. Icon Tambahan pada Klik Kanan

tampilan ui

Klik kanan pada Windows menjadi salah satu shortcut atau jalan pintas yang sering digunakan. Tampilan menu klik kanan pada Windows 11 pun turut mengalami perubahan berupa tambahan icon yang lebih detail.

BACA JUGA: Cara Record di Laptop Pada OS Windows dan Mac OS

Perbedaan dari Segi Fungsi

Selain dari segi tampilan, perbedaan windows 10 dan 11 juga dapat dilihat dari fungsinya, atau sesuatu yang sifatnya tak kasat mata. 

1. Performa

Windows 11 menggunakan sistem teknologi yang lebih canggih dibanding versi pendahulunya. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan manajemen memori ketika menjalankan aplikasi atau program di background. Windows 11 juga membuat komputer menyala lebih cepat dari posisi sleep

2. Kompatibilitas

Pada faktor kompatibilitas, Microsoft hanya mengizinkan prosesor Intel Core mulai generasi 8 atau AMD Ryzen 2000 untuk dapat menggunakan windows 11. Jadi, jika prosesor komputer Anda masih keluaran lama, kemungkinan besar Anda tidak bisa instal Windows terbaru ini.

Selain itu, windows 11 juga memiliki TPM, atau modul, yang berfungsi melindungi dan mencegah akses saat terjadi serangan malware atau peretasan.

3. Bug

Namun, sebagai sistem operasi baru, windows 11 masih memiliki cukup banyak bug. Beberapa di antaranya dirasakan oleh pengguna AMD, konsumsi RAM yang tinggi saat membuka File Explorer, dan masih banyak lagi. Kemungkinan, bug ini akan terus diatasi seiring adanya update versi terbaru dari windows 11.

4. Fitur Multitasking

Microsoft merancang windows 11 untuk mendukung multitasking lewat sejumlah fitur menarik, salah satunya fitur baru yang disebut Snap Layouts. Dengan fitur ini, Anda dapat mengelompokkan Windows dan menyimpannya pada taskbar.

Windows 11 juga dapat mengingat pengaturan yang digunakan pada monitor eksternal, jika Anda ingin bekerja menggunakan layar eksternal tambahan.

5. Terintegrasi dengan Aplikasi Android

Perbedaan Windows 10 dan 11 selanjutnya terletak pada kemampuan konektivitas Windows 11 dengan aplikasi Android. Pada versi terdahulu, aplikasi Android hanya bisa dijalankan menggunakan bantuan emulator, atau dengan dual boot OS.

Dengan Windows 11, kini Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di Microsoft Store. Setelah itu, aplikasi dapat disematkan ke taskbar dan bersanding dengan aplikasi bawaan komputer lainnya.

BACA JUGA: Cara Mematikan Windows Update Secara Mudah dan Cepat

Itulah beberapa perbedaan Windows 10 dan 11 yang perlu Anda perhatikan jika masih ragu untuk mengupdate versi terbaru Windows. Satu hal yang harus diperhatikan adalah, pastikan Anda memilih sistem operasi legal untuk menghindari kemungkinan buruk di kemudian hari.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents