Rumahweb Blog
Banner Artikel - Mac OS Adalah Pengertian, Sejarah, dan Perkembangannya

Mac OS Adalah: Pengertian, Sejarah, dan Perkembangannya

Mac OS adalah sistem operasi berbasis desktop yang dibuat secara eksklusif untuk produk Apple, seperti iMac dan MacBook. Mari simak artikel ini untuk memahami lebih dalam tentang Mac OS hingga info Mac OS terbaru!

Mac OS adalah sistem operasi yang cukup terkenal karena eksklusivitasnya. Anda bisa melihat bagaimana Mac OS merancang sistem keamanannya. Sehingga OS satu ini tidak bisa dipasang di sembarang perangkat, alias hanya dirancang untuk berjalan di laptop dan komputer desktop milik Apple. 

Mac OS adalah sistem operasi yang diciptakan oleh Apple Inc pada tahun 1984. Jika Apple memperbarui produknya, sistem operasi Mac OS terbaru juga akan dirilis.

Sering terjadi perdebatan di tengah peminat teknologi, tentang mana sistem operasi yang lebih baik: Mac OS atau Windows? Namun, hingga kini perdebatan tersebut selalu berakhir dengan pendapat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pada artikel ini, Rumahweb akan membahas tentang Mac OS, mulai dari pengertian, sejarah, perkembangan, hingga kelebihan dan kekurangannya. Yuk, simak ulasan mengenai Mac OS sampai akhir!

Pengertian Mac OS

Macintosh Operating System atau lebih dikenal dengan Mac OS adalah sistem operasi GUI (Graphical User Interface) yang dirancang untuk mengoperasikan komputer Macintosh. Mac OS adalah sistem operasi GUI pertama yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Apple Inc.

Dari segi graphic interface dan keamanan, Mac OS adalah sistem operasi dinilai yang lebih unggul bila dibandingkan dengan pesaingnya.

Meskipun demikian, sebenarnya secara fungsi Mac OS tidak jauh beda dengan sistem operasi yang lain, bisa untuk melakukan booting, kontrol perangkat, manajemen proses dan memori, desain antarmuka, dan lain-lain.

Selain itu, ada banyak keunggulan dan fitur yang ditawarkan Mac OS, salah satunya adalah kompatibilitas, di mana sistem operasi ini dapat diinstal di smartphone atau perangkat lain sesuai spesifikasi dan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA: Apa itu iOS? Pengertian, Fitur, dan Cara Update iOS

Sejarah Mac OS

Logo Mac OS dari waktu ke waktu
Logo Mac OS dari waktu ke waktu

Mac OS adalah sistem operasi yang pertama kali diluncurkan oleh Apple Inc. Tahukah Anda bahwa Mac OS Klasik yang hari ini Anda kenal, dahulu dinamai System 1 hingga Mac OS 9. 

Meskipun jadul, tetapi versi pertama Mac OS adalah sepenuhnya menggunakan antarmuka pengguna grafik. Selain itu, Mac OS juga tidak mempunyai command line atau barisan perintah. 

Setelah keluar dari Apple Inc, Steve Jobs merintis perusahaan bernama NeXT. Nah, Mac OS adalah sistem operasi yang berasal dari perusahaan tersebut. Kemudian, pada tahun 1985 NeXT merilis  sistem operasi bernama NeXTSTEP yang mereka kembangkan sendiri.

Sempat tercetus gagasan untuk membuat sistem operasi generasi baru. Hal ini terjadi pada tahun 1990an, ketika Apple Inc ingin mengganti Mac OS Klasik. Hanya saja proyek pengembangan ini dibatalkan karena terdapat cukup banyak kendala.

Pada tahun 1996 Steve Jobs bergabung kembali dengan Apple Inc. Hal ini terjadi ketika Apple mengakuisisi NeXT serta menjadikan sistem operasi NeXTSTEP sebagai dasar pengembangan generasi Mac OS berikutnya.

Lalu pada tahun 1997, Steve Jobs memimpin lagi pengembangan sistem operasi generasi baru, dan merilis sistem operasi bernama ‘Rhapsody’. Pengembangan terus dilakukan, sampai akhirnya Mac OS X (versi ke-10 dari OS Macintosh) dirilis.

Kelebihan Mac OS

Dari aspek jumlah pengguna, Mac OS adalah sistem operasi yang tentu masih jauh lebih sedikit dibandingkan Windows. Namun, secara kualitas, keduanya boleh diadu. Mac OS adalah sistem operasi yang memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

1. Tingkat Keamanan Tinggi

Jika dibandingkan dengan Windows, Mac OS adalah sistem operasi yang memiliki tingkat keamanan jauh lebih kuat dan lebih unggul.Terbukti, seluruh aktivitas Anda akan dilindungi oleh fitur security serta privasi tingkat tinggi. Selain itu, Mac OS adalah sistem operasi yang relatif kebal terhadap serangan virus.

Autentikasi sistem root pada Mac OS adalah fitur yang membuat aplikasi apapun di luar App Store tidak dapat diinstall pada perangkat, sistem yang mirip dengan distro Linux.

Dengan fitur ini, Anda dapat  mengakses aplikasi maupun berselancar di internet melalui web browser secara aman dan nyaman.

2. Terintegrasi dengan Produk Apple

Kelebihan kedua dari Mac OS adalah kemampuan integrasi penuh dengan produk Apple lain. Sebagai contoh, Anda dapat mengintegrasikan perangkat iPhone dan MacBook milik Anda.

Ketika perangkat Apple sudah saling terintegrasi, Anda dapat mengelola, troubleshooting, sampai membackup file di iCloud, sehingga baik perangkat iPhone dan MacBook Anda dapat mengakses file yang sama tanpa perlu saling mengirim.

3. Ramah Pengguna

Mac OS adalah salah satu sistem operasi yang ramah pengguna (user friendly), karena dilengkapi dengan tampilan user interface yang sederhana dan modern. sehingga Anda tidak akan kesulitan saat menjalankan perangkat dengan sistem operasi Mac OS.

Selain itu, Mac OS adalah pilihan tepat bagi Anda yang menyukai multimedia, karena software yang digunakan, seperti iMovie, legal dan gratis. Untuk mengedit juga cenderung lebih ringan.

4. Memiliki Fitur Backup

Kelebihan lain yang patut dipertimbangkan dari Mac OS adalah adanya fitur backup dan restore data. Bagaimana tidak, untuk mencadangkan seluruh data, Anda cukup menyiapkan sebuah harddisk, dan biarkan Time Machine yang bekerja secara otomatis.

5. Dapat Menggunakan boot Windows

Mac OS adalah sistem operasi yang memiliki aplikasi Boot Camp Assistant, yang dapat membuat Anda bisa menjalankan dual boot dengan Windows 10.

Dengan kelebihan ini, format file Windows, seperti FAT dan NTFS, juga dapat dibaca oleh Mac OS. Anda bisa menggunakan perangkat Mac untuk menjalankan aplikasi, misalnya Microsoft Office, secara native. Menyenangkan, bukan?

BACA JUGA: Apa itu iCloud? Pengertian, Fungsi, dan Cara Daftar iCloud

Kekurangan Mac OS

Semua kelebihan di atas bukan bahwa Mac OS adalah sistem operasi tanpa cela. Sistem operasi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang justru penting untuk Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan.

Beberapa kekurangan Mac OS adalah sebagai berikut:

1. Harga Mahal

Mac OS adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk produk Apple, khususnya perangkat Mac. Karena itulah, satu-satunya cara jika Anda ingin merasakan performa Mac OS, Anda harus membeli iMac atau MacBook.

Sayangnya perangkat Mac, seperti MacBook dan iMac memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan perangkat Windows, perangkat Mac jelas lebih mahal.

Namun, seperti kata pepatah, ada harga ada kualitas. Meskipun mahal, tetapi perangkat Mac OS, baik software maupun hardware, tidak akan mengecewakan. Harga yang dibanderol sangat sesuai dengan mutu yang Anda peroleh.

2. Terbatas dalam Melakukan Upgrade

Dengan perangkat Windows, Anda dapat merakit hardware sesuka hati, karena OS Windows memang mudah untuk dikustomisasi. Sayangnya, Anda tidak dapat melakukan hal ini dengan perangkat Mac, karena Mac OS memiliki opsi upgrade yang terbatas. 

Tidak hanya merakit hardware, proses upgrade Random Access Memory (RAM) pada Mac OS pun sudah cukup sulit dilakukan karena sebagian besar komponen Mac sudah terintegrasi dengan komponen hardware lainnya, atau sudah terpasang secara bawaan (built-in).

3. Sedikit Pilihan Software

Windows memiliki jangkauan pasar yang lebih luas, karena sistem operasi ini menargetkan berbagai macam kalangan. Berbeda dengan Mac OS yang jangkauan pasarnya tidak seluas itu.

Dalam hal software, misalnya, pilihan perangkat lunak yang ditawarkan oleh Mac OS relatif sedikit, karena dukungan dari pengembang juga sedikit, baik untuk software di App Store maupun sumber lain.

BACA JUGA: Cara Record di Laptop Pada OS Windows dan Mac OS

Kesimpulan

Mac OS adalah sistem operasi GUI pertama yang dikembangkan serta dipasarkan oleh Apple Inc pada tahun 1984. Selain itu, Mac OS merupakan sistem operasi berbasis desktop yang dibuat secara eksklusif untuk produk Apple, yakni iMac dan MacBook. 

Mac OS Klasik yang Anda kenal, dahulu dinamai System 1 hingga Mac OS 9. Setelah keluar dari Apple Inc, Steve Jobs merintis perusahaan bernama NeXT. Mac OS adalah sistem operasi yang berasal dari perusahaan tersebut.

Secara jumlah pengguna, memang Mac OS merupakan sistem operasi yang peringkatnya masih di bawah Windows. Namun, secara kualitas tentu saja keduanya berani diadu. 

Beberapa kelebihan Mac OS di antaranya, tingkat keamanan yang tinggi, integrasi penuh dengan produk Apple lain, ramah pengguna, mempunyai fitur backup dan restore data, bahkan, Anda juga bisa menjalankan dual boot dengan Windows 10.

Semua kelebihan di atas bukan berarti menggambarkan bahwa Mac OS merupakan sistem operasi tanpa cela. Ada beberapa kekurangan Mac OS, seperti harganya mahal, opsi upgrade terbatas, dan pilihan perangkat lunak sedikit.

Hingga artikel ini diterbitkan, Mac OS terbaru yang dirilis adalah versi 14 dengan nama Sonoma yang dipublikasi pada 5 Juni 2023.

Mac OS adalah sistem operasi yang dapat menjadi pilihan jika Anda mengunggulkan privasi dan keamanan. Demikian artikel kami tentang pengertian, sejarah, dan perkembangan Mac OS lama hingga Mac OS terbaru. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.