Rumahweb Blog
Banner - CloudLinux web hosting Adalah

Apa itu CloudLinux? Pengertian, Fungsi, dan Cara Instalasinya

Sistem operasi tidak hanya digunakan untuk mengoperasikan perangkat komputer atau telepon. Sistem operasi juga dibutuhkan untuk mengelola layanan server maupun hosting. CloudLinux adalah salah satu sistem operasi yang populer digunakan untuk mengelola web hosting.

Ada berbagai sistem operasi yang dapat digunakan untuk mengelola hosting. Namun, pemilihan sistem operasi ini tidak serta merta dapat langsung dilakukan. Diperlukan testing beban akses dan lainnya untuk menjamin layanan tetap berjalan dengan baik.

Sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah Linux CentOS dan Ubuntu dengan beberapa web server di dalamnya, seperti Apache dan NginX. 

Seiring dengan perkembangan hosting dan server, ada beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan agar tidak menyebabkan load di sisi server atau sebagainya. Misalnya, memastikan sistem operasi yang digunakan masih sanggup melayani banyaknya pelanggan dalam satu server, termasuk aspek lain seperti keamanan. 

CloudLinux adalah salah satu jawaban dari kekhawatiran Anda mengenai beban load, keamanan, dan optimasi. Saat ini, Rumahweb telah menggunakan Cloudlinux dengan web server LiteSpeed yang sangat andal untuk membantu mengembangkan bisnis Anda!

Lalu seperti apa CloudLinux sebenarnya dan mengapa OS ini dianggap superior? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu CloudLinux

CloudLinux adalah sistem operasi berbasis Linux yang di desain untuk layanan shared hosting. Hal ini karena CloudLinux dinilai lebih stabil dan memiliki keamanan yang terjamin.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Salah satu fitur unggulan dari CloudLinux adalah fitur bagi sistem administrator untuk mengelola pengguna server dengan sangat baik. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengisolasi beberapa user di dalamnya. Jadi, pengguna tidak akan berebut resource, yang dapat berdampak ke user lainnya.

CloudLinux menggunakan fitur virtualisasi LVE (LightWeight Virtual Environment) untuk setiap akun usernya. Fitur ini memberikan dampak baik kepada pengguna aktif di dalam server, karena setiap akun memiliki resource masing-masing, mulai dari CPU, memory, dan lainnya.

Kinerja server yang optimal dengan waktu downtime minimal adalah harapan dari penggunaan CloudLinux. Tentu saja, hal ini terlepas dari faktor eksternal, seperti network dan sejenisnya. CloudLinux juga menawarkan fitur keamanan berupa perlindungan dari beberapa aksi kejahatan cyber, seperti privilege escalation, arbitrary code, dan lainnya.

Cloudlinux adalah sistem operasi berbayar, sehingga Anda perlu membelinya sebelum menggunakannya. Meskipun berbayar, Cloudlinux menawarkan trial 30 hari agar Anda dapat mencobanya.

BACA JUGA : VPS Windows vs Linux, Manakah yang Terbaik untuk Saya?

Sejarah CloudLinux

Pada 2009 seorang pengusaha asal Rusia, Igor Seletskiy, mendirikan CloudLinux Inc. Tujuan utama perusahaan ini adalah untuk mengatasi masalah terkait dengan lingkungan hosting dan mengembangkan sistem operasi khusus untuk keperluan tersebut.

CloudLinux adalah hasil pengembangan dari kernel OpenVZ yang merupakan teknologi virtualisasi tingkat sistem operasi untuk Linux. Selain itu, CloudLinux memiliki fitur unggulan seperti virtualisasi LVE yang mampu mengelola CPU, memori, IO, IOPS, NProc dan lainnya.

CloudLinux dirilis 14 tahun lalu, yaitu pada bulan januari 2010, menggunakan nama kernel Monolithic. Hingga saat ini, Cloudlinux masih terus berkembang dan melengkapi packaging OS sebelumnya.

Fungsi CloudLinux

CloudLinux adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak diminati dalam bisnis web hosting maupun VPS. Fungsi utama dari Cloudlinux adalah membuat pengelolaan web hosting atau server dengan lebih andal, powerful, ringan, dan aman.

CloudLinux banyak digunakan untuk mengelola layanan hosting dan server yang mengutamakan keandalan, resource control, dan keamanan.

Penggunaan CloudLinux tentunya dapat mengurangi pekerjaan tambahan bagi system admin dalam hardening sistemnya. Jadi system admin dapat lebih fokus untuk mengelola aplikasi yang berjalan di dalamnya.

Selain shared hosting, CloudLinux juga dapat digunakan di layanan VPS, mulai dari paket XS.  Dengan menggunakan CloudLinux pada layanan hosting atau VPS Rumahweb, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kredibilitas website yang sedang Anda jalankan.

Kelebihan dan Kekurangan CloudLinux

Apakah Anda mulai tertarik menggunakan sistem operasi satu ini, atau Anda masih ragu? Pada bagian ini kami sudah merangkum kelebihan dan kekurangan CloudLinux yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda.

Kelebihan CloudLinux

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, CloudLinux adalah sistem operasi yang banyak digunakan karena dianggap andal dan memiliki banyak fitur, termasuk fitur keamanan. 

Kinerja Server Stabil

Keunggulan CloudLinux yang pertama adalah dari kinerja server yang dipastikan tetap stabil. Hal ini otomatis akan meminimalisasi waktu downtime website karena penggunaan resource berlebih oleh pengguna lain dalam satu server yang sama.

Kinerja server yang stabil ini dapat terjadi berkat beberapa fitur penting CloudLinux, seperti Teknologi LVE (LVE Manager) dan MySQL Governor.

Keamanan Server

CloudLinux memiliki standar sistem operasi yang telah di-hardening alias diperkuat sistem dan infrastrukturnya dengan sangat baik. Hal ini akan membuat sistem tetap aman dari aksi ilegal yang mungkin terjadi.

Beberapa fitur keamanan server yang ditawarkan CloudLinux antara lain, CageFS, Hardened PHP, dan Secure Links.

Performa Server Lebih Cepat

Keunggulan lain dari CloudLinux adalah performa server yang lebih cepat ketika diakses dalam jumlah tinggi. Performa yang tinggi ini dapat terwujud berkat fitur mod_lsapi, membuat website menjadi lebih cepat.

BACA JUGA : Apa itu VPS? Pengertian, Fungsi hingga Tips Memilih VPS

Kelemahan

Meskipun menjadi salah satu sistem operasi populer dengan banyak fitur dan kelebihan, CloudLinux juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda perhatikan. Apa saja?

Biaya Mahal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan, CloudLinux adalah salah satu sistem operasi berbayar.

Sebagai salah satu sistem operasi yang ditujukan untuk multi-user dan bisnis, lisensi CloudLinux tidaklah murah. Ada empat jenis lisensi yang dibagi menurut penggunaannya, VPS atau Shared Hosting.

Lisensi yang ditawarkan sistem operasi ini antara lain, CloudLinux OS Solo, CloudLinux OS Shared, dan CloudLinux Shared Pro. Biaya yang perlu dikeluarkan pun beragam, dengan harga termurah sekitar $7 untuk 1 server per bulan.

Forum dan Dukungan Terbatas

Sayangnya, forum dan dukungan teknis CloudLinux masih cukup sedikit dan terbatas. Hal ini mungkin akan menyulitkan Anda yang sedang mencari jawaban profesional atas kendala yang dialami di forum terbuka. Tentu saja hal ini berkaitan dengan rahasia dapur.

Risiko Keamanan

Meskipun dianggap sebagai salah satu sistem operasi dengan tingkat keamanan terbaik, CloudLinux tak luput dari insiden keamanan. Berikut laporan insiden keamanan CloudLinux pada forum-forum keamanan seperti Vulners.

Cara Install CloudLinux di VPS

Dari penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba sistem operasi CloudLinux? Berikut kami rangkum cara install CloudLinux di VPS Rumahweb untuk Anda!

Pengguna VPS Baru

Bagi Anda yang baru pertama kali memesan layanan VPS Murah Rumahweb, Anda akan diminta memilih data center dan sistem operasi yang ingin digunakan terlebih dulu. Untuk menggunakan CloudLInux, Anda dapat memilih sistem operasi CloudLinux.

Langkah-langkahnya sebagai berikut: 

  1. Akses halaman VPS Murah Rumahweb > pilih resource yang akan digunakan. CloudLinux dapat digunakan mulai dari paket XS, sehingga sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar mengoperasikannya.
CloudLinux pada VPS
  1. Checkout dan lakukan pembayaran. Tunggu beberapa saat hingga pembayaran divalidasi dan layanan yang dipesan aktif. Instalasi Cloudlinux akan berjalan otomatis.
  2. Anda dapat mengelola VPS KVM melalui panel Virtualizor Rumahweb, dengan panduan berikut: Cara Mengelola VPS KVM Melalui Panel Virtualizor

Pengguna Lama VPS Murah Rumahweb

Bagaimana jika Anda memiliki layanan VPS Rumahweb yang sudah aktif dengan OS lain, tapi ingin beralih atau mencoba CloudLinux? Caranya, Anda bisa merequest ke department billing Rumahweb untuk penerbitan invoice CloudLinux, lalu Anda bisa melakukan rebuild OS.

Proses rebuild ini akan menghapus seluruh data VPS saat ini dan menggantinya ke OS CloudLinux dengan data baru. Berikut langkahnya:

  1. Backup data VPS melalui virtualizor, dengan panduan berikut: Cara Backup dan Restore VPS dari Virtualizor
  2. Rebuild VPS dapat dilakukan melalui panel Virtualizor setelah proses backup selesai. Simak panduannya di artikel berikut: Cara Rebuild VPS KVM Linux

Proses instalasi dan rebuild OS CloudLinux akan berjalan otomatis, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga VPS running kembali. 

CloudLinux adalah salah satu sistem operasi andalan yang dapat digunakan untuk mengelola web hosting atau server. Itulah artikel dari Rumahweb Indonesia mengenai pengertian CloudLinux, fungsi, hingga cara instalasinya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Fredric Lesomar