Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu iOS Pengertian, Fitur, dan Cara Update iOS

Apa itu iOS? Pengertian, Fitur, dan Cara Update iOS

Ada beberapa sistem operasi yang digunakan di ponsel pintar. Android dan iOS adalah dua sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk mengoperasikan smartphone. Lalu, apa itu iOS, fungsi, dan fiturnya? Simak artikel dari Rumahweb ini sampai habis, ya!

Apa itu iOS?

iOS adalah singkatan dari iPhone Operating System, yakni sistem operasi perangkat lunak yang dibuat oleh Apple. iOS tidak hanya dijalankan di iPhone saja, melainkan di mobile device keluaran Apple lainnya, seperti iPad dan iPod.

iOS pertama kali hadir pada tahun 2007 melalui iPhone generasi pertama. Pada saat itu, iPhone menarik perhatian dunia karena merilis ponsel pintar dengan layar sentuh sepenuhnya, di saat rata-rata ponsel yang beredar masih menggunakan tombol fisik.

Dapat dikatakan, bahwa iOS adalah salah satu dari sekian banyak aspek yang menunjang terwujudnya ponsel layar sentuh ini. 

iPhone generasi pertama menjadi smartphone yang mampu memenuhi kebutuhan profesional hingga hiburan, meski pada saat itu pengguna hanya dapat menggunakan aplikasi bawaan dari perangkat.

App Store baru diluncurkan satu tahun setelah iPhone generasi pertama dirilis, yakni di tahun 2008. Dari “toko” ini, semakin banyak aplikasi yang ditawarkan oleh Apple untuk memanjakan penggunanya.

Peluncuran App Store ini dilakukan bersamaan dengan dirilisnya SDK (Software Development Kit),  atau platform software untuk aplikasi buatan developer lain.

BACA JUGA: Cara Backup Data HP Android dan iOS

Fungsi iOS

Setelah mengetahui apa itu iOS, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang fungsinya. Sama seperti sistem operasi lain, fungsi dari iOS adalah menjembatani interaksi antara pengguna dengan mobile device Apple.

iOS menerjemahkan perintah dari pengguna, kemudian mengoperasikan, menggerakan, mengaktifkan, atau menonaktifkan fitur di perangkat tersebut.

Jadi, apapun aktivitas Anda di iPhone, iPad, atau iPod, bisa dilakukan berkat iOS. Misalnya, ketika Anda ingin membuka email, merekam video, hingga melakukan panggilan telepon, dan masih banyak lagi.

Fitur di iOS

Apple rutin memperbarui fitur-fitur iOS setiap tahunnya, seiring dengan perilisan model iPhone atau iPad terbaru. Fitur yang ditawarkan pun semakin lama semakin canggih, sehingga membuat pengguna Apple semakin puas.

Tak hanya itu, Apple juga cukup rajin merilis perbaikan bug dan patch keamanan untuk membuat pengguna semakin nyaman.

Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan mengapa produk keluaran Apple dianggap eksklusif, karena fitur-fiturnya hanya memang bisa digunakan pada perangkat Apple saja. Tak jarang iOS juga mengeluarkan fitur-fitur terbaru yang belum dimiliki oleh sistem operasi lain.

Perlu Anda ketahui bahwa iOS adalah sistem operasi yang memberikan update secara gratis. Setelah dirilis, Anda hanya perlu mengecek kompatibilitas di bagian Software Update pada menu Setting

Hingga saat ini, versi iOS terbaru yang sudah dirilis oleh Apple adalah iOS 16, dengan sejumlah fitur terbaru berikut:

1. Kustomisasi Lock Screen

Pengguna iOS 16 kini dapat membuat lock screen sesuai keinginan mereka. Mulai dari memilih wallpaper, mengganti model jam, dan lain-lain. Pengguna juga bisa menambahkan widgets dari aplikasi favorit mereka ke lock screen.

2. Notifikasi/Pemberitahuan

Pengguna dapat melihat notifikasi pada lockscreen dalam model list, stack, atau count. Notifikasi akan muncul di bagian bawah, sehingga tidak akan menutupi tampilan utama lock screen.

3. Aktivitas Langsung

Fitur terbaru selanjutnya dari iOS adalah aktivitas langsung pada tampilan lock screen. Dengan fitur ini, pengguna juga bisa mengecek aktivitas yang sedang berlangsung tanpa harus membuka kunci layar.

Beberapa aktivitas ini misalnya, ketika pengguna ingin mengecek skor pertandingan yang sedang berlangsung, atau melihat progres food delivery yang dipesan.

4. Filter Fokus

Filter ini dapat membantu pengguna untuk menyaring konten yang dinilai mengganggu dari aplikasi yang ada di perangkat, sehingga Anda dapat lebih fokus beraktivitas, tanpa terganggu dengan notifikasi yang mungkin kerap muncul dan memecah konsentrasi.

5. Perpustakaan Foto Bersama di iCloud

Pengguna juga dapat berbagi foto di iCloud, bahkan langsung dari kamera. Semua anggota yang ditambahkan dapat menambah, mengedit, atau menghapus foto yang ada di album yang dibagikan.

Pengguna juga bisa langsung membagikan foto-foto tersebut kepada pengguna lain yang berada di dekatnya melalui fitur AirDrop.

6. Pesan

Fitur terbaru lainnya yang ditawarkan iOS adalah pengelolaan pesan. Pengguna bisa mengedit pesan yang baru saja dikirim atau membatalkan pengiriman pesan terbaru. Selain itu, pengguna juga bisa menandai pesan menjadi “belum dibaca” jika tak ingin langsung membalasnya.

7. Menghapus Latar Belakang Foto

Pengguna kini bisa mengambil subjek yang ada di foto dengan mudah tanpa latar belakang. Dengan begitu Anda tidak perlu bersusah payah untuk menghapus latar belakang foto.

BACA JUGA: Cara Mudah Memperbarui Emoji iPhone

Cara Update iOS di iPhone dan iPad

iOS adalah sistem operasi yang akan terus diperbarui untuk menjawab kebutuhan pengguna. Misalnya saja, pada September 2023 nanti, Apple disinyalir akan merilis versi final dari iOS 17.

Proses update iOS biasanya berlangsung cukup lama, sehingga akan memakan cukup banyak daya. Karena itulah, sebelum mengupdate ke versi iOS terbaru, pastikan iPhone atau iPad sudah terisi penuh, atau sambungkan perangkat Anda ke pengisi daya.

Cara update iOS adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda telah memperbarui backup iCloud.
  2. Klik menu Setting > General.
  3. Pilih Software Update > akan muncul iOS terbaru yang kompatibel dengan perangkat Anda.
  4. Klik Download and Install.
  5. Masukkan passcode perangkat Anda.
  6. Klik Agree to Terms and Conditions > Agree.
  7. Tunggu hingga proses update selesai.

iOS adalah sistem operasi eksklusif yang digunakan oleh perangkat Apple. Dengan berbagai fungsi dan fitur menarik yang ditawarkan, apakah Anda tertarik untuk beralih ke perangkat Apple?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing