Rumahweb Blog
Banner - Merayakan Idul Adha dengan Teknologi Digital

Merayakan Idul Adha dengan Teknologi Digital

Kehadiran teknologi benar-benar membawa perubahan terhadap berbagai lini kehidupan, termasuk dengan perayaan hari besar. Tak hanya Idulfitri, kini Idul Adha teknologi juga dapat berjalan berdampingan.

Pada artikel sebelumnya Rumahweb telah menulis tentang kurban online, sebuah layanan alternatif praktis dan tepat guna untuk ikut memeriahkan Idul Adha. Tertarik untuk beli hewan kurban online? Anda bisa mempelajarinya melalui artikel Rekomendasi 7 Layanan Platform Kurban Online ini!

Dari sini dapat disimpulkan bahwa Idul Adha teknologi bisa berjalan beriringan selayaknya dua kaki. Berikut ulasan dari Rumahweb untuk Anda!

Merayakan Idul Adha dengan Teknologi Digital

Tak terasa, sebentar lagi umat Muslim akan merayakan Idul Adha. Hari besar yang jatuh pada 10 Dzulhijjah ini juga sering disebut Lebaran Haji. Pada perayaan ini, umat Muslim menyembelih hewan kurban sebagai bagian dari ibadah dan bentuk ketakwaan terhadap Allah SWT.

Biasanya, umat muslim akan menyembelih hewan kurban di masjid maupun tempat pemotongan hewan. Mereka yang ikut berkurban juga akan datang langsung ke lokasi penyembelihan dan menyaksikan proses penyembelihan hewan.

Seiring berjalannya waktu, perayaan Idul Adha semakin dimudahkan oleh teknologi. Apalagi, pada kondisi pandemi beberapa tahun terakhir, semakin banyak hal terkait Idul Adha yang bisa Anda lakukan dengan lebih mudah dan praktis.

BACA JUGA: Peluang Usaha Membuat Template Kartu Ucapan Lebaran Digital

Panduan Idul Adha dan Kurban Online

Hal sederhana yang terkadang tidak Anda sadari adalah mencari tahu ilmu tentang Idul Adha.

Jika biasanya Anda mendengar tausyiah di masjid atau membaca buku, kini Anda bisa mendapatkan informasi seputar Idul Adha lewat teknologi, misalnya e-book atau mendengarkan rekaman ceramah ustaz di YouTube.

Tak hanya itu, Idul Adha teknologi juga bisa dinikmati dengan cara mengikuti menyaksikan perayaan Lebaran Haji di Tanah Suci melalui siaran langsung di televisi.

Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar Idul Adha melalui ponsel pintar. Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan informasi tentang hal tersebut, salah satunya Panduan Qurban Lengkap.

Aplikasi besutan Red berkah ini menyajikan informasi mengenai ibadah kurban, mulai dari pengertian, hukum, dalil, hingga kriteria hewan kurban.

Ada pula aplikasi bernama Panduan Idul Adha yang diciptakan oleh Afradad Media. Ada berbagai artikel yang membahas kurban dan Idul Adha ada di aplikasi ini. Bahkan, terdapat fitur diskusi untuk tanya jawab seputar kurban.

Sebelum adanya teknologi, mungkin tak pernah terbayangkan Anda dapat menikmati berbagai kemudahan ini, kan?

Tak hanya mencari ilmu tentang Lebaran Haji, sebagaimana penjelasan kami dalam pembuka artikel ini, Anda juga bisa turut serta berkurban melalui aplikasi penyedia kurban online. Melihat kebutuhan masyarakat, berbagai aplikasi penyedia kurban online pun mulai hadir di tengah-tengah kita. 

Merayakan Idul Adha dengan teknologi semakin terasa saat kondisi pandemi, di mana berbagai aktivitas dibatasi, termasuk berkurban sekalipun. Beruntung, berbagai aplikasi penyedia kurban online bisa menjadi solusi bagi Anda yang tetap ingin berkurban.

Aplikasi Kurban Online

Beberapa aplikasi penyedia hewan kurban yang bisa diandalkan adalah Pasar Qurban, Kitabisa, Gojek, Tokopedia, BRIsyariah, dan masih banyak lagi.

Aplikasi-aplikasi ini menawarkan pengalaman kurban yang cukup berbeda, karena Anda tidak perlu datang ke penjual hewan kurban, lalu ikut menyaksikan hewan tersebut disembelih. Mulai dari pembelian hingga distribusi sudah difasilitasi oleh aplikasi-aplikasi ini.

Aplikasi penyedia kurban online ini akan menghubungkan Anda dengan berbagai lembaga penyalur hewan kurban terpercaya. Anda hanya perlu melakukan transaksi jual beli hewan kurban pilihan Anda, mengisi data diri, dan tinggal menunggu laporan dari aplikasi tersebut. Merayakan Idul Adha dengan teknologi ternyata cukup memudahkan, bukan?

Kini, Idul Adha teknologi juga dapat dirasakan saat bersilaturahmi. Jika tak bisa bersilaturahmi langsung, Anda dapat mengirimkan kartu ucapan digital kepada keluarga, karib kerabat, teman, atau rekan kerja yang jauh di sana.

BACA JUGA: Ide Ucapan Lebaran Untuk Dikirim di WhatsApp

Desain Kartu Ucapan Idul Adha

Sama seperti Idulfitri, momen Idul pun kerap dijadikan sebagai momen bersilaturahmi dengan keluarga, rekan kerja, sanak saudara, dan teman. Tak hanya berkunjung ke rumah mereka, tali silaturahmi juga bisa terjalin melalui pengiriman parcel atau sekadar kartu ucapan.

Menjelang Lebaran Haji, banyak usaha yang menawarkan paket parcel untuk dikirimkan kepada relasi. Namun jika Anda ingin menjalin silaturahmi dengan lebih sederhana, cukup dengan mengirimkan kartu ucapan saja yang  dikirimkan melalui aplikasi chat seperti WhatsApp.

Banyak template yang sudah tersedia di mesin pencarian, seperti Google. Namun Anda juga bisa membuat kartu ucapan sendiri melalui berbagai aplikasi. Tertarik untuk membuat desain kartu ucapan sendiri? Anda bisa mempelajarinya melalui artikel Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran yang Islami ini!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing