Rumahweb Blog
Banner - 7 Rekomendasi Aplikasi Kurban Online Menyambut Idul Adha

7 Rekomendasi Aplikasi Kurban Online Menyambut Idul Adha

Setelah merayakan Idulfitri, umat Muslim pun bersiap menyambut Idul Adha. Di momen ini, umat Muslim akan menyembelih hewan ternak sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Seiring perkembangan teknologi, kurban online menjadi solusi yang kini banyak dicari.

Beberapa tahun terakhir, aplikasi kurban online mulai banyak diminati. Bukan tanpa sebab, kurban online ini menyesuaikan kondisi pandemi di mana aktivitas di luar ruangan dibatasi.

Kurban online yang dimaksud bukanlah menyembelih hewan ternak secara online, melainkan ikut berkurban dengan membeli hewan yang disediakan di aplikasi-aplikasi ini. Jadi, kurban yang Anda bayarkan akan dikumpulkan dan disalurkan ke orang yang tepat.

Rekomendasi Platform Kurban Online

Ada banyak platform atau aplikasi kurban online yang dapat digunakan. Berikut Rumahweb rangkum 7 aplikasi kurban online yang dapat jadi pilihan Anda jika ingin ikut berkurban di tahun ini. Disimak, yuk!

1. LinkAja Syariah

Aplikasi kurban online pertama yang bisa Anda coba adalah LinkAja Syariah. Layanan aplikasi LinkAja ini menyediakan dua opsi hewan kurban, yakni kambing dan sapi.

Anda cukup membayar harga hewan kurban, lalu menunggu laporan kurban online, mulai dari bobot hewan kurban, kondisi, hingga tempat penyaluran hewan kurban nantinya.

Selain qurban online, LinkAja Syariah juga menawarkan layanan lain seperti Infaq dan Wakaf online.

BACA JUGA: Lima Hal Yang Wajib Ada di Website Toko Online

2. Tokopedia

Menjadi salah satu e-commerce terpercaya di Indonesia, Tokopedia juga menawarkan layanan kurban online bagi Anda yang ingin ikut serta berkurban di tahun ini.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses aplikasi penyedia kurban online satu ini, lalu memilih ingin berkurban kambing atau sapi.

Harga hewan ternak di platform ini pun beragam, mulai dari Rp1,5 juta untuk kambing, dan Rp1,8 juta untuk sapi (1 ekor sapi untuk 7 orang).

Sama seperti LinkAja Syariah, Tokopedia juga memberikan laporan kurban online kepada peserta, mulai dari waktu dan daerah tempat pemotongan, dokumentasi hewan kurban, hingga sertifikat digital sebagai bukti telah ikut berkurban.

Aplikasi kurban online satu ini telah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, Eco Qurban, Human Initiative, dan lembaga penyalur lainnya, untuk mendistribusikan hasil kurban dengan tepat sasaran.

3. Shopee

E-commerce oranye ini juga tak mau ketinggalan dalam memberikan layanan bagi para konsumen, khususnya menjelang Idul Adha. Shopee juga menyediakan layanan kurban online bagi pelanggan yang ingin berkurban.

Shopee juga  bekerja sama dengan beberapa lembaga penyalur, seperti Qurban Nusantara, Rumah Yatim, dan lain-lain.

Untuk menggunakan layanan qurban online di Shopee, cukup masuk ke menu Pulsa, Tagihan & Hiburan, lalu klik Qurban. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih hewan kurban, lembaga pengelola kurban, dan mengisi data diri.

4. Bukalapak

Bukalapak juga menghadirkan layanan serupa dengan nama program “BukaQurban”. Ketika mengakses menu BukaQurban, Anda akan diarahkan untuk memilih hewan kurban yang diinginkan ,lalu membayar sesuai harga yang tertera.

Prosesnya juga sama dengan e-commerce sebelumnya. Anda akan diminta untuk memilih lembaga penyalur kurban, memilih hewan kurban, lalu melakukan transaksi pembayaran.

BACA JUGA: 7 Hal Penting yang Perlu Diketahui Saat Memulai Bisnis Online

5. BRIsyariah

Selain e-commerce, layanan perbankan juga mulai menyediakan kurban online, salah satunya adalah BRIsyariah. Program ini bisa Anda akses melalui aplikasi BRIS Online. Aplikasi qurban online ini diketahui bekerja sama dengan Baznas, ACT, Rumah Zakat, dan lembaga penyalur lainnya.

Prosesnya pun sama, Anda hanya perlu membayar harga hewan kurban yang dipilih dan menyerahkan proses kurbannya ke lembaga penyalur. 

6. Kitabisa

Layanan crowdfunding Kitabisa juga ikut serta dalam menyediakan layanan qurban online. Di platform ini Anda bisa memilih kurban online berdasarkan lokasi kurban atau harga hewan kurban. 

Cukup kunjungi situsnya, lalu klik poster kurban yang ada di halaman utama. Setelah memilih lokasi jenis hewan kurban dan lokasi penyaluran, Anda akan diminta mengisi data diri lalu melakukan transaksi pembayaran. 

7. Gojek

Aplikasi penyedia qurban online yang juga bisa Anda pilih adalah Gojek. Layanan qurban online bisa Anda temukan di menu GoGive.

Nantinya, Anda akan diarahkan ke laman website. Pilih lokasi kurban dan jenis hewan kurban, masukkan kuantitas hewan yang ingin Anda kurbankan, lalu isi data diri. Anda juga bisa menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran.

Itulah aplikasi penyedia layanan qurban online rekomendasi Rumahweb. Dengan adanya aplikasi kurban online ini, Anda tidak perlu khawatir karena hewan kurban akan disalurkan oleh lembaga yang tepat. Semoga tahun ini Anda bisa ikut serta berkurban, ya. Aamiin!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing