Rumahweb Blog
banner artikel - Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran yang Islami

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran yang Islami

Idulfitri biasanya identik dengan kartu ucapan lebaran. Jika dulu hanya ada kartu fisik, maka kini Anda juga dapat membuat kartu digital sendiri! Simak artikel berikut untuk mengetahui cara membuat kartu ucapan lebaran digital!

Jika kartu fisik dapat dikirimkan bersama dengan parcel atau hampers Lebaran, maka kartu versi digital sangat berguna untuk dikirim ke grup keluarga, grup pertemanan, maupun ke media sosial!

Meskipun demikian, terlepas dari apapun bentuknya, kartu ucapan menjadi hal yang istimewa karena kita bisa berbagi kasih sayang dan saling mengirimkan doa untuk teman ataupun saudara.

Pesatnya kemajuan teknologi tentu memudahkan Anda dalam membuat desain secara online, atau bahkan melalui HP saja! Anda pun juga dapat membuat kartu ucapan lebaran sendiri, hanya dengan berbekal aplikasi desain di HP.

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran

Untuk membuat kartu ucapan lebaran yang menarik dan tetap islami, Anda bisa menggunakan aplikasi desain di HP, seperti Canva dan Muslim Greetings. Dalam situsnya, mereka menyediakan berbagai template yang bisa Anda gunakan sebagai desain kartu ucapan Anda.

Lalu bagaimana cara membuat kartu ucapan lebaran menggunakan Canva dan Muslim Greetings? Simak penjelasan selengkapnya dari Rumahweb Indonesia!

Canva 

Berikut adalah cara membuat kartu ucapan lebaran menggunakan Canva yang bisa Anda coba:

  1. Login ke akun Canva
Login ke canva

Langkah pertama untuk membuat kartu ucapan lebaran di Canva adalah dengan login ke akun Canva. Jika Anda belum memiliki akun Canva, silakan daftar terlebih dahulu dengan panduan berikut.

  1. Cari Template Kartu Ucapan Lebaran Sesuai Keinginan
Cari Template Kartu Ucapan Lebaran

Selanjutnya, Anda bisa memilih berbagai template kartu ucapan lebaran yang cocok dengan kebutuhan dan keinginan. Canva menyediakan ratusan template yang bisa digunakan langsung secara gratis maupun berbayar.

  1. Mulai Desain Kartu Ucapan Lebaran Anda
Desain Kartu Ucapan Lebaran

Setelah memilih template kartu ucapan lebaran yang diinginkan. Langkah selanjutnya adalah mendesain kartu ucapan tersebut dengan menambahkan nama, kalimat ucapan, serta gambar agar kartu ucapan semakin menarik.

  1. Gunakan Tambahan Elemen Menarik Lainnya
cara membuat kartu ucapan lebaran

Apakah Anda merasa desain yang dibuat pada kartu ucapan lebaran masih kurang menarik? Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan elemen ilustrasi yang disediakan Canva. Anda bisa menyesuaikan ilustrasi tersebut dengan desain yang dibuat. 

  1. Simpan dan Bagikan Kartu Ucapan Lebaran Anda
simpan kartu ucapan lebaran

Terakhir, Anda bisa langsung menyimpan desain yang dibuat dengan berbagai format, mulai dari JPG sampai PDF. Setelahnya, Anda bisa membagikan desain  kartu ucapan lebaran ke teman atau kolega melalui WhatsApp, Instagram, Facebook, atau platform lainnya.

Muslim Greetings

Selain menggunakan Canva, Anda bisa menggunakan aplikasi Muslim Greetings untuk membuat kartu ucapan lebaran Islami. Berikut ini adalah cara membuat kartu ucapan menggunakan Muslim Greetings:

  1. Download Aplikasi Melalui Google Play Store/App Store
download Muslim Greetings

Aplikasi ini memiliki ukuran 11MB dan sudah diunduh oleh 10 ribu pengguna di Play Store. Anda bisa download aplikasi ini melalui HP dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi terinstall.

  1. Mulai Desain Kartu Ucapan Lebaran Anda
Desain Kartu Ucapan Lebaran

Buka aplikasi tersebut, dan cari desain kartu ucapan lebaran sesuai keinginan. Tambahkan teks ucapan dan juga kaligrafi agar kartu ucapan menjadi lebih menarik. Selain itu, Anda bisa menambahkan latar foto seperti gambar pemandangan, masjid, atau foto lebaran Anda, untuk membuat desain kartu semakin Islami.

  1. Bagikan Kartu Ucapan Anda

Simpan dan bagikan kartu ucapan lebaran Anda pada teman, kolega, atau keluarga melalui berbagai platform media sosial dan perpesanan yang dimiliki.

Saling berbagi kartu ucapan lebaran digital dapat menjadi momentum yang tepat untuk menjaga tali silaturahmi dan saling bermaaf-maafan dengan keluarga, teman, maupun kolega di manapun berada.

Itulah dua cara membuat kartu ucapan lebaran yang sudah dirangkum Rumahweb Indonesia. Semoga bermanfaat, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents