Rumahweb Blog
banner blog - 10 Ide Jualan Online yang Paling Banyak Dicari Tahun 2021

10 Ide Jualan Online yang Paling Banyak Dicari Tahun 2021

Untuk menunjang kesuksesan jualan online yang dirintis, sebaiknya Anda mencari ide jualan online yang populer dan banyak diminati. Caranya dengan melihat tren di internet melalui Google Trends, atau melakukan survey produk yang banyak diiklankan di media sosial.

Selain mencari tahu tren yang ada di internet atau media sosial, simak artikel berikut untuk mengetahui 10 ide jualan yang banyak dicari di tahun 2021!

Kelebihan Jualan Online

Tahukah Anda bahwa Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia? Rata-rata uang yang dibelanjakan oleh masyarakat Indonesia mencapai Rp3,19 juta per orangnya.

Hal ini tentu sudah membuktikan bahwa jualan online tentu akan lebih menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Selain berdasarkan data di atas, berikut tiga kelebihan jualan online yang dapat menjadi pertimbangan:

1. Tidak Perlu Menyediakan Toko Fisik

Berbeda dengan jualan offline di mana Anda harus menyiapkan tempat untuk penyimpanan barang, administrasi, hingga display produk, dengan jualan online Anda dapat melakukan semua hal itu hanya di satu tempat virtual saja.

Dengan sedikitnya tempat yang dibutuhkan untuk memulai jualan online, modal yang dikeluarkan tentu juga akan lebih sedikit. Faktanya, dengan sistem dropship, Anda cukup mengandalkan gadget dan kuota internet saja untuk dapat memulai jualan online!

2. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Dengan jualan offline, Anda hanya dapat menjangkau konsumen yang berlokasi di sekitar toko. Misalnya pada satu kota atau provinsi yang sama karena konsumen harus mendatangi toko fisik untuk dapat membeli.

Berbeda dengan jualan online, di mana Anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas lagi, dalam satu negara, atau bahkan di negara lain. Hal ini karena untuk dapat membeli produk Anda, konsumen cukup membelinya secara online dan barang tersebut akan dikirimkan ke rumah mereka.

3. Mudah Dijalankan

Sederhananya, modal untuk berjualan online hanyalah gadget dan kuota internet. Anda tidak perlu menyiapkan toko fisik, mengurus perizinan, menyimpan stok barang yang banyak, serta membuka dan menjaga toko fisik seharian penuh.

Jualan online dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Cukup berbekal gadget dan jaringan internet, Anda dapat mengelola pesanan yang masuk. Kemudahan ini dapat dipertimbangkan sebagai salah satu alasan untuk terjun ke dunia jualan online.

Ide Jualan Online Paling Banyak Dicari

Ada berbagai jenis produk yang dapat dijual secara online, mulai dari makanan, obat-obatan, hingga pakaian. Berikut ini adalah 10 ide jualan online yang paling banyak dicari di tahun 2021:

1. Pakaian

Ide jualan online pertama adalah pakaian, salah satu barang yang selalu dicari dan digunakan oleh semua orang adalah pakaian. Faktanya, menurut data dari Nielsen, fashion menduduki peringkat pertama sebagai kategori produk yang dicari oleh konsumen.

Berdasarkan fakta tersebut maka tidak ada salahnya Anda mencoba ide jualan online ini. Ada berbagai produk yang dapat dijual pada kategori pakaian, mulai dari pakaian tidur, pakaian perempuan, pakaian pria, pakaian anak, dan masih banyak lagi.

Untuk meningkatkan peluang produk dibeli, sesuaikan pakaian yang akan dijual dengan tren yang ada di masyarakat saat ini. Misalnya, pakaian model korea atau pakaian muslim.

Anda dapat menjual ide jualan online ini di toko online sendiri, maupun mengunggahnya di marketplace, seperti Shopee, yang dikenal sebagai marketplace nomor satu produk pakaian atau fashion perempuan.

2. Sepatu

Sepatu menjadi salah satu produk yang mulai banyak dicari oleh kebanyakan orang. Anda dapat menerapkan ide jualan online ini dengan menjadi reseller sepatu dari luar negeri, atau mencoba membuat brand lokal Anda sendiri.

Dalam ide jualan online ini, Anda dapat menjual aneka jenis sepatu, mulai dari sepatu heels, pantofel, olahraga, dan masih banyak lagi. Untuk semakin menunjang keberhasilan ide jualan online ini, Anda tentu harus memperhatikan tren yang sedang diminati oleh masyarakat.

3. Tas

Selain pakaian, tas adalah salah satu komoditas yang digunakan oleh hampir semua orang, sesuai kebutuhannya masing-masing. Sama seperti sepatu, ada berbagai jenis produk yang dapat dijual untuk mengakomodir berbagai gaya dan kebutuhan.

Mulai dari tas ransel, tas laptop, handbag, totebag, dan lain sebagainya. Satu orang biasanya memiliki beberapa tas yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya, misalnya tas untuk bekerja dan bepergian.

4. Produk Kecantikan

Sama seperti pakaian, ada berbagai jenis produk yang dapat ditawarkan pada ide jualan online ini. Mulai dari produk skin care hingga berbagai jenis make up. Anda dapat menjual produk lokal atau luar negeri yang sedang disukai dan digunakan oleh banyak orang.

Ketika memutuskan untuk berjualan produk kecantikan, pastikan produk yang Anda jual sudah mengantongi izin dari BPOM untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, pastikan juga keaslian produk yang dijual.

5. Elektronik dan Gadget

Di era serba digital seperti sekarang ini, semakin banyak bermunculan berbagai produk elektronik yang dapat membantu menunjang aktivitas pribadi, pekerjaan, hingga rumah tangga.

Selain itu, hampir setiap tahun selalu ada inovasi peralatan elektronik dan gadget dengan spesifikasi dan fitur yang lebih canggih yang membuat orang-orang semakin tergiur untuk selalu memiliki produk-produk terbaru ini.

Oleh karena itu, produk elektronik dan gadget dapat dipertimbangkan sebagai salah satu ide jualan online yang akan selalu diminati. Untuk menunjang performa, pastikan juga Anda memahami tren yang ada.

6. Makanan

Siapa bilang bisnis makanan harus memiliki toko fisik? Ada berbagai jenis makanan yang dapat dijual secara online. Beberapa jenis makanan tersebut misalnya, makanan instan, snack kemasan, kue kering, dan frozen food.

Ada satu hal yang harus diperhatikan ketika memilih ide jualan online ini, yaitu umur penyimpanan makanan. Meskipun kebanyakan makanan kemasan memiliki tanggal kadaluarsa yang cukup lama, namun pastikan Anda tidak menimbun stok produk terlalu banyak.

Dikhawatirkan jika stok sudah mencapai tanggal kadaluarsa dan masih belum terjual habis, maka Anda harus membuang produk yang sudah tidak layak tersebut secara sia-sia.

7. Peralatan Rumah Tangga

Ide jualan online peralatan rumah tangga cukup diminati dan banyak dicari di berbagai marketplace. Selain karena harga yang ditawarkan secara online biasanya lebih murah, orang-orang tidak perlu menghabiskan waktu untuk keluar rumah dan mencari produk yang diinginkan.

Dengan ide jualan online ini, Anda dapat menjual mesin jahit mini, blender, cetakan roti, oven, bed cover, dan masih banyak lagi.

8. Peralatan Olahraga

Semakin banyak orang yang kini menyadari pentingnya olahraga membuat ide jualan online ini semakin menjanjikan. Apalagi, mengingat kondisi pandemi seperti saat ini yang masih membuat kita harus membatasi aktivitas di luar rumah, termasuk untuk berolahraga.

Ada berbagai produk yang dapat dijual pada ide jualan online ini, misalnya treadmill, bola basket, raket, yoga mat, dan masih banyak lagi.

9. Mainan

Pada ide jualan online ini, produk yang dijual tidak hanya mainan untuk anak-anak, tetapi juga mainan yang disukai oleh orang dewasa. Contohnya, lego, nintendo, puzzle, action figure, dan masih banyak lagi.

Dewasa ini, orang-orang cenderung lebih suka berbelanja produk mainan secara online karena harganya yang lebih murah. Selain itu, pilihan yang ditawarkan relatif lebih lengkap.

10. Perlengkapan Bayi

Bagi para orangtua baru, belanja online menjadi salah satu cara belanja yang diminati. Selain tidak perlu repot-repot keluar rumah, biasanya harga yang ditawarkan pada berbagai toko online cenderung lebih murah.

Oleh karena itu, ide jualan online ini dapat menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. Anda dapat menjual berbagai kebutuhan bayi, mulai dari popok hingga stroller.


Berikut tadi 10 ide jualan online yang populer di tahun 2021 ini. Bagi Anda yang ingin memulai berjualan online melalui marketplace, simak artikel berikut cara jualan online untuk pemula untuk mengetahui daftar marketplace paling populer di Indonesia.

Baca juga artikel tentang 10 Cara Jualan Online Tanpa Modal yang Efektif di Tahun 2021 di Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda