Rumahweb Blog
banner blog - 10 Cara Jualan Online Tanpa Modal yang Efektif di tahun 2021

10 Cara Jualan Online Tanpa Modal yang Efektif di Tahun 2021

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan secara online. Berjualan online bukan berarti Anda harus menyiapkan biaya yang besar. Ada berbagai cara jualan online tanpa modal yang efektif dan mudah dilakukan.

Kecenderungan masyarakat Indonesia untuk berbelanja online membuat toko online semakin diminati oleh masyarakat. Fakta bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi juga semakin menunjang pertumbuhan bisnis online di Indonesia.

Meskipun demikian, jualan online masih identik dengan dengan modal yang besar dan persiapan yang rumit. Padahal faktanya, ada berbagai peluang usaha yang tidak membutuhkan modal besar, bahkan tanpa modal sama sekali.

Peluang Jualan Online Tanpa Modal

Peluang Jualan Online Tanpa Modal

Ada banyak produk yang dapat dijual secara online, mulai dari produk fisik hingga jasa. Berikut 5 peluang jualan online tanpa modal yang dapat dilakukan dengan mudah:

1. Menjadi Reseller

Siapa bilang jualan online membutuhkan biaya yang besar? Dengan menjadi reseller, Anda dapat menjual produk-produk berkualitas tanpa harus menyiapkan modal besar dan memiliki stok produk.

Ketika ada pesanan baru yang masuk, Anda cukup meneruskannya ke produsen dan produsen yang akan mengirimkan produk tersebut ke alamat reseller atau alamat penerima, tergantung kebijakan masing-masing produsen.

Sederhananya, cukup bermodalkan media sosial, website atau e-commerce, serta strategi pemasaran dan promosi yang efektif, maka Anda dapat meraup keuntungan yang besar.

2. Artikel Placement Review

Tidak melulu produk fisik, Anda dapat menjual jasa sebagai penulis blog dengan membuat artikel placement review. Apa itu placement review? Singkatnya, artikel jenis ini berisi review atau ulasan terhadap suatu produk atau jasa.

Suatu perusahaan dapat meminta blogger yang diinginkan untuk menulis artikel review terhadap produk yang mereka tawarkan. Tujuan utamanya adalah untuk mengenalkan atau mempromosikan suatu produk ke pembaca blog.

Selain itu, artikel placement review ini juga dapat dimanfaatkan untuk menambah backlink dari blog ke situs perusahaan tersebut. Link ini penting untuk menunjang SEO di Google.

3. Jualan Online Sistem Dropship

Selain menjadi reseller, Anda dapat memulai jualan online dengan sistem dropship, atau menjadi dropshipper. Cara jualan online tanpa modal ini sangat mudah dilakukan, karena Anda tidak perlu menyiapkan modal besar untuk memulai jualan online.

Hampir sama seperti menjadi reseller, Anda cukup mempromosikan produk yang ingin dijual tanpa harus menimbun stok. Perbedaannya, dalam sistem dropship Anda dapat menggunakan nama brand sendiri untuk menjual produk dari produsen.

4. Affiliate Marketing

Apakah Anda pernah menonton video di YouTube atau membaca di blog yang menampilkan suatu produk lengkap dengan link atau kode diskon yang dapat digunakan sebagai kode diskon ketika Anda membeli produk tersebut?

Aktivitas tersebut termasuk ke dalam affiliate marketing, di mana content creator akan memasang link atau kode khusus di konten mereka dan mendapatkan komisi jika ada audiens yang membeli dari link, atau menggunakan kode khusus tersebut.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin memulai bisnis affiliate marketing adalah perusahaan biasanya lebih menyukai traffic yang berkualitas untuk meningkatkan kemungkinan audiens membeli produk tersebut.

5. Menjual Foto atau Desain

Foto dan desain adalah salah satu komoditas yang paling banyak dicari secara online. Anda dapat menjual hasil karya Anda di berbagai situs yang khusus menjual produk-produk seperti foto dan desain.

Beberapa situs tersebut misalnya Creativemarket, Adobe Stock, Shutterstock, dan masih banyak lagi. Simak artikel berikut untuk mengetahui 3 tips cara jual foto online.

Cara Jualan Online Tanpa Modal

Cara Jualan Online Tanpa Modal

Setelah mengetahui berbagai peluang jualan online tanpa modal, selanjutnya Anda harus melakukan berbagai strategi untuk menarik minat pembeli. Berikut 10 cara jualan online tanpa modal yang dapat dilakukan:

1. Memanfaatkan Media Sosial

Cara jualan online yang pertama adalah menggunakan media sosial. Media sosial merupakan salah satu media pemasaran yang harus dimaksimalkan penggunaannya untuk mengenalkan dan memasarkan produk atau jasa  yang dijual secara online.

Ada berbagai platform media sosial yang dapat digunakan, seperti Instagram, Facebook, Twitter, bahkan LinkedIn. Pastikan Anda memilih platform yang sesuai dengan target konsumen yang disasar agar pemasaran yang dilakukan lebih efektif.

Selain digunakan untuk mengenalkan dan memasarkan produk, kini media sosial juga sudah mulai menambahkan fitur belanja online di mana penggunanya dapat membeli suatu produk secara langsung dari media sosial tersebut, tanpa perlu repot mengakses website atau e-commerce toko online yang diinginkan.

2. Tentukan Produk atau Jasa yang Ingin Dijual

Secara umum, ada dua jenis produk yang dapat dijual secara online, yaitu produk fisik dan produk jasa. Sebelum memutuskan untuk memulai jualan online, putuskan produk apa yang ingin dijual.

Pastikan Anda benar-benar mengetahui dan memahami produk yang akan dijual sebelum terjun ke dunia jualan online. Hal ini akan mempermudah dalam membalas pesan masuk dari pelanggan ataupun melakukan berbagai strategi pemasaran.

Hampir tidak ada batasan produk yang dapat dijual online. Mulai dari makanan, pakaian, hingga software atau desain. Simak artikel berikut untuk mengetahui 10 ide jualan online yang populer saat ini.

3. Pelajari Produk dan Jasa yang Diperdagangkan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setelah memutuskan produk apa yang ingin dijual, Anda juga harus memahami produk tersebut. Memahami berarti Anda mengetahui spesifikasi produk, komposisi produk, kualitas yang ditawarkan, cara perawatan, dan lain sebagainya.

Informasi-informasi ini harus dipahami agar jika ada pelanggan yang menanyakan informasi lebih lanjut seputar produk yang dijual, Anda dapat menjawabnya dengan mudah.

Selain membantu dalam menjawab pertanyaan dari pelanggan, pengetahuan dan pemahaman akan produk yang dijual dapat menjadi salah satu pondasi awal bagi Anda dalam membuat strategi pemasaran yang efektif.

4. Mencari Target Konsumen yang Tepat

Mencari dan menentukan target konsumen merupakan salah satu cara jualan online tanpa modal yang harus dilakukan bahkan sebelum toko online dapat diakses melalui internet.

Dengan cara jualan online tanpa modal ini, nantinya Anda dapat menentukan platform jualan online apa yang paling sesuai untuk digunakan. Selain itu, target konsumen juga berguna untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif.

5. Mendaftar di Marketplace Terkenal

Salah satu cara jualan online tanpa modal termudah yang dapat dilakukan adalah mendaftarkan jualan online Anda di marketplace terkenal. Dengan cara jualan online tanpa modal ini, toko online bisa mendapatkan exposure dengan lebih mudah.

Hal ini karena dengan menggunakan marketplace sebagai platform jualan online, produk yang dijual dapat dilihat oleh pelanggan yang mencari dengan kata kunci yang sesuai.

Selain meningkatkan exposure, dengan cara jualan online tanpa modal ini Anda tidak perlu repot membuat website sendiri. Cukup dengan mengisi beberapa kolom identitas dan toko online Anda sudah siap menerima pesanan tanpa dipungut biaya.

Simak artikel berikut untuk mengetahui daftar marketplace yang populer di Indonesia.

6. Buat Website Toko Online

Selain berjualan di platform media sosial atau e-commerce, membuat website toko online sendiri juga menjadi salah satu cara jualan online tanpa modal yang efektif dan dapat diaplikasikan.

Membuat website sendiri bukan berarti Anda harus memahami bahasa pemrograman dan mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah. Sebagai cara jualan online tanpa modal, Anda dapat menggunakan platform website builder seperti WordPress atau Blogspot untuk dapat membuat website secara gratis.

Kelebihan dari penggunaan website adalah dapat diubah kapanpun. Gunakan fitur-fitur standar terlebih dahulu untuk membuat website landing page atau website toko online sederhana dan lakukan upgrade seiring berjalannya waktu.

7. Beri Nilai Tambah

Ada berbagai produk maupun jasa yang dapat ditawarkan sebagai jualan online. Meskipun demikian, akan selalu ada toko online lain yang akan menjadi pesaing bagi jualan online Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya berikan nilai tambah pada produk yang dijual. Nilai tambah ini dapat diwujudkan dengan memberikan layanan yang cepat dan tanggap, atau bisa juga dengan memberikan garansi produk.

Cara jualan online tanpa modal ini dapat meningkatkan kredibilitas toko online. Semakin bagus nilai jual yang ditambahkan, maka pelanggan akan semakin mempercayai toko online tersebut. 

8. Ikuti Perkembangan Tren yang Ada

Tidak hanya sembarangan memilih jenis produk yang dijual, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebagai cara jualan online tanpa modal. Salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah popularitas produk yang ingin dijual.

Pastikan untuk mengikuti perkembangan tren yang ada, agar produk yang dijual dapat bersaing dengan produk-produk dari kompetitor Anda. sebagai contoh, jika Anda memutuskan untuk berjualan pakaian wanita, pastikan Anda mengetahui tren pakaian terbaru dan menjual pakaian yang sesuai dengan tren yang ada.

Melalui cara jualan online tanpa modal ini, Anda dapat mempertahankan pelanggan, atau bahkan menarik pelanggan baru yang sedang mencari pakaian tren terbaru.

9. Gunakan Google My Business

Salah satu cara jualan online tanpa modal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis adalah dengan membuat akun Google My Business.

Melalui Google My Business, pelanggan dapat memberikan review dan rating terhadap pelayanan dan kualitas produk Anda. Selain itu, Google My Business dapat memudahkan pelanggan dalam mencari informasi terkait bisnis Anda.

10. Lakukan Pemasaran dengan Efektif

Dengan cara jualan online tanpa modal ini, Anda dapat menarik banyak pelanggan baru dan meningkatkan brand awareness bisnis online. Ada satu hal yang harus diperhatikan untuk dapat menyusun strategi pemasaran yang efektif.

Langkah paling awal untuk dapat menyusun strategi pemasaran adalah mengetahui siapa target konsumen Anda. kelompokkan target konsumen berdasarkan usia, gender, hobi, dan lainnya. Dengan informasi ini, Anda dapat menyusun strategi yang sesuai dengan target konsumen yang telah ditentukan.

Berikut tadi berbagai peluang dan cara jualan online tanpa modal yang dapat dipraktikkan. Selain berbagai cara di atas, untuk dapat memiliki usaha jualan online yang berhasil, Anda juga harus tekun dan selalu mengikuti tren yang ada.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda