Rumahweb Blog
banner blog - Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Anda masih baru dalam menjalankan bisnis online dan bingung cara agar produk Anda menjangkau banyak orang? Coba jualan di Shopee saja! Simak artikel ini untuk mengetahui cara jualan di Shopee agar bisnis Anda laku keras!

Shopee bisa merupakan platform yang cocok digunakan oleh pebisnis pemula, karena secara umum, marketplace yang identik dengan warna oranye ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Shopee sering melakukan marketing yang menarik untuk memperkuat brand mereka. Salah satunya, adalah menggaet penyanyi terkenal, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk mengadakan konser yang disiarkan di stasiun televisi nasional.

Seiring dengan popularitas Shopee yang semakin meningkat, banyak orang yang memutuskan menjadi seller di Shopee, baik sebagai usaha sampingan maupun sumber pemasukan utama. Momentum ketenaran Shopee ini harus Anda manfaatkan untuk memajukan bisnis jualan online Anda!

Baca juga: 10 Ide Jualan Online yang Paling Banyak Dicari Tahun 2021

Keunggulan Jualan di Shopee

Sebagai platform berjualan, Shopee menawarkan banyak keuntungan bagi siapapun yang mau berjualan di dalamnya, antara lain:

  • Praktis, karena hanya dengan bermodalkan smartphone Anda sudah bisa memasarkan bisnis Anda. Cocok untuk mahasiswa atau ibu rumah tangga yang tetap ingin mendapatkan penghasilan dan bisa dijalankan dari rumah
  • Memiliki konsumen yang sudah banyak dan masih akan terus berkembang di masa mendatang
  • Sudah terintegrasi dengan jasa pengiriman paket
  • Sering menawarkan banyak promo menarik, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Cara Jualan di Shopee

Berikut ini cara jualan di Shopee untuk pemula yang harus dilakukan agar produk bisnis Anda bisa menjangkau konsumen yang luas:

1. Daftar Jualan di Shopee

cara daftar Jualan di Shopee

Hal pertama yang harus Anda lakukan, tentu saja adalah mendaftar dan membuat akun di Shopee. Karena tanpa memiliki akun, Anda tidak bisa melakukan aktivitas jual beli. Cara daftar jualan di Shopee, Anda hanya diharuskan memiliki akun email dan nomor ponsel yang aktif.

Setelah mengisi formulir secara lengkap, Anda akan menerima email aktivasi atau SMS yang berisi kode OTP. Gunakan email atau kode OTP yang Anda dapatkan untuk memverifikasi akun dan menyelesaikan proses pendaftaran.

2. Membuka Toko

cara membuka toko di shopee

Setelah berhasil membuat akun, Anda sudah bisa mulai untuk membuka toko, dengan cara:

  • Buka Shopee melalui desktop
  • Klik Seller Centre yang ada di pojok kiri atas
  • Isi profil toko Anda, yang meliputi nama, deskripsi, foto profil, dan gambar banner.

Jika sudah melalui tahap ini, pada dasarnya Anda sudah resmi memiliki sebuah toko di Shopee. Selanjutnya, silakan lengkapi alamat toko dan jasa pengiriman yang akan digunakan. Jangan lupa juga untuk mengatur rekening bank yang digunakan untuk melakukan pencairan dana hasil jualan Anda.

3. Mengunggah Produk

Mengunggah Produk

Sekarang waktunya Anda untuk mengunggah produk-produk yang akan Anda tawarkan pada konsumen. Untuk lebih menarik, pastikan Anda menyiapkan foto produk dengan kualitas tinggi untuk diunggah ke akun toko Anda. Pastikan foto produk bisa memperlihatkan produk secara jelas, baik dari segi bentuk, warna, maupun ukuran, untuk memudahkan calon pembeli memahami produk Anda.

Isi detail produk yang untuk melengkapi foto produk, seperti nama produk, jenis, deskripsi, ukuran, merek, dan lainnya. Shopee kemudian akan melakukan pemeriksaan dan verifikasi produk yang Anda jual dalam kurun waktu 1 x 24 jam di hari kerja.

4. Mempromosikan Toko dan Produk

Mempromosikan Toko dan Produk

Saat proses verifikasi selesai dilakukan oleh Shopee, maka produk Anda sudah bisa dimunculkan di etalase toko. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan promosi. Promosi dilakukan tentu saja agar barang dagangan Anda bisa dilihat oleh calon pengunjung, mempertimbangkannya, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli. Shopee memberi kesempatan bagi para penjual untuk melakukan boost terhadap produk-produk mereka setiap empat jam sekali.

Cara promosi lainnya yang lumrah dilakukan adalah dengan membagikan link jualan Anda melalui media sosial.

Baca juga: 10 Cara Jualan Online Tanpa Modal

Cara menjual barang di Shopee

Agar cara jualan di Shopee Anda lengkap, jangan lupa siapkan strategi penjualan online agar produk Anda bisa menjangkau calon konsumen seluas mungkin, dengan harapan tingkat konversi dan penjualan menjadi tinggi. Berikut ini lima tips strategi jualan online yang bisa Anda terapkan di Shopee.

1. Gunakan Fitur Gratis Pengiriman

Gunakan Fitur Gratis Pengiriman - cara jualan di shopee

Shopee menyediakan fitur gratis biaya pengiriman atau ongkir dengan minimal belanja mulai dari Rp 0, Rp 30.000,  Rp 90.000, dan Rp 200.000. Program gratis ongkir ini merupakan salah satu daya tarik terbesar yang jelas akan sangat dipertimbangkan oleh calon pembeli.

Segera aktifkan fitur tersebut, karena untuk mengaktifkannya, syaratnya hanya foto KTP dan swafoto Anda sedang memegang KTP. Jika fitur ini sudah Anda aktifkan, maka saat pembeli menggunakan voucher gratis ongkir, Anda tidak perlu lagi membayar biaya pengiriman kepada jasa ekspedisi.

2. Perbanyak Varian Produk

Perbanyak Varian Produk - cara jualan di shopee

Strategi ini mungkin tidak bisa langsung dijalankan di awal. Namun, saat toko Anda sudah berangsur ramai dan mulai dikenali masyarakat, mulailah untuk melakukan diversifikasi produk, atau memperbanyak varian dagangan.

Semakin banyak produk yang ditampilkan dalam etalase toko, semakin besar pula kemungkinan mendapatkan pembeli. Jika produk yang ditampilkan oleh toko Anda berjumlah kurang dari lima buah, sudah bisa dipastikan akan lebih sulit untuk memperoleh pembeli.

Untuk mempermudah penjual dalam melakukan proses upload agar tidak terlalu memakan banyak waktu, Shopee sudah menyediakan fitur upload secara massal.

3. Buat Produk yang Banyak Dicari Konsumen

Sebagai pedagang online, Anda dituntut harus pandai membaca tren yang tengah berkembang di tengah masyarakat. Penjualan Anda akan naik secara pesat apabila Anda menawarkan produk yang tingkat permintaannya sedang tinggi alias sedang banyak dicari orang.

Agar bisa unggul saat bersaing dengan penjual lain yang menjual produk serupa, coba untuk menawarkan produk Anda dengan harga yang lebih rendah. Tentu saja, setelah melalui proses penghitungan jika dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan, dan seberapa besar Anda ingin mengambil untung.

4. Tingkatkan Jumlah Follower Toko

Seperti layaknya media sosial, Shopee juga memberlakukan fitur follower dan following untuk setiap akunnya. Jumlah follower sangat mempengaruhi performa penjualan sebuah toko.  Semakin banyak pengikut atau followers toko Anda, semakin besar juga kepercayaan pelanggan terhadap toko. Efeknya, konsumen akan nyaman dan memutuskan untuk membeli produk yang mereka cari di toko Anda.

Maka, saat awal pembentukan toko, fokuslah untuk meningkatkan followers terlebih dahulu.

5. Ikuti Program Khusus dari Shopee

Sebagai platform marketplace, Shopee menyediakan banyak program khusus yang bisa dimanfaatkan oleh para penjual di dalamnya. Salah satu yang paling ditunggu oleh konsumen adalah flash sale.Flash sale merupakan program penjualan produk dengan harga diskon dalam rentang waktu singkat yang sudah ditentukan.

Program flash sale bisa diikuti oleh semua pengguna Shopee dan sudah cukup dikenal oleh masyarakat, sehingga sebagai penjual, Anda akan rugi jika tidak memanfaatkannya.

Demikian artikel tentang cara jualan di Shopee dari Rumahweb Blog, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana