Rumahweb Blog
Banner - Google AdSense adalah

Google AdSense: Pengertian, Cara Kerja, dan Cara Daftarnya

Google AdSense adalah salah satu program dari Google yang menawarkan kerjasama periklanan secara online. Dengan Google AdSense, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Tak jarang, para konten kreator menggarap website maupun YouTube dengan sangat serius, untuk mendapatkan pundi-pundi uang melalui Google AdSense ini.

Bagi Anda yang belum tahun tentang apa itu Google AdSense, berikut Rumahweb telah merangkumnya secara rinci melalui artikel di bawah ini. Mari disimak!

Apa Itu Google AdSense

Perkembangan internet saat ini membuat siapa pun bisa menghasilkan uang secara online, salah satunya melalui Google AdSense. Google AdSense adalah layanan periklanan berbasis CPC (Cost-per-click) yang memungkinkan pemilik website mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang.

Hingga saat ini, lebih dari dua juta orang memilih Google AdSense sebagai tempat untuk mendulang penghasilan secara online. Para pemilik website beramai-ramai mendaftarkan website mereka agar bisa menampilkan iklan di dalamnya. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan penghasilan selama iklan tersebut tayang.

Google AdSense adalah layanan yang akan menampilkan iklan dalam bentuk teks, gambar, maupun video. Biasanya jenis iklan disesuaikan dengan minat atau ketertarikan pengunjung.

Iklan-iklan ini akan dipasang oleh pemilik bisnis yang ingin mempromosikan produk mereka. Biaya yang dikeluarkan oleh pengiklan itulah yang nantinya masuk ke kantong Anda, sebagai pemilik website.

Tidak hanya website, aaat ini Anda juga bisa mendaftar Google AdSense untuk account YouTube.

Cara Kerja Google Adsense

Pada dasarnya, cara kerja Google AdSense tidaklah rumit. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pemilik bisnis akan mengeluarkan biaya sesuai dengan jenis atau bentuk iklan yang mereka pilih.

Google AdSense akan mencocokkan iklan dengan website yang dinilai sesuai, berdasarkan jenis konten dan demografi pengunjung. Lalu, produk mereka pun akan  diiklankan di website tersebut, dan sang pemilik website mendapat bayaran atas ruang iklan yang mereka sediakan.

Secara ringkas, cara kerja Google AdSense adalah sebagai berikut:

  1. Pemilik website menyediakan ruang iklan dan lokasi iklan tersebut akan ditampilkan pada website.
  2. Pengiklan akan melakukan bid agar iklannya ditampilkan di website Anda, iklan yang memberi penawaran tertinggi lah yang akan ditampilkan di website.
  3. Pihak Google akan menangani proses penagihan terhadap pengiklan yang memakai ruang iklan di website Anda dan memastikan Anda mendapat bayaran yang sesuai.

BACA JUGA: Google Gravity: Pengertian dan Cara Membuatnya

Kelebihan Google Adsense

Google AdSense adalah salah satu layanan untuk periklanan di internet. Jadi, sebenarnya ada beberapa layanan iklan lain, seperti Media Net, Idblognetwork, Adstar, dan lain sebagainya.

Namun Google AdSense adalah layanan iklan yang paling diminati oleh pengiklan untuk mempromosikan produk mereka, karena keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan. Beberapa kelebihan dari Google AdSense adalah:

1. Menyajikan Iklan yang Tepat untuk Pengunjung

Google AdSense akan menyeleksi iklan yang dianggap relevan dengan website Anda berdasarkan jenis konten dan juga demografi pengunjung.

Misalnya, jika Anda memiliki website kuliner, Google AdSense akan memasang iklan yang relevan dengan topik website, misalnya, iklan makanan, alat dapur, dan sejenisnya.

2. Pemilik Website Memegang Kendali

Sebagai penyedia ruang iklan, Anda memegang kendali penuh atas iklan yang ditampilkan di website Anda. Artinya, Anda bisa memblokir iklan yang tidak disukai, memilih jenis iklan yang dianggap paling sesuai dengan website Anda, bahkan menentukan letak atau tempat iklan akan ditampilkan.

3. Menggunakan Sistem Bid

Mungkin ada ratusan ribu pengiklan yang ingin mempromosikan produknya di website Anda, dengan tawaran harga yang beragam.

Google AdSense akan memastikan Anda mendapat penawaran terbaik. Dengan sistem bid, hanya iklan dengan bayaran paling mahal lah yang akan ditampilkan di website Anda. 

Cara Mendaftar Google AdSense

Google AdSense adalah layanan yang dikeluarkan oleh Google. Jadi, Anda dapat mendaftarkan diri dengan mudah. Syarat utamanya adalah akun Google (Gmail atau layanan Google lainnya) dan website berisi konten yang Anda buat sendiri dari awal.

Jika sudah, maka cara mendaftar Google AdSense adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs Google AdSense
  2. Klik menu Mulai.
halaman utama google adsense
  1. Login ke akun Google Anda.
Login ke Gmail
  1. Masukkan URL website Anda.
Mulai daftar Google AdSense
  1. Klik Ya pada pilihan apakah Anda ingin AdSense mengirimkan saran performa dan bantuan yang disesuaikan.
  2. Lengkapi formulir pembayaran dan pemilihan tampilan iklan > klik Ayo Mulai untuk menghubungkan website Anda dengan AdSense.
Masukkan informasi
  1. Klik Minta Peninjauan.
Minta pratinjau

Selanjutnya, cukup tunggu hasil peninjauan Google, yang akan memutuskan apakah website Anda layak untuk dipasangi iklan atau tidak.

Bagi Anda yang ingin beriklan di blog, Rumahweb telah rangkum cara agar blog Anda diterima oleh Google AdSense pada artikel yang satu ini: Cara Agar Blog Diterima Google AdSense Secara Singkat.

Cara Mendapatkan Uang dari Google AdSense

Google AdSense adalah layanan pengiklanan yang berpeluang besar untuk Anda jadikan sumber penghasilan baru di internet. Agar mendapatkan uang dari layanan ini, Anda tentu perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut:

1. Fokuskan Konten 

Dengan memfokuskan tema website Anda, Google AdSense juga akan semakin mudah dalam menentukan jenis iklan yang cocok untuk dipasang. Memfokuskan konten juga membuat website Anda berpeluang besar muncul di laman pencarian.

Ada berbagai tema atau topik website yang bisa dicoba. Misalnya, Anda di bidang otomotif, kuliner, gaya hidup, atau yang lainnya.

2. Iklankan Website Anda

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan website Anda. Dengan demikian, traffic website akan meningkat, dan tentu saja, website Anda akan semakin atraktif di mata pengiklan.

BACA JUGA: Instagram Ads: Pengertian, Daftar, dan Cara Pasang Iklannya

3. Letakkan Iklan di Tempat yang Terlihat

Pengiklan tentu ingin agar iklannya bisa dilihat oleh banyak pengunjung, namun juga harus memastikan bahwa konten Anda juga masih terbaca dengan baik, alias tidak saling tumpang tindih dengan iklan.

Karena itulah, penting bagi Anda untuk merencanakan letak iklan yang strategis. Letakkan iklan di tempat masih dapat terlihat dengan mudah namun tidak menutupi konten Anda, begitu pula sebaliknya. 

4. Jangan Melanggar Peraturan

Cara terakhir untuk mendapatkan uang dari Google AdSense adalah mematuhi pedoman atau aturan yang dibuat oleh Google AdSense. Pastikan Anda memperhatikan apa saja aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan agar akun AdSense tidak dinonaktifkan oleh Google AdSense. 

Setelah berhasil mendaftarkan diri, maka selanjutnya Anda bisa menyimak berbagai tips meningkatkan pendapatan dari Google AdSense untuk meningkatkan performa website di mata Google AdSense.

Kesimpulan

Google AdSense adalah sebuah layanan yang dapat menjadi peluang sumber penghasilan baru di internet dengan memanfaatkan website atau blog yang sudah Anda miliki.

Demikian informasi kami tentang apa itu Google AdSense

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing