Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu CTR adalah

Apa Itu Click Through Rate (CTR) dan Cara Menghitungnya?

Click Through Rate atau CTR adalah metrik yang digunakan untuk mengukur rasio total impresi terhadap klik pada search engine. Lalu, apa itu CTR dan bagaimana cara menghitungnya?

Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia akan membahas tentang apa itu CTR, cara menghitungnya, hingga cara meningkatkannya. Simak sampai selesai!

Apa itu CTR?

Seluk beluk jagad per-website-an memang kompleks dan tak akan ada habisnya bila dibahas. Bagi yang baru terjun mendalami serba-serbinya, website memiliki banyak istilah yang bisa membuat Anda bingung.

Beberapa istilah yang mungkin terdengar asing bagi telinga orang awam misalnya, SEO, SEM, CRO, CTR, dan masih banyak lagi. 

Artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa itu CTR pada website, CTR adalah salah satu metrik digital marketing yang mengukur rasio total impresi terhadap klik pada mesin pencarian, iklan, email marketing, dan platform lainnya.

Sederhananya, pada iklan online, CTR adalah persentase orang yang mengakses halaman website dengan mengklik iklan yang mereka temui di internet. Anda dapat menjadikan CTR sebagai salah satu indikator keberhasilan pemasaran online yang dilakukan.

Promo Hosting Murah Rumahweb

BACA JUGA : Apa Itu Rate Card? Arti, Contoh dan Cara Membuatnya

Cara Menghitung CTR

Untuk menghitung CTR, rumus yang digunakan adalah:

cara menghitung CTR adalah dengan rumus berikut

Dengan keterangan sebagai berikut:

  • Total klik : jumlah orang yang mengklik link/iklan.
  • Total impresi : jumlah orang yang melihat link/iklan

Sebagai contoh, iklan Rumahweb mendapatkan 100 klik dan 20,000 impresi. Dengan menggunakan rumus di atas, maka nilai CTR-nya adalah:

Jadi, dapat disimpulkan bahwa nilai CTR dari iklan Rumahweb tersebut adalah 0,5%

CTR yang tinggi menunjukkan bahwa Anda memiliki konten yang relevan dan menarik di mata audiens. Semakin tinggi CTR, semakin sukses iklan tersebut.

Persentase CTR yang tinggi berarti iklan dapat menangkap minat audiens, dan berpengaruh secara signifikan terhadap keuntungan bisnis. Hal ini karena iklan tersebut dapat mengarahkan traffic pengunjung yang lebih berkualitas.

Berapa Persentase CTR Dianggap Baik?

Ada beberapa faktor yang memengaruhi persentase CTR, seperti platform, jenis kampanye, industri dan lainnya. Namun secara umum, CTR yang dianggap baik menunjukkan bahwa iklan mendapatkan perhatian pengguna dan memotivasi mereka untuk mengklik.

Berikut adalah beberapa persentase CTR yang dianggap baik menurut Rumahweb Indonesia.

Campaign Google Ads

Persentase CTR yang baik untuk iklan Google Adsense tergantung pada jenis kampanye dan kata kunci yang digunakan. Untuk klik dari Google Adsense berkisar antara 3-5%.

Email Marketing

Untuk kampanye email marketing, CTR yang baik dapat bervariasi antara 1% sampai 5%. Namun, persentase ini juga bergantung pada faktor industri dan seberapa banyak email dapat melibatkan pelanggan.

BACA JUGA : Promosi Produk dengan Website? Paling Ampuh dan Efektif!

Sosial Media

Yang terakhir adalah sosial media. CTR pada platform media sosial seperti TikTok, Facebook, Instagram, Twitter, atau Threads dapat bervariasi. Namun, CTR yang baik menurut kami pada sosial media berkisar 1-3 %.

Cara Meningkatkan CTR

Jika halaman yang dituju tidak relevan dan menarik, pengunjung cenderung tidak akan melakukan tindakan selanjutnya, seperti membeli atau mendaftar berlangganan. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan persentase CTR yang bisa Anda lakukan:

1. Membuat Copy yang Menarik

Copy atau teks yang menarik dalam iklan adalah salah satu poin utama untuk dapat memikat audiens. Coba ciptakan copy yang lebih menonjol dibanding iklan kompetitor lainnya. 

2. Meng-highlight Harga dalam Iklan

Mencantumkan harga produk di teks iklan dapat meningkatkan CTR. Apalagi, jika Anda mencantumkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitor lainnya. 

Hal ini karena teks harga pada iklan akan memberikan informasi tambahan pada audiens, tanpa mereka perlu mengklik link iklan tersebut. Semakin mudah audiens melihat penawaran harga, semakin besar kemungkinan mereka mengklik iklan tersebut.

3. Lakukan Eksperimen Iklan

Anda dapat memanfaatkan fitur di Google Ads untuk melakukan split test, di mana Anda dapat menguji 2-3 jenis copy iklan berbeda. Hasil pengujian ini dapat digunakan untuk mengetahui copy yang akan mendapatkan proporsi klik tertinggi.

CTR adalah salah satu metrik yang perlu diperhatikan agar iklan yang Anda pasang di internet dapat dikatakan berhasil.

Itulah penjelasan dari Rumahweb Indonesia mengenai apa itu CTR, cara menghitung, hingga meningkatkannya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Agnes Sony Tianinda

banner Pop Up - Hosting 99K