Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Font Pengertian, Fungsi dan Cara Downloadnya

Apa itu Font? Pengertian, Fungsi dan Cara Downloadnya

Font adalah gaya tulisan yang biasa digunakan saat mengetik di PC maupun HP. Tahukah Anda bahwa sebelum tersedia di perangkat digital, font adalah hasil dari ukiran tangan manusia? Faktanya, font sudah muncul sejak berabad-abad lalu.

Kemunculan font diperkirakan terjadi ketika teknik percetakan pertama kali ditemukan di daerah Asia Timur berabad-abad yang lalu. Ketika itu, orang-orang di China menggunakan cetakan balok kayu pada kain dan kertas.

Seiring perkembangan zaman dan beralihnya kebiasaan membaca dari kertas ke layar, pembuatan font tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi dilakukan secara digital. Kini font menjadi bagian penting dalam industri teknologi. Keberadaannya bahkan dapat memengaruhi minat individu yang menjadi target dalam pemasaran.

Pengertian Font

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, font adalah style, atau gaya tulisan, yang dapat digunakan di peranti lunak. Pada beberapa software, seperti Microsoft Word, gaya font ini dapat dibagi menjadi tiga: bold, italic, dan underline.

Bold bisa digunakan jika ingin tulisan Anda menjadi tebal, italic jika ingin tulisan menjadi miring, dan underline jika Anda ingin menggarisbawahi tulisan.

Namun, font juga bisa diartikan sebagai jenis huruf. Beberapa jenis font adalah Times New Roman, Calibri, Arial, Cambria, Comic Sans, dan masih banyak lagi lainnya. Berbagai font ini ada yang sudah tersedia di berbagai software, namun ada juga yang harus diunduh secara manual.

Sebelum membahas cara download font, ada baiknya Anda memahami fungsi dari icon font yang ada pada software populer, seperti Microsoft Word dan Excel. Simak penjelasan dari Rumahweb Indonesia berikut ini!

Fungsi dari Icon Font

Ketika Anda membuka Microsoft Word atau software lainnya, Anda akan menemukan sejumlah icon font. Fungsi dari icon font ini sangat banyak, di antaranya untuk mengubah tipe huruf, mengganti warna teks, mengubah ukuran teks, menebalkan tulisan, memiringkan tulisan, memberi garis bawah, mengubah huruf menjadi kapital atau kecil, dan memberi efek tulisan.

1. Font Style

Umumnya, font style pada software populer terdiri dari 3 jenis; bold (B), italic (I), dan underline (U). Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi bold font adalah untuk menebalkan huruf. Biasanya icon ini digunakan untuk menandai informasi penting dari suatu teks.

Kemudian, italic font adalah jenis font style yang digunakan untuk memiringkan huruf, dan biasanya digunakan untuk menulis istilah asing.

Underline font adalah font style terakhir yang dapat digunakan untuk memberi garis bawah suatu tulisan. Hampir sama seperti bold font, fungsi underline font adalah untuk menandai suatu informasi penting.

2. Font Size

Icon penting lainnya dari font adalah ukuran, atau font size. Icon ini dapat ditemukan pada tampilan home Microsoft Word, yang berfungsi untuk mengatur ukuran sebuah teks.

Biasanya, besar ukuran yang sudah tersedia dimulai dari 8, 9, 10, 11, 12, 14, 16, 18, 20, 22, 24, 26, 28, 36, 48, sampai 72. Namun, Anda juga bisa mengatur secara custom dengan memasukkan angkanya secara langsung.

3. Font Color

Selain style dan size, Anda juga bisa mengatur warna dari font. Color font adalah icon yang ada pada bagian home Microsoft Word dan berfungsi untuk mengatur warna teks.

Selain font color, ada juga text highlight color untuk menstabilo atau menandai tulisan, serta text effect dan typography untuk memberi efek pada tulisan seperti bayangan, refleksi, atau kilauan.

Cara Download Font Keren

Ada sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk mengunduh font yang tersedia di internet. Pada artikel ini, Rumahweb akan membahas cara download font di situs dafont.com melalui PC dan HP. Cara download font adalah sebagai berikut:

Download Font di PC

  1. Buka situs www.dafont.com.
  2. Pilih font yang ingin diinstal > klik Download pada font tersebut.
Cara Download Font Keren
  1. Selanjutnya, buka folder Download > klik kanan pada file yang berhasil diunduh > klik Open.
Cara Download Font Keren image 2
  1. Jika sudah berhasil diekstrak, buka file font tersebut dan klik Install.
install font

Setelah proses instalasi berhasil, font akan tersedia di PC Anda, dan bisa digunakan di berbagai software, salah satunya Microsoft Office.

Download Font di HP

Cara mengubah maupun mengunduh font di HP sebenarnya berbeda-beda, tergantung dari jenis dan merek HP. Kali ini Rumahweb akan membahas cara download font di HP Android, khususnya di HP Samsung.

Secara umum, ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk mengubah font di HP, yakni dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Berikut caranya:

Mengubah Font di HP Android Samsung Tanpa Aplikasi

  1. Pertama, klik ikon Setting.
Mengubah Font di HP Android Samsung Tanpa Aplikasi - image 1
  1. Lalu, pilih menu Display.
Mengubah Font di HP Android Samsung Tanpa Aplikasi - image 2
  1. Selanjutnya, pilih menu Font size and style.
Mengubah Font di HP Android Samsung Tanpa Aplikasi - image 3
  1. Klik Font style.
Mengubah Font di HP Android Samsung Tanpa Aplikasi - image 3
  1. Sesuaikan tipe font yang ingin Anda aplikasikan.
Mengubah Font di HP Android Samsung Tanpa Aplikasi - image 4

Mengubah Font di HP Android Samsung dengan Aplikasi iFont

  1. Unduh aplikasi iFont terlebih dahulu di Play Store.
HP Android Samsung dengan Aplikasi iFont - image 1
  1. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi tersebut.
  2. Kemudian pilih font yang Anda inginkan dan klik Download.
HP Android Samsung dengan Aplikasi iFont - image 2
  1. Jika proses download sudah selesai, klik Set.
HP Android Samsung dengan Aplikasi iFont - image 3
  1. Kemudian akan pop-up seperti berikut, pilih Ok.
HP Android Samsung dengan Aplikasi iFont - image 4
  1. Selanjutnya Anda akan diminta untuk menginstal font yang sudah diunduh. Pilih tombol Install.
HP Android Samsung dengan Aplikasi iFont - image 5
  1. Saat proses instalasi sudah selesai, Anda akan dibawa ke halaman setting font.
  2. Cari font yang sudah Anda download, dan font baru Anda pun siap digunakan!
HP Android Samsung dengan Aplikasi iFont - image 6

Font adalah elemen yang dapat mempercantik tampilan desain, atau website Anda. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis font yang sesuai, atau sedang tren. Simak artikel berikut untuk mengetahui tren jenis font terbaru di tahun 2022:

  1. 30 Font Keren Terbaru untuk Website Agar Lebih Aesthetic
  2. Download Font Keren Yang Trending di Tahun 2022

Berikut tadi penjelasan tentang font dari Rumahweb Indonesia. Semoga membantu, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents