Rumahweb Blog
banner artikel - Ekstensi Domain Definisi, Contoh Hingga Cara Membeli Domain

Ekstensi Domain: Definisi, Contoh Hingga Cara Membeli Domain

Tentu Anda sudah tidak asing dengan website berakhiran .com, .id, .net, .org, dan masih banyak lagi. Akhiran ini disebut dengan ekstensi domain, yang tidak hanya digunakan agar nama website terlihat bagus, melainkan ada tujuan tertentu. 

Lantas, apa tujuan membuat nama domain dengan mempertimbangkan ekstensi yang digunakan?

Pada artikel ini, tim Rumahweb akan membahas secara lengkap mengenai ekstensi domain, beberapa ekstensi domain sesuai kategori dan peruntukannya, hingga cara membeli domain dengan biaya ekonomis!

Apa itu Ekstensi Domain

Domain adalah alamat website yang terdiri atas dua unsur, yaitu nama dan ekstensi domain. Ekstensi domain adalah bagian akhir dari sebuah nama domain atau alamat website. Misalnya seperti .com, yang paling banyak digunakan karena sifatnya general. Selain .com, ada juga ekstensi lain yang membawa identitas kenegaraan seperti .id, dan masih banyak lagi.

Ekstensi domain pada sebuah alamat website bukan sekadar pelengkap saja. Ekstensi domain bertujuan untuk mengidentifikasikan kategori website. Misalnya, domain rumahweb.coid yang terdiri atas .co atau “company” dan .id sebagai kode negara “Indonesia”. Jadi, penggunaan domain .co.id dapat diartikan bahwa pemilik domain adalah perusahaan di Indonesia.

Tak hanya .com, .id, .atau  .co.id saja. Ada banyak ekstensi domain lain yang dapat menjadi opsi untuk branding di internet, baik untuk personal, sekolah, organisasi, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA : Mengenal Apa Itu Ekstensi File beserta Contohnya

Mengenal Ekstensi Domain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ekstensi domain dapat dipilih sesuai kategori atau tujuan website. Misalnya, apakah website digunakan untuk memberi informasi profil perusahaan, donasi, portfolio, toko online, atau yang lainnya. 

Jenis Ekstensi Domain

Ekstensi domain dapat dibagi menjadi beberapa jenis:

Generic Top Level Domain (gTLD)

gTLD adalah ekstensi domain yang paling umum digunakan, untuk kebutuhan personal, atau umum. Tak hanya itu, gTLD juga sering digunakan untuk website yang lebih spesifik dan membutuhkan proses verifikasi resmi, seperti lembaga hukum, komunitas, agen wisata, dan lainnya.

Beberapa contoh gTLD antara lain: 

  • .COM (Commercial): ekstensi populer yang bisa digunakan untuk bisnis atau komersial. 
  • .INFO (Information): ekstensi domain seputar informasi.
  • .NET (Network): domain untuk teknologi jaringan atau network.
  • .ASIA: domain spesifik untuk wilayah benua Asia.
  • .MIL (military): domain khusus yang membutuhkan proses verifikasi untuk kebutuhan militer.
  • .GOV (Government): domain khusus untuk pemerintah.

Country Code Top Level Domain (ccTLD)

ccTLD adalah ekstensi yang diperuntukan untuk website negara tertentu dan akan mengidentifikasikan kode negara. Beberapa contoh ccTLD antara lain: 

  • .id: Indonesia
  • .us: Amerika
  • .de: Jerman 
  • .es: Spanyol
  • .fr: Perancis
  • .jp: Jepang
  • .ru: Rusia
  • .br: Brazil
  • .sgp: Singapore

Kategori Ekstensi Domain

Rumahweb menyediakan lebih dari 400 ekstensi domain yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan branding Anda di internet. Beberapa kategori ekstensi domain yang tersedia antara lain: 

Domain untuk Sekolah

Seperti tujuannya, domain juga bisa digunakan untuk sekolah, baik lembaga formal di bawah Kementerian maupun sekolah non-formal, seperti lembaga kursus. Ekstensi domain untuk sekolah tersedia dalam jenis Country Code Top Level Domain (ccTLD) maupun Top Level Domain (TLD).

Beberapa ekstensi domain untuk sekolah antara lain: 

  • .SCH.ID 

Ekstensi .SCH.ID adalah singkatan dari “school” dan “Indonesia” yang bisa digunakan untuk sekolah pendidikan tingkat TK hingga setara SMA. Ekstensi ini membutuhkan dokumen persyaratan KTP dan Surat Permohonan Domain dalam proses aktivasi. 

  • .ACADEMY

Selain .SCH.ID, Anda juga bisa menggunakan ekstensi domain .ACADEMY sebagai nama domain sekolah maupun universitas yang dimiliki.

Domain untuk Organisasi

Selain domain sekolah, ada juga ekstensi khusus organisasi yang bisa Anda gunakan untuk website komunitas, organisasi, hingga penggalangan dana. Ekstensi domain untuk organisasi juga tersedia dalam jenis ccTLD maupun gTLD.

Berikut beberapa ekstensi domain untuk organisasi yang dapat digunakan: 

  • .OR.ID

Seperti .SCH.ID, ekstensi domain OR.ID cocok digunakan untuk organisasi di Indonesia, seperti yayasan maupun komunitas resmi. Sama seperti .SCH.ID, Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan untuk aktivasinya. 

  • .ORG 

Berbeda dengan .OR.ID, ekstensi domain .ORG tidak membutuhkan dokumen untuk proses aktivasinya, tersebut karena domain ini merupakan salah satu domain gTLD. Hal ini berarti domain akan segera aktif setelah proses pembayaran berhasil. 

Karena dianggap lebih fleksibel, ekstensi domain ini bisa digunakan untuk segala kebutuhan website organisasi Anda.

  • .FOUNDATION

.FOUNDATION adalah salah satu ekstensi domain untuk organisasi. Anda bisa menggunakan domain ini  untuk kebutuhan website kegiatan sosial, kemanusiaan, agama, dan lainnya. 

Domain untuk Bisnis

Rekomendasi selanjutnya ditujukan bagi Anda yang sedang membangun bisnis  atau memperluas pasar usaha. Ekstensi domain juga bisa menjadi alternatif branding di internet.

Anda bisa menggunakan domain ini baik untuk toko online maupun hanya menampilkan informasi profil perusahaan supaya lebih profesional. 

Beberapa pilihan ekstensi domain untuk bisnis yang dapat digunakan antara lain: 

  • .CO.ID

Ekstensi domain untuk bisnis pertama yang dapat digunakan adalah .CO.ID. Domain .CO.ID merupakan jenis website ccTLD yang direkomendasikan untuk perusahaan maupun bisnis legal di Indonesia. 

Dengan ekstensi ini, branding perusahaan akan lebih kredibel dan lebih dipercaya. Pasalnya, untuk aktivasi domain .CO.ID dibutuhkan dokumen legalitas perusahaan yang masih berlaku. 

  • .STORE

Seperti artinya, Store merupakan terjemahan Bahasa Inggris dari “Toko”. Domain ini sangat cocok untuk website bisnis, terutama bagi Anda yang ingin membuat toko online. 

  • .BIZ.ID

Selain domain ccTLD dengan ekstensi .CO.ID, ada juga ekstensi domain .BIZ.ID yang mengidentifikasikan “Bisnis Indonesia”. Dengan menggunakan ekstensi domain ini, Anda juga membawa identitas “Indonesia” ke kancah internasional.

Domain untuk Hobi

Selain untuk tujuan komersil, website juga bisa menjadi sarana berbagi hobi, cerita personal, portfolio, dan personal branding lainnya. Anda juga dapat membagikan hasil karya atau hobi yang dimiliki di website dengan ekstensi domain untuk hobi.

Anda bisa menggunakan domain berikut untuk membuat nama domain khusus hobi:

  • .CAMERA

Dengan menggunakan ekstensi domain .CAMERA, Anda bisa membagikan hasil karya fotografi dengan kamera Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan peluang memiliki komunitas baru dengan hobi yang sama. 

  • .COOKING

Bagi Anda yang hobi memasak, Anda juga bisa membagikan resep maupun hasil masakan lebih luas lagi. Ekstensi .COOKING bisa digunakan untuk membuat website khusus tentang dunia kuliner dan resep masakan. 

  • .CLUB

Anda memiliki hobi berolahraga namun senang berbagi cerita? Bagikan kisah, tips, hingga buka komunitas khusus untuk bidang olahraga ANda dengan ekstensi .CLUB!

Cara Membeli Domain

Tak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya untuk membeli domain. Anda bisa beli domain dengan ekstensi yang Anda sukai secara mudah, langsung melalui website Rumahweb! 

Anda bisa mengikuti artikel berikut untuk panduan pemesanan domain di Rumahweb.

Silahkan menghubungi kami yang akan siap membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan branding Anda di dunia online, dan membantu Anda kapanpun jika membutuhkan informasi lebih lanjut terkait produk dan layanan Rumahweb.

Demikian informasi dari kami terkait ekstensi domain yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan untuk kebutuhan branding Anda di internet. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb