Rumahweb Blog
Tips Memilih Nama Domain

4 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Anda

Nama domain kini kian beragam, lho! Saat ini banyak sekali pilihan domain yang ditawarkan kepada anda. Mulai dari harga hingga tingkat keunikan pun sangat beragam. Dengan banyaknya pilihan ini, tentunya anda juga harus jeli menentukan domain yang akan anda pakai di website. Pada panduan ini, kami akan memberikan tips memilih nama domain sesuai dengan kebutuhan anda.

Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Contohnya, rumahweb.com, instagram.com atau facebook.com adalah nama domain.

Tidak hanya .com, saat ini ada ratusan ekstensi domain lainnya yang siap digunakan. Seperti .net, .info, .org hingga ekstensi domain Indonesia seperti .id, .co.id, .web.id hingga .sch.id. Setiap ekstensi domain memiliki tujuan yang berbeda.

Lalu, apa ekstensi domain yang cocok untuk bisnis atau usaha? dan bagaimana tips memilih nama domain yang bagus? Yuk, simak dulu tips memilih nama domain dari rumahweb, agar anda memiliki website yang sukses!

1. Pilih Ekstensi yang Tepat

Tips pertama dalam memilih nama domain adalah menentukan ekstensi. Ekstensi yang dimaksud adalah identifikasi atau klasifikasi dari nama domain.

Ada banyak ekstensi yang tersedia seperti .com, .net, .xyz, .top, dan lain-lain. Tentunya banyak pilihan ekstensi domain berdasarkan klasifikasi dari usaha anda seperti .com yang populer atau .surf yang sudah spesifik. Berikut beberapa ekstensi domain populer yang biasa digunakan untuk bisnis, personal, organisasi maupun sekolah.

Ekstensi untuk website Bisnis

  • .COM = merupakan gTLD (general top level domain) yang digunakan untuk website komersil. Sifatnya general, artinya bisa digunakan untuk usaha, blog hingga personal.
  • .ID = merupakan ccTLD (country code top level domain). Sifatnya general, bisa digunakan untuk usaha, blog maupun personal.
  • .CO.ID = merupakan ekstensi domain yang digunakan khusus untuk website perusahaan yang terdaftar di Indonesia. Dibutuhkan syarat legalitas perusahaan yang terdaftar di Indonesia, sehingga sangat cocok digunakan sebagai domain perusahaan.

Ekstensi untuk website Personal

  • .COM, atau .ID
  • .MY.ID = merupakan ekstensi domain Indonesia, yang digunakan untuk personal.
  • .WEB.ID = Salah satu ektsensi domain Indonesia yang bersifat general. Bisa digunakan untuk usaha, bisnis, blog, hingga personal.

Ekstensi untuk website Organisasi

  • .ORG = cocok digunakan untuk website organisasi umum.
  • .OR.ID = cocok digunakan untuk website organisasi di Indonesia

Ekstensi untuk website Sekolah

  • .sch.id = digunakan untuk website sekolah di Indonesia, setara SD, SMP, SMA.
  • .ponpes.id = digunakan untuk pondok pesantren di Indonesia.
  • .ac.id = digunakan untuk website universitas atau sekolah tinggi.

Semua informasi tentang ekstensi domain bisa anda lihat pada halaman : domain murah

2. Gunakan branding perspectives

Jangan lupa untuk gunakan branding perspectives dalam menentukan nama domain anda. Melalui perspektif ini akan lebih mudah bagi anda untuk mendeskripsikan bisnis anda melalui alamat domain. Coba lihat contoh berikut!

  • Generic / decriptive branding: sampaikan usaha anda secara singkat melalui tujuannya contoh jogjaphotorgaphy.com
  • Personal branding: berikan kesan terpercaya dan kepemilikan yang terakreditasi contohnya zaynmalik.net
  • Hybrid branding: Dalam penamaan ini, mengandung nama perusahaan dan tujuannya. Contoh drmartensguitar.com
  • Suggestive branding: Berkaitan dengan tujuan perusahaan dengan bahasa yang abstrak. Contoh: flipthesandal.com
  • Fanciful branding: Penamaan tidak berkaitan dengan langsung dengan tujuan perusahaan. Contoh: starbucks.com
Baca juga artikel : Tips Memilih Nama Domain yang Cocok untuk Bisnis Anda!

3. Pilih nama yang sederhana

Pengertian sederhana disini adalah penggunaan nama domain harus sederhana dan tidak boleh terlalu panjang. Nama domain harus mudah diingat, diidentifikasi, dan unik.

Alangkah lebih baiknya, jika penggunaan nama domain tidak terlalu rumit dan tidak begitu panjang. Makin pendek namanya, akan makin mudah dikenali bukan? Selain itu, kami sarankan tidak menggunakan tanda hubung seperti dash (-) karena kurang menarik.

4. Selipkan kata kunci jika memungkinkan

Tips memilih nama domain yang terakhir dari Rumahweb adalah menyisipkan kata kunci atau keyword pada domain. Tips ini sangat cocok digunakan, apabila anda ingin membuat Blog yang mengulas tentang target keyword tertentu.

Contohnya Jika anda ingin membuat website pariwisata, gunakanlah kata kunci yang anda target sebagai domain. Walaupun keyword on domain tidak lagi digunakan oleh Google sebagai acuan hasil pencariannya, namun penggunaan keyword on domain memiliki kelebihan lain yaitu domain akan lebih mudah dikenali dan lebih familiar.

Itu dia tips memilih nama domain untuk website anda. Yuk, mulai analisis lagi dan pertimbangkan nama domain untuk meraih kesuksesan!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Cikitta Khanza