Rumahweb Blog
Banner Artikel - Daftar Ekstensi Domain untuk Bisnis

Daftar Ekstensi Domain untuk Bisnis yang Dapat Anda Gunakan

Nama domain adalah nama unik di dunia online yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis maupun branding. Domain bisnis dapat menjadi referensi bagi para pemilik bisnis yang ingin mengenalkan bisnis lebih luas di internet. 

Dalam artikel ini, kami akan menyebutkan beberapa ekstensi domain yang cocok untuk bisnis Anda. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu Domain. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Domain?

Sederhananya, domain adalah alamat yang akan memudahkan Anda mengakses sebuah website tanpa harus menghafal dan mengisikan IP Address dari website tersebut pada search bar browser yang digunakan. 

Domain memiliki sifat unik dan berprinsip “first come first serve”. Prinsip ini membuat nama domain bisa dimanfaatkan untuk memperkuat branding bisnis di internet, karena tidak akan ada nama yang sama dengan domain Anda. 

Nama domain terdiri atas dua unsur, yaitu nama domain dan ekstensi domain. Contoh nama domain misalnya rumahweb, dan ekstensi domain misalnya .com, .id, , .biz.id, .co.id, dan masih banyak lagi. 

Ada ratusan ekstensi domain yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari domain bisnis, pendidikan, organisasi, dan masih banyak lagi. Rumahweb menyediakan total 423 ekstensi domain yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Nama Domain untuk Bisnis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, domain terdiri atas dua unsur yaitu nama domain dan ekstensi domain. Ekstensi domain pun tersedia macamnya yang bisa dipilih berdasarkan kategori website yang dibuat. 

Selain dari kategori website, domain juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu Top Level Domain (TLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). TLD adalah ekstensi yang sifatnya general sehingga bisa digunakan oleh seluruh kalangan.

Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah ekstensi yang mengidentifikasikan kode sebuah negara. Jadi, ccTLD penggunaannya lebih spesifik dan membutuhkan persyaratan aktivasi domain.

Domain bisnis dapat menggunakan dua jenis domain, baik TLD atau ccTLD. Domain TLD dapat digunakan jika Anda ingin branding yang lebih general. Sedangkan ccTLD cocok bagi Anda yang ingin mengidentifikasikan diri sebagai bisnis lokal.

Beberapa rekomendasi ekstensi domain bisnis yang tersedia di Rumahweb antara lain: 

1. .CO.ID

.CO.ID merupakan salah satu contoh domain ccTLD yang bisa digunakan untuk memperkuat branding bisnis di internet. Dengan ekstensi domain .CO.ID, Anda pun turut membawa identitas “Indonesia”. Identitas ini dapat membuat pengunjung memahami bahwa bisnis Anda berasal dari Indonesia. 

Proses aktivasi domain .CO.ID membutuhkan beberapa dokumen persyaratan antara lain:

  •  KTP Penanggung Jawab,
  • SIUP/TDP/NIB/NPWP/Akta Perusahaan, 
  • Sertifikat Merk (opsional).

2. .COM

.COM adalah singkatan dari commercial, yaitu ekstensi domain yang digunakan untuk tujuan komersil. Saat ini, domain .COM menjadi ekstensi domain paling populer dan paling banyak digunakan di dunia.

Meskipun ada banyak ekstensi domain lain yang tersedia, .com tetap menjadi pilihan utama bagi banyak pemilik situs web karena daya tariknya yang universal dan pengakuan merek yang kuat.

BACA JUGA : Tips Membeli Nama Domain dengan Aman

3. .BIZ.ID

Ekstensi domain bisnis selanjutnya yaitu ekstensi domain .biz.id. Domain bisnis satu ini ini sangat sesuai untuk Anda yang baru merintis usaha, karena biaya berlangganannya yang sangat ekonomis, yaitu Rp12.000/tahun!

Berbeda dengan ekstensi .CO.ID yang membutuhkan dokumen persyaratan untuk aktivasinya, domain .BIZ.ID bisa langsung digunakan tanpa persyaratan. Domain ini dapat langsung aktif setelah pembayaran valid.

4. .FASHION

Ekstensi domain berikutnya merupakan ekstensi domain bisnis dengan target pasar dan jenis bisnis yang lebih spesifik. Domain .FASHION cocok digunakan bagi bisnis di bidang mode atau fashion yang menargetkan pecinta mode. 

Ekstensi .FASHION adalah salah satu domain bisnis yang bisa digunakan untuk website toko pakaian online hingga blog personal yang membahas tentang mode terkini.

5. .STORE

Ekstensi domain .STORE bisa diartikan sebagai sebuah “toko” versi online yang bisa diakses melalui internet kapan saja dan di mana saja. Ekstensi domain .STORE sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki toko online sendiri, tanpa harus bergantung pada layanan e-commerce mainstream lain. 

BACA JUGA : Daftar Nama Domain untuk Organisasi dan Cara Belinya

6. .DISCOUNT

Ekstensi domain bisnis lainnya yang bisa Anda pilih adalah .DISCOUNT. Ekstensi ini bisa digunakan untuk penyampaian informasi yang lebih spesifik. Misalnya, landing page khusus promosi produk atau layanan dari bisnis Anda. 

7. .PROPERTY

Tak hanya bisnis pakaian atau fashion saja yang memiliki ekstensi khusus. Bagi Anda yang memiliki bisnis properti, ada ekstensi domain bisnis .PROPERTY yang dapat digunakan secara eksklusif.

Dengan ekstensi domain ini, Anda bisa lebih leluasa memberikan segala informasi terkait properti bisnis. Mulai dari jual beli rumah, barang properti, hingga sekedar informasi tips memilih rumah impian untuk calon klien Anda. 

Tak perlu modal besar untuk membuat bisnis mengudara di internet. Bersama Rumahweb, dengan biaya mulai dari Rp12.000/tahun, Anda bisa membawa bisnis Anda tanpa batas ruang dan waktu! Tak perlu ragu tentang jaminan keamanan dan kepercayaan, karena Rumahweb sudah terakreditasi ICANN dan PANDI.

BACA JUGA : Membeli Domain untuk Investasi Jangka Panjang

Itulah beberapa rekomendasi ekstensi domain bisnis yang dapat digunakan bagi ANda yang ingin mengonlinekan bisnis. Jangan lupa, gunakan ekstensi yang paling cocok bagi bisnis dan dompet Anda, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )