Rumahweb Blog
Banner Artikel - Daftar Nama Domain untuk Pendidikan beserta Syaratnya

Daftar Nama Domain untuk Pendidikan Beserta Syaratnya

Terdapat banyak ekstensi nama domain yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan atau kategori website yang akan dibuat. Tak hanya untuk keperluan bisnis maupun organisasi, nama domain untuk pendidikan pun juga tersedia. 

Apakah Anda sedang mencari nama domain untuk website sekolah, universitas, ataupun lembaga pendidikan yang Anda kelola? Melalui artikel ini, Rumahweb akan memberikan informasi nama domain untuk pendidikan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan!

Apa itu Domain

Domain adalah alamat website yang terdiri atas nama dan ekstensi domain. Dengan domain, Anda dapat mengakses sebuah halaman website tanpa perlu menghafalkan IP Address dari website tersebut.

Baca artikel selengkapnya mengenai domain pada artikel berikut: Apa itu Domain?

Ada banyak ekstensi domain yang dapat dipilih sesuai kategori atau kebutuhan website yang akan dibuat. Anda tidak perlu khawatir jika ingin membuat website pendidikan untuk sekolah, universitas, maupun lembaga pendidikan, karena ada berbagai nama domain untuk pendidikan yang dapat Anda pilih.

Nama domain untuk pendidikan adalah nama domain yang dapat digunakan oleh instansi pendidikan, baik pendidikan formal yang resmi dibawah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) maupun pendidikan non-formal, seperti lembaga pendidikan kursus, home-schooling, dan lain sebagainya. 

Promo Hosting Murah Rumahweb

Nama domain untuk pendidikan adalah nama domain dengan ekstensi yang spesifik. Misalnya, untuk pendidikan formal, tingkat SD hingga SMA dapat menggunakan ekstensi .sch.id, sedangkan tingkat universitas dapat menggunakan ekstensi .ac.id. 

BACA JUGA : Website Untuk Guru: Media Kegiatan Belajar-Mengajar Serbaguna

Nama Domain untuk Sekolah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa ekstensi nama domain untuk pendidikan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan atau jenjang pendidikan.

Beberapa nama domain untuk sekolah adalah sebagai berikut:

 .SCH.ID

.SCH.ID merupakan nama domain yang dapat digunakan untuk sekolah formal di wilayah Indonesia, baik untuk jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA. Ekstensi .SCH merupakan singkatan dari school atau sekolah, dan .ID mengidentifikasikan wilayah Indonesia.

.SCH.ID adalah ekstensi domain yang dikelola oleh PANDI. Karena dibuat khusus untuk sekolah formal, proses aktivasi domain ini membutuhkan beberapa dokumen persyaratan, di antaranya seperti: 

  • KTP Republik Indonesia, dan
  • Surat permohonan pendaftaran domain dari kepala sekolah.

Meskipun umumnya domain ini digunakan untuk lini pendidikan formal, .SCH.ID juga dapat digunakan sebagai nama domain untuk pendidikan non-formal, selama lembaga tersebut memiliki SK Pendirian Lembaga atau SKPD terkait. 

.AC.ID 

Berbeda dengan domain untuk jenjang pendidikan sebelumnya, perguruan tinggi atau universitas yang berlokasi di Indonesia dapat menggunakan ekstensi domain .AC.ID, yang merupakan singkatan dari Academy dan Indonesia.

Sama seperti .SCH.ID, .dibutuhkan beberapa dokumen persyaratan untuk dapat mengaktivasi ekstensi domain AC.ID, antara lain:

  • KTP Republik Indonesia,
  • SK Pendirian Lembaga dari Kementerian/Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan perundang-undangan, dan
  • Surat Keterangan Rektor atau Pimpinan Lembaga. 

.ponpes.id 

PANDI tidak hanya menyediakan ekstensi domain untuk sekolah dan universitas saja. Pondok pesantren pun juga bisa menggunakan ekstensi domain khusus untuk Pondok Pesantren, yakni ponpes.id.

Ekstensi domain .ponpes.id merupakan akronim dari pondok pesantren, dan .id yang merupakan ekstensi domain ccTLD Indonesia. Dengan demikian, ekstensi .ponpes.id sangat cocok digunakan oleh pondok pesantren. 

Bagi Anda yang ingin meningkatkan branding pondok pesantren di media online, ada beberapa beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, yakni: 

  • Scan KTP Penanggung Jawab, dan
  • Surat Keterangan dari pimpinan pondok pesantren/lembaga.

.institute

Selain tiga ekstensi nama domain untuk pendidikan yang ditawarkan oleh PANDI, ada juga berbagai ekstensi domain lain yang dapat aktif tanpa syarat, salah satunya adalah .institute.

Institute merupakan istilah bahasa inggris yang dapat diartikan sebagai institusi, perusahaan, lembaga, atau organisasi yang diadakan dengan tujuan untuk melakukan riset ilmiah, penyelenggara pendidikan, dan semacamnya. 

Ekstensi .institute dapat menjadi nama domain untuk pendidikan yang sangat cocok digunakan oleh komunitas riset yang ingin membagikan hasil karya ilmiahnya kepada banyak orang.

.school

Sekolah tidak hanya terdiri atas guru dan siswa saja. Terdapat beberapa faktor lain, seperti kurikulum, metode pembelajaran, kegiatan harian, dan materi pembelajaran lainnya.

Domain .school dapat menjadi alternatif nama domain untuk sekolah formal yang dapat diaktifkan tanpa syarat. Dengan ekstensi domain ini, sekolah dapat membagikan hasil pembelajaran di sekolah secara online, sehingga akan ada banyak orang yang terbantu dengan informasi pendidikan tersebut. 

.university 

Ekstensi .university merupakan nama domain untuk pendidikan setara universitas, atau perguruan tinggi. Dengan .university Anda dapat berbagi edukasi mengenai dunia perkuliahan, baik informasi kuliah, kegiatan kampus, fakultas, dan lainnya. 

Selain memberikan informasi mengenai dunia kuliah, ekstensi .university juga bisa digunakan untuk membagikan informasi beasiswa, komunitas beasiswa, dan lain sebagainya. 

Ekstensi domain satu ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memiliki nama domain tanpa persyaratan apapun.

.academy

Ekstensi domain .academy merupakan nama domain yang dapat digunakan untuk mencerminkan makna akademik secara umum, seperti sekolah tinggi dan pendidikan setara universitas. 

Institusi pendidikan non-akademik, seperti akademi seni, olahraga, dan lain sebagainya pun juga bisa menggunakan ekstensi satu ini.

Tujuan dan kategori penggunaan domain .academy relatif lebih luas jika dibandingkan dengan domain .ac.id yang khusus untuk universitas atau perguruan tinggi di Indonesia.

.education

Ekstensi nama domain untuk pendidikan selanjutnya adalah .education, yang dapat digunakan secara global, tanpa persyaratan khusus. Ekstensi .education dapat digunakan untuk bisnis pendidikan, seperti lembaga kursus.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan ekstensi ini untuk mengedukasi khalayak, seperti membagikan hasil penelitian, membuka forum diskusi, dan lain sebagainya.

.degree 

Contoh ekstensi nama domain untuk pendidikan yang terakhir adalah .degree. Ekstensi ini cocok digunakan untuk institusi pendidikan yang ingin menginformasikan perbedaan informasi gelar pada universitas, informasi beasiswa universitas, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, ekstensi .degree juga bisa Anda gunakan sebagai peluang pemasaran konseling akademik dan karir. 

BACA JUGA : 4 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Anda

Cara Beli Domain untuk Pendidikan

Bagi Anda yang membutuhkan nama domain untuk pendidikan, Anda dapat memesannya dengan mudah dan terjangkau di Rumahweb! Cukup dengan Rp50.000/tahun*, Anda sudah bisa mendapatkan ekstensi domain untuk pendidikan. 

Cara pemesanannya pun mudah. Cukup akses halaman Domain Murah lalu masukkan nama domain yang akan digunakan pada kolom yang tersedia. Selanjutnya sistem kami akan mengecek ketersediaan nama domain tersebut. Jika nama domain masih tersedia, selanjutnya Anda cukup mengikuti langkah pemesanan hingga menerima invoice pembayaran.

Pemilihan nama domain untuk pendidikan yang tepat akan membantu meningkatkan branding sekolah atau lembaga pendidikan tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner Pop Up - Hosting 99K