Rumahweb Blog
Banner Artikel - Cara Broadcast Pesan di WA, Instagram, hingga Shopee

Cara Broadcast Pesan di WA, Instagram, hingga Shopee

Media promosi kini semakin beragam, salah satunya dengan pesan broadcast pada aplikasi perpesanan, media sosial, hingga marketplace. Penasaran bagaimana cara broadcast WA, Instagram, hingga Shopee yang bisa membantu melebarkan sayap bisnis Anda?

Perkembangan teknologi menjadi peluang besar untuk mengembangkan bisnis dengan berbagai cara baru. Kehadiran fitur broadcast pada berbagai aplikasi perpesanan hingga marketplace terbukti mempermudah pebisnis melakukan branding dan memasarkan produknya. Salah satu metodenya adalah dengan melakukan broadcast.

Lalu, apa itu broadcast, bagaimana cara membuat broadcast yang menarik, hingga bagaimana cara broadcast WA, Instagram, dan Shopee? Berikut ulasan lengkapnya dari Rumahweb Indonesia!

Apa itu Broadcast

Sebelum membahas cara broadcast WA, sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah broadcast. Singkatnya, broadcast adalah istilah bahasa Inggris yang dapat diterjemahkan menjadi “siar”. Broadcast adalah proses pengiriman sinyal dari satu titik ke berbagai lokasi dalam waktu bersamaan.

Sederhananya, broadcast dapat diartikan sebagai proses penyebaran suatu informasi melalui perangkat tertentu dan diterima dalam waktu yang bersamaan oleh banyak audiens sekaligus.

Dahulu, broadcast berkaitan erat dengan televisi dan radio. Seiring perkembangan teknologi, istilah broadcast juga digunakan untuk media lain. seperti aplikasi chat, media sosial, bahkan marketplace.

Salah satu kelebihan broadcast pada media-media baru ini adalah dapat digunakan secara gratis. Jadi Anda dapat melakukan promosi massal tanpa mengeluarkan biaya apapun! 

Broadcast melalui aplikasi juga dinilai lebih memiliki sentuhan “personal:, karena pesan yang disampaikan langsung ke inbox chat pembeli. Broadcast seperti ini juga dianggap lebih tepat sasaran, karena akan langsung diterima oleh pelanggan.

Tentu saja, Anda juga butuh menyusun narasi yang apik agar pelanggan pun tertarik membaca pesan hingga akhir, bahkan kemudian melakukan pemesanan. Bagaimana caranya?

BACA JUGA: Apa Itu Broadcast? Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Membuat Broadcast yang Menarik

Pada dasarnya, cara broadcast WA, Instagram, Shopee, maupun aplikasi lain agar menarik dapat dilakukan dengan strategi yang sama. Hal ini karena hampir semua fitur broadcast yang disediakan adalah melalui chat.

Jadi. Anda perlu menyusun pesan atau informasi terkait produk atau bisnis Anda yang tepat, agar pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat pesan broadcast, antara lain:

1. Buat Judul yang Menarik

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah judul pesan broadcast. Sama seperti judul berita atau artikel, Anda harus membuat judul broadcast yang menarik dan mengundang rasa penasaran.

Anda dapat menggunakan kata kunci yang relevan,  atau kalimat ajakan di awal pesan agar pelanggan tertarik untuk membaca pesan Anda.

2. Gunakan Gambar Berisi Konten Promosi

Selain judul, Anda juga bisa menggunakan foto untuk menarik pelanggan. Visualisasikan produk atau bisnis yang sedang Anda promosikan. Misalnya dengan menambahkan gambar produk lengkap dengan periode promo, jumlah diskon, atau benefit lainnya.

3. Cantumkan Penjelasan yang Lengkap

Selain menjadi inti pesan broadcast, penjelasan lengkap terkait produk dapat menghindari kesalahpahaman pelanggan terkait produk yang dipromosikan. Jadi jangan hanya menambahkan kalimat ajakan agar pelanggan melakukan transaksi, tapi juga detail promosi yang berlaku.

4. Berikan Informasi Transaksi yang Jelas

Selain penjelasan produk, Anda juga wajib memberikan informasi transaksi dengan jelas dan lengkap. Informasi ini dapat mencakup cara pembayaran, pengiriman, dan sebagainya.

Anda dapat menjelaskan pilihan pembayaran yang dapat digunakan, hingga informasi terkait ketentuan pengiriman barang. Misalnya, dikirim di hari yang sama, atau diproses di hari berikutnya. Sebagai contoh, Anda akan memproses pemesanan di hari yang sama dan menyediakan pilihan pembayaran COD/cash on delivery.

5. Kirim Pesan Broadcast secara Konsisten

Konsistensi juga menjadi aspek penting dalam menjalankan strategi marketing via broadcast. Anda perlu konsisten melakukan pembaruan konten secara berkala, konsisten mengirimkan broadcast, hingga melakukan riset dan evaluasi.

Konsistensi ini dapat membuat broadcast yang Anda lakukan semakin tepat sasaran dan efektif.

BACA JUGA: Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Cara Broadcast

Setelah memahami penjelasan hingga cara membuat broadcast yang menarik berikut telah kami rangkum cara broadcast WA, Instagram, dan Shopee sebagai aplikasi yang populer digunakan.

1. Cara Broadcast WA

Cara broadcast WhatsApp dapat dilakukan jika Anda memiliki database kontak pelanggan. Jadi, Anda dapat mengirimkan berbagai promo atau produk terbaru secara langsung ke pelanggan.

Tahapan atau cara broadcast WA adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik tanda titik tiga di kanan atas > New Broadcast.
  • Pilih kontak pelanggan yang ingin Anda kirimkan dengan mencentang kontak mereka.
  • Anda akan dialihkan ke halaman chat untuk menulis pesan broadcast dan mencantumkan gambar atau foto.
  • Jika sudah selesai, kirim pesan broadcast dengan klik Send.

2. Cara Broadcast Instagram

Instagram juga menyediakan fitur broadcast untuk menyebarkan pesan atau informasi kepada followers yang bergabung ke broadcast channel Anda. Meski cenderung bersifat satu arah, followers masih bisa memberikan tanggapan berupa reaksi emoji.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Klik ikon DM (Direct Message) > klik ikon pena di pojok kanan atas.
  • Pilih Buat Saluran Siaran > Mulai.
  • Beri nama broadcast channel > klik Buat Saluran Siaran.
  • Untuk memulai broadcast, klik ikon DM > pilih saluran yang telah Anda buat > tulis pesan atau cantumkan foto yang ingin Anda bagikan.

Pesan broadcast pertama akan diterima oleh semua followers. Namun, pesan berikutnya hanya akan diterima oleh followers yang bergabung dengan saluran tersebut. Anda dapat mempromosikan saluran tersebut melalui Stories dengan mencantumkan tautan saluran.

3. Cara Broadcast Shopee

Pada aplikasi ini, Anda dapat memilih salah satu platform broadcast, yaitu melalui seller centre atau aplikasi Shopee langsung. Cara broadcast melalui aplikasi Shopee adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Klik Broadcast Saya > Buat Broadcast Baru.
  • Tulis pesan broadcast yang ingin disebarkan > Lanjutkan.
  • Atur jadwal pengiriman pesan broadcast. Anda bisa mengirim langsung atau memilih waktu tertentu.

Jika Anda memilih menyebarkan pesan broadcast melalui Seller Centre, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Pada halaman utama Seller Centre, klik Fitur Pengelolaan Pembeli > Chat Broadcast.
  • Klik menu +Buat.
  • klik + Pilih Grup Broadcast > tambahkan penerima.
  • Lengkapi nama, isi pesan, dan konten broadcast.
  • Pilih waktu kirim > klik ikon Kirim.

BACA JUGA: Cara Membuat Link WA pada Website

Itulah penjelasan seputar apa itu broadcast, cara broadcast WA, Instagram, dan Shopee, hingga tips membuat pesan broadcast Anda menjadi lebih menarik. Jangan sampai Anda melewatkan fitur gratis satu ini, ya! Semoga artikel ini bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb