Rumahweb Blog
banner - Cara Membuat Link wa pada Website

Cara Membuat Link WA pada Website

Saat ini, WhatsApp telah menjadi salah satu platform chat yang sudah umum dimanfaatkan oleh banyak pengelola toko online untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, penting untuk mencantumkan nomor WhatsApp pada website, agar pelanggan bisa langsung terhubung dengan mudah. Ada beberapa cara membuat link WA pada website.

Sebelum membuat link WhatsApp pada website, kenali dahulu dua jenis aplikasi WhatsApp yang tersedia di Play Store atau App Store, yaitu WhatsApp dan WhatsApp Business. WhatsApp Business adalah aplikasi yang khusus dibuat untuk para pemilik bisnis.  Terdapat beberapa fitur yang dapat memudahkan komunikasi dengan pelanggan, misalnya quick replies dan pesan otomatis.

Berikut dua cara membuat link WA yang kemudian dapat disematkan ke website Anda.

Cara membuat link WA Manual

Langkah pertama untuk membuat link yang dapat menghubungkan pengguna ke layanan WhatsApp adalah dengan memasukkan nomor telepon pada shortlink WhatsApp, menggunakan salah satu rumus berikut:

https://wa.me/nomor_telpon
https://api.whatsapp.com/send?phone=nomor_telpon

Penting untuk dicatat, bahwa nomor yang dimasukkan dalam link adalah nomor telepon dalam format internasional, hindari penggunaan angka nol (0) di depan serta karakter lain seperti tanda kurung, tanda hubung, dan tanda tambah. Untuk Indonesia, gunakan kode 62 sebagai pengganti 0 pada awal nomor telepon. Contohnya sebagai berikut:

https://wa.me/6285641234567
https://api.whatsapp.com/send?phone=6285641234567

Anda juga dapat menambahkan pre built text yang bertujuan agar ketika pelanggan mengklik link dan diarahkan ke aplikasi WhatsApp, sudah terdapat pesan default seperti pada gambar berikut:

image whatsapp website

Cara untuk membuatnya, adalah dengan menggunakan rumus berikut:

image whatsapp website 2

Untuk menambahkan spasi, gunakan kode %20 (persen dua nol). Sedangkan untuk mengganti baris pada teks, gunakan kode %0A (persen nol A). Sebagai contoh, untuk menambahkan pesan “Halo Rumahweb” seperti pada gambar di atas, gunakan rumus berikut:

image whatsapp website 3

Cara membuat link WA dengan URL Shortener

Setelah memiliki link WhatsApp dengan cara pertama, selanjutnya Anda dapat menggunakan URL Shortener seperti bit.ly, s.id, dan lainnya. URL Shortener ini berfungsi untuk memendekkan link WhatsApp agar lebih mudah diingat.

Sebagai contoh, kita akan memendekkan link berikut menggunakan s.id.

image whatsapp website 3

Langkah pertama, akses s.id

Membuat Link WhatsApp dengan URL Shortener

Paste link pada kolom berikut, kemudian klik ‘Singkatkan’ seperti yang ditandai dengan kotak berwarna hitam.

Membuat Link WhatsApp dengan URL Shortener 1

Proses shortening sudah berhasil, selanjutnya salin hasil shortener, seperti yang ditunjukkan dengan kotak berwarna hitam, untuk digunakan pada website Anda.

Membuat Link WhatsApp dengan URL Shortener 2

Untuk mengedit hasil shortener, Anda dapat mendaftar secara gratis menggunakan akun email, Facebook, atau Twitter dengan klik Mendaftar Gratis Seperti yang ditunjukkan pada kotak berwarna hitam.

Membuat Link WhatsApp dengan URL Shortener 3

Cara Menambahkan link WA di Website dan Instagram

Setelah Anda berhasil membuat link WA dengan opsi 1 atau 2, selanjutnya Anda bisa menambahkan link WA tersebut ke website maupun sosial media seperti Instagram. Berikut lankah-langkahnya.

Cara membuat link WA di Website

Ada beberapa cara untuk membuat link WA di website, hal ini tergantung dengan CMS atau Framework yang Anda gunakan. Rumahweb memiliki beberapa artikel, untuk menambahkan tombol chat WhatsApp pada website Anda. Berikut panduannya:

Cara membuat link WA di IG

Untuk membuat link WA di profil IG sangat mudah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Akses akun profile Instagram Anda
  2. Klik tombol “Edit Profile”
  3. Isikan URL WhatsApps yang telah Anda buat
  4. lalu tekan tombol simpan

Setelah itu, akan muncul link WhatsApp pada profile Anda.

Demikian cara buat link WA dari Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 5

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Agnes Sony Tianinda