Rumahweb Blog
banner blog - WordPress vs Blogspot, Mana Yang Terbaik Untuk Membuat Blog (1)

WordPress vs Blogspot : Mana yang Terbaik untuk Membuat Blog?

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang WordPress vs Blogspot dari berbagai aspek. Yuk baca artikelnya sampai akhir, agar Anda bisa memilih platform mana yang terbaik untuk membuat Blog.

Bukannya tanpa alasan jumlah pengguna Blogspot terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Selain karena gratis, Blogspot juga cenderung mudah untuk digunakan. Namun, jangan jadikan dua alasan ini sebagai satu-satunya pertimbangan dalam memilih platform yang tepat untuk membuat blog. Ada berbagai faktor lainnya yang harus dipikirkan, sehingga nantinya Anda bisa lebih maksimal dalam pemanfaatannya untuk mencapai tujuan yang ingin diraih.

Selain Blogspot, Anda punya opsi lain: WordPress. Platform ini merupakan CMS Open Source yang lengkap dan memberi kemudahan dalam proses pembuatan website. Semula, WordPress sama seperti Blogspot, yang hanya fokus untuk membuat blog.

Tapi sekarang WordPress sudah berkembang dan bisa digunakan untuk pembuatan berbagai jenis website. Untuk bisa menggunakan WordPress, diperlukan anggaran untuk keperluan membeli domain dan hosting. Namun, biaya yang Anda keluarkan tersebut sebanding dengan kebebasan yang Anda dapatkan untuk mengelola website-nya. Di Rumahweb, Anda bisa mendapatkan paket hosting murah yang bisa Anda gunakan untuk keperluan tersebut.

Artikel ini akan membuat breakdown perbandingan antara WordPress vs Blogspot dari berbagai aspek. Aspek-aspek ini yang harus Anda cocokkan dengan kebutuhan website yang hendak Anda bangun, sebelum memutuskan menggunakan platform yang mana.

WordPress vs Blogspot

Blogspot merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google. Layanan ini sering digunakan untuk mereka yang membuat website sederhana tanpa biaya. Dengan bermodalkan email Gmail, Anda sudah bisa mulai membuat website.

WordPress menjadi pilihan lain karena menawarkan tampilan yang lebih profesional. Selain itu, WordPress memberikan keleluasaan dalam manajemen konten serta fasilitas fitur canggih yang bisa digunakan untuk membuat blog yang lebih kompleks.

Simak tabel di bawah ini untuk perbandingan yang lebih rinci.

 BlogspotWordPress
FleksibilitasDengan blogspot, Anda sudah bisa membuat post lengkap dengan konten multimedia, seperti gambar gif atau yang lainnya.

Untuk melakukannya, Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan.

Namun konsekuensinya, Anda akan kehilangan kontrol pada situs Anda.
Anda memiliki kontrol penuh pada situs yang dibuat. 

 

Anda bisa melakukan manajemen konten seperti mengubah warna font, letak, custom template, dan penyesuaian lainnya, yang tidak sepenuhnya bisa dilakukan bila menggunakan Blogspot. 

PluginBlogspot menyediakan 26 gadget standar yang bisa Anda gunakan untuk membangun blog.

 

Untuk kebutuhan standar memang sudah cukup. Namun, bila ingin membangun blog yang lebih kompleks, hal ini akan cukup menghambat. 

WordPress menawarkan lebih dari 5.500 plugin gratis yang bisa diaktifkan dengan mudah dari dashboard admin.

 

Untuk keperluan lain, Anda juga masih memiliki opsi untuk menggunakan plugin premium, untuk menunjang kebutuhan yang lebih advance.. 

TemplateMenyediakan 12 desain template. Beberapa di antaranya menyediakan skema warna berbeda. 

 

Apabila Anda hanya menggunakan template bawaan tanpa meng-edit-nya, sangat dimungkinkan tampilan website Anda mempunyai kemiripan dengan ribuan website yang ada di internet. 

Bila ingin tampilan theme yang memiliki keunikan, Anda bisa membuat perubahan di menu template untuk mengatur elemen sesuai keperluan.

WordPress diunggulkan karena banyak pilihan temanya. Selain tersedia versi gratis, Anda juga bisa menggunakan versi yang berbayar. 

 

Kefleksibelan penuh bisa Anda dapatkan bila menggunakannya. Bila tema yang Anda pilih sudah dianggap keren, Anda tinggal pakai saja dan tidak perlu susah-susah dalam meng-edit-nya.

HargaBlogspot adalah salah satu layanan gratis yang menjadi primadona saat ini.

Anda hanya perlu membayar biaya berlangganan, apabila ingin alamat website Anda bisa diganti dengan nama yang lebih mudah, dan menghilangkan embel-embel blogspot.com di belakangnya. Sebagai contoh dengan namadomain.com Biaya berlangganan domain bervariasi, tergantung dengan ekstensi yang Anda pilih. Promo domain murah Rumahweb bisa menjadi solusinya. 
Untuk menggunakan WordPress, diperlukan domain dan hosting

 

Anda bisa menggunakan promo paket hosting di Rumahweb untuk mendapatkan harga spesial dan kebebasan dalam mengelola website

SEOSEO digunakan untuk optimasi website di Google. 

 

Anda kurang memiliki keleluasaan dalam optimasi SEO. 

Anda hanya diperkenankan untuk membuat category post dan hanya bisa melakukan sedikit tambahan, seperti membuat underline, bold, atau italic.

Memiliki banyak opsi untuk melakukan optimasi, termasuk pilihan bagi yang masih awam dengan SEO.

 

Cukup menggunakan plugin SEO populer seperti Yoast, lalu ikuti setting-an dan petunjuk yang disarankan oleh plugin. Contohnya seperti mengisi kata kunci, menambahkan deskripsi dan alt pada gambar, memperbarui peta situs XML, dan masih banyak lagi. 

BloggingCocok untuk blog pribadi, karena gratis,

 

Bagi yang masih awam sekalipun, hanya dengan bermodalkan skill menggunakan Microsoft Word, akan dengan mudah menyesuaikan diri mengoperasikan Blogspot.  

Tampilan editor yang mirip dengan tools Ms Word akan mempermudah dalam memahami cara membuat post

Selain menawarkan pilihan untuk membuat blog standar, WordPress memberi kemudahan lebih dalam pembuatan post, yang bisa dilakukan hanya dengan drag and drop saja.

 

Bisa memberi pengguna lain akses ke website Anda, dengan pilihan sebagai Administrator, Editor, Author, Contributor, atau Subscriber

Dukungan/SupportSebagai platform gratis, Google tidak memberikan dukungan pada penggunanya. 

Namun Anda bisa saja bergabung komunitas, atau bisa juga mempelajari panduan umum yang disediakan. 

Sebagaimana Blogspot, WordPress juga tidak menyediakan dukungan khusus.

Anda tidak perlu khawatir, sebagai CMS yang paling banyak digunakan, Anda bisa menemukan banyak tutorial di internet. Selain itu, Anda bisa menghubungi Rumahweb untuk menyelesaikan persoalan server dan keamanan website Anda. 

Kesimpulan 

Blogspot menjadi pilihan tepat bila Anda mencari platform untuk membuat blog secara gratis. Untuk pertimbangan tampilan dan kebebasan dalam mengelola serta fungsionalitas, kami lebih menyarankan WordPress.

Demikian informasi dari kami terkait WordPress vs Blogspot untuk membuat blog. Dengan membaca artikel ini kami berharap Anda bisa memilih dan dapatkan langkah yang tepat untuk membangun blog Anda. 

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Anggit Puguh