Rumahweb Blog
banner blog - membuat website murah dengan blogspot

Membuat Website Murah Dengan Blogspot

Pepatah mengatakan, ada seribu jalan ke Roma. Demikian halnya, ada banyak cara untuk membuat website. Apabila Anda tidak memiliki anggaran besar tetapi ingin membuat website, Blogspot bisa menjadi platform terbaik yang bisa Anda pilih. Pada artikel blog kali ini, Rumahweb Indonesia ingin berbagi tips membuat website murah dengan blogspot.

Sekilas Tentang Blogspot

Blogger adalah layanan pembuatan blog gratis yang diluncurkan pertama kali oleh Google pada tahun 2003. Secara default, setiap blog yang diterbitkan akan menggunakan alamat subdomain .blogspot.com. Oleh karena itu, orang lebih mengenal nama Blogspot daripada Blogger.

Fitur Blogspot

Sebagai platform blog gratis, Blogspot memiliki fitur yang kaya dan sudah cukup mumpuni untuk digunakan sebagai platform pembuatan website profesional.

Berikut fitur-fitur utama dari Blogspot :

1. Antarmuka Sederhana

Antarmuka Blogspot sangat sederhana dan mudah dipahami, bahkan oleh pengguna awam sekalipun.

2. Penyimpanan Besar

Blogspot hadir dengan ruang penyimpanan data yang besar. Anda tidak perlu khawatir untuk menulis artikel atau mengunggah foto sebanyak-banyaknya.


3. Kompatibilitas Dengan WordPress

Secara garis besar, antarmuka dan fitur-fitur dasar Blogspot memiliki kemiripan dengan WordPress. Selain mirip, template WordPress juga bisa dimodifikasi dan digunakan di Blogspot.

Selain itu, import konten dari Blogspot ke WordPress juga memungkinkan untuk dilakukan. Fitur tersebut sangat berguna, apabila di tengah jalan Anda ingin berganti platform dari Blogspot ke WordPress.

4. Dukungan SSL

Dukungan SSL saat ini sudah tersedia dan terintegrasi secara otomatis di Blogspot. Dengan hadirnya SSL, aktivitas di dalam blog Anda menjadi lebih secure. Selain itu, kehadiran SSL juga membantu meningkatkan rating hasil pencarian Google.

Mendaftar Blogspot

Anda bisa mengaktifkan akun Blogspot di alamat blogger.com, dengan menggunakan akun gmail milik Anda. Setelah berhasil mengaktifkan Blogspot, Anda bisa membuat halaman blog dan memulai menulis artikel.

Custom Domain Blogspot

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas, fitur lain dari Blogspot yang sangat populer adalah tersedianya opsi custom domain.

Dengan memanfaatkan custom domain, blog Anda akan terlihat seperti website profesional, karena alamat domainnya sudah tidak lagi memakai subdomain .blogspot.com. Tentu saja, pengaturan template dan layout diperlukan untuk membuat blog Anda terlihat sepenuhnya profesional.

Email Domain

Selain tersedia opsi custom domain, Anda juga bisa mengaktifkan email domain. Dengan membeli layanan Email dari Rumahweb Indonesia, Anda bisa memiliki email domain dengan mudah.

Migrasi ke WordPress

Bila dibandingkan dengan WordPress, fitur-fitur Blogspot masih belum sepenuhnya lengkap. Salah satunya adalah dukungan plugin, yang saat ini belum tersedia di platform Blogspot.

Apabila di tengah jalan membutuhkan platform yang lebih kompleks dan lengkap, Anda bisa migrasi dari Blogspot ke WordPress.

Penutup

Blogspot adalah platform yang mumpuni, yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun website dasar, seperti blog pribadi atau profil. Bermodal domain yang bisa Anda beli di Rumahweb, sebuah website profesional bisa dibuat dengan biaya yang sama murahnya dengan semangkok bakso.

Demikian artikel blog tentang membuat website murah dengan blogspot. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan solusi murah membuat sebuah website.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi