Rumahweb Blog
Banner Artikel - WordPress Hosting Pengertian, Kelebihan, dan Cara Membelinya

WordPress Hosting: Pengertian, Kelebihan, dan Cara Membelinya

Ada berbagai jenis layanan hosting yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan. Anda dapat memilih, mulai dari layanan shared hosting, VPS, hingga dedicated server. Namun, pernahkah Anda mendengar layanan WordPress hosting? Sesuai dengan namanya, WordPress hosting adalah layanan shared hosting yang dibuat khusus bagi pengguna WordPress.

Salah satu keunggulan WordPress hosting adalah adanya fitur WordPress Accelerator dan WordPress Toolkits yang membuat pengelolaan website Anda semakin mudah, dan akses website semakin cepat.

Rumahweb menawarkan layanan WordPress hosting lengkap dengan berbagai fitur yang diperlukan untuk mempermudah manajemen CMS WordPress, dan akses website semakin kencang. Simak selengkapnya pada artikel berikut!

Apa itu WordPress Hosting?

WordPress Hosting adalah layanan hosting yang dibuat secara khusus untuk website berbasis CMS WordPress. Tujuannya, agar website WordPress Anda dapat diakses secara lebih cepat, mudah dikelola, dan memiliki fitur-fitur pendukung yang dapat Anda maksimalkan.

Pada dasarnya, WordPress hosting sama seperti shared hosting. Hal ini berarti Anda harus berbagi resource dengan pengguna lain di dalam server yang sama. Namun, Anda tak perlu khawatir harus berebut resource dengan pengguna lain. Pasalnya, WP hosting telah mengatur atau mengalokasi limit packagenya dengan ketat, misalnya 1vCPU & 1 vRAM.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu kelebihan WordPress hosting adalah fitur manajemen website WordPress yang lengkap melalui menu WordPress Toolkit.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

WordPress Toolkit dapat digunakan untuk install, hapus, duplikat, reset password, update plugin, dan masih banyak lagi. Kehadiran fitur ini tentu akan mempermudah Anda dalam mengelola website dengan lebih praktis.

BACA JUGA : 7 Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Website Anda

WordPress Hosting Rumahweb

Rumahweb menawarkan layanan hosting khusus bagi pengguna WordPress yang ingin merasakan sensasi berbeda dari shared hosting pada umumnya. WordPress hosting Rumahweb telah menggunakan cPanel untuk memudahkan Anda dalam mengoperasikan layanan hosting.

WordPress hosting Rumahweb dibagi menjadi beberapa tipe resource dengan kode Cloudlet. Setiap Cloudlet memiliki sumber daya tersendiri, seperti vCPU, vRAM, SSD dan lainnya.

Meskipun ada berbagai pilihan resource, pada dasarnya, semua server WP hosting Rumahweb memiliki fitur yang sama. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan ada perbedaan fitur di dalamnya.

Meskipun populer digunakan oleh para pengguna WordPress, Anda juga dapat membuat website sederhana berbasis framework, seperti laravel, CodeIgniter atau PHP Native.

Namun, kami tidak menyarankan penggunaan bagi website selain WordPress dengan tingkat kompleksitas tinggi, karena terbatasnya modul ekstensi PHP dan sejenisnya. Hal ini dapat menyebabkan website yang dibangun menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Pastikan Anda telah mengetahui kebutuhan website, sebelum menentukan opsi resource Cloudlet. Hal ini diperlukan agar website dapat berjalan dengan baik. Namun, Anda juga dapat melakukan upgrade jika kemudian website Anda membutuhkan resource yang lebih tinggi. Upgrade dapat dilakukan kapan saja melalui halaman Clientzone Anda.

Fitur dan Fungsi WordPress Hosting

WordPress hosting Rumahweb menawarkan beberapa fitur manajemen di sisi control apnel dan server. Beberapa fitur serta fungsi WP hosting adalah sebagai berikut.

1. WordPress Toolkit

WordPress Toolkit dapat membantu Anda mengelola themes, plugin, one-click hardening, dan WordPress security scanning untuk semua instalasi WordPress dari satu tempat.

Jadi. Anda tak perlu lagi login ke masing-masing instalasi WordPress untuk melakukan pengelolaannya.

2. cPanel

cPanel adalah control panel hosting yang paling banyak digunakan. Dengan interface yang intuitif dan mudah dipahami, Anda bisa mengelola website WordPress  dengan lebih mudah.

3. LiteSpeed + Brotli

LiteSpeed adalah web server web dengan keunggulan kecepatan proses yang paling optimal. Brotli adalah algoritma kompresi data yang 20% lebih padat, lebih hemat bandwidth, dan membuat akses lebih kencang.

4. Full HTTP/2 Support

HTTP/2 akan membuat page load yang lebih cepat untuk HTTP maupun HTTPS. Dikembangkan dari SPDY Google, HTTP/2 adalah pengembangan pertama yang cukup radikal sejak 20 tahun silam.

5. WordPress Accelerator

Fitur WordPress Accelerator dapat membuat website WordPress Anda 10x lebih cepat, dengan plugin khusus dari LiteSpeed Web Server. Plugin ini dibuat untuk memaksimalkan kecepatan WordPress yang berjalan di atas LiteSpeed Web Server.

6. Free SSL

WordPress hosting juga menyediakan fitur SSL/HTTPS gratis dari Let’s Encrypt. Cukup dengan beberapa langkah saja dan layanan SSL akan langsung aktif. ANda pun dapat mengakses website melalui HTTPS.

Kelebihan WordPress Hosting

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan beberapa kelebihan WordPress hosting. Secara garis besar, kelebihan WordPress hosting adalah mampu membuat website Anda menjadi lebih cepat, aman, up-to-date, scalable, dan mudah dioperasikan.

Selain itu, pilihan paket WordPress hosting lebih fleksible sesuai dengan resource yang bisa Anda pilih, sehingga Anda memiliki opsi yang lebih banyak sesuai kebutuhan.

BACA JUGA : Cara Mendownload WordPress Theme Gratis

Cara Membeli WordPress Hosting

Dari penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba layanan WordPress hosting? Berikut kami rangkum cara membeli layanan WordPress hosting Rumahweb untuk Anda!

Pengguna Baru Rumahweb 

Jika Anda baru pertama kali memesan layanan hosting di Rumahweb, pastikan Anda telah membuat akun member terlebih dulu. Caranya, daftar melalui halaman berikut: https://new.clientzone.rumahweb.com/login > klik Sign up > ikuti langkah selanjutnya.

Login clientzone

Pada panduan pertama ini, kami akan menjelaskan cara melakukan pemesanan melalui halaman WP Hosting Rumahweb.

  1. Akses halaman WordPress hosting Rumahweb > pilih resource yang akan digunakan > klik tombol Beli.
Pilihan paket wordpress hosting
  1. Anda akan diminta untuk melengkapi data pemesanan, seperti pada gambar di bawah. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih.
pilih nama domain

Keterangan:

  • Daftar Domain Baru: untuk mendaftarkan nama domain baru.
  • Transfer Domain: untuk memindahkan domain yang telah aktif di provider luar ke Rumahweb.
  • Hosting Saja: untuk membeli layanan hosting saja, tanpa tambahan domain.
  1. Klik Checkout > lakukan pembayaran. Tunggu beberapa saat hingga pembayaran  tervalidasi dan layanan yang dipesan aktif.

Pengguna Lama Rumahweb

Selain melakukan pemesanan melalui halaman WordPress Hosting Rumahweb, ada satu cara yang lebih praktis dilakukan, yakni melalui halaman clientzone. Berikut langkahnya:

  1. Klik menu Order hingga muncul sub-menu di layar seperti berikut. Arahkan kursor ke WordPress hosting > klik tombol Order. Anda akan dialihkan ke halaman order untuk melanjutkan proses pembelian.
wordpress hosting
  1. Checkout dan lakukan pembayaran. Tunggu beberapa saat hingga pembayaran  Anda tervalidasi dan layanan yang dipesan aktif.

Setelah layanan aktif, Anda dapat mengelola WordPress hosting melalui cPanel dengan panduan berikut:

WordPress hosting adalah layanan hosting yang cocok digunakan oleh pengguna WordPress. Rumahweb menawarkan layanan WordPress hosting yang akan membuat pengelolaan website Anda lebih cepat, mudah, dan aman.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 1 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Fredric Lesomar