Rumahweb Blog
Opengraph - Cara Mendownload WordPress Theme Gratis

Cara Mendownload WordPress Theme Gratis

Bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress, pasti tahu bahwa WordPress menyediakan banyak opsi tema yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera, baik WordPress theme gratis maupun berbayar.

Meskipun pilihan temanya ada yang gratis dan berbayar, namun Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas tema gratis yang disediakan WordPress. Semua tema WordPress sudah diuji secara ketat agar tidak melanggar panduan dan standar yang sudah ditetapkan, sebelum tema-tema tersebut dirilis di directory WordPress.

Kendati tema gratis yang tersedia jumlahnya ada ribuan, menemukan tema gratis yang sesuai bukanlah hal yang tidak mungkin. Lalu, bagaimana caranya men-download WordPress theme gratis? Ada dua opsi yang bisa Anda lakukan, yaitu mendownload melalui link https://wordpress.org/themes/ atau bisa dilakukan melalui Dashboard WordPress Anda. Berikut langkah-langkahnya : 

Opsi 1. Download WordPress Theme melalui WordPress.org

Anda bisa mengunjungi situs https://wordpress.org/themes/ terlebih dahulu.

Download WordPress Theme 1 dari WordPress-org

Selanjutnya, cari tema yang sesuai. Anda dapat menggunakan bantuan filter atau kolom search untuk menemukan tema yang tepat.

Download WordPress Theme 2 dari WordPress-org

Misalnya, untuk mencari tema dengan nuansa warna pink, ketikkan keyword ‘pink’ pada kolom search, seperti gambar berikut:

Download WordPress Theme 3 dari WordPress-org

Arahkan mouse ke tema yang diinginkan, kemudian klik ‘Download

Download WordPress Theme 4 dari WordPress-org

Selanjutnya, masuk ke halaman WordPress Admin Anda, klik Appearance > Themes, lalu klik Add New.

Klik tombol Upload Theme > Choose File, pilih file tema yang sudah di-download sebelumnya, lalu klik Install Now.

Akan ada pemberitahuan berupa tulisan ‘Theme installed successfully’ seperti gambar berikut. Selanjutnya, klik Activate untuk mengaktifkan tema di website Anda.

Opsi 2. Download WordPress theme gratis melalui dashboard

Cara kedua, adalah melalui wp-admin. Masuk ke halaman WordPress Admin, klik Appearance > Themes, lalu klik Add New.

Selanjutnya, pilih tema yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Anda juga dapat menggunakan filter yang disediakan di halaman WordPress, seperti Featured WordPress Themes, Popular WordPress Themes, Latest WordPress Theme dan lainnya. Anda juga dapat memanfaatkan kolom search untuk mencari tema yang lebih spesifik.

Download WordPress Theme 2 dari Dashboard WordPress

Anda dapat menyortir tema sesuai dengan tujuan penggunaan, fitur, maupun layout, klik Feature Filter, seperti gambar berikut:

Download WordPress Theme 3 dari Dashboard WordPress

Pilih kriteria yang sesuai dengan keinginan. Misalnya, tema untuk e-commerce.

Jika Anda sudah menemukan tema yang sesuai, arahkan mouse ke tema tersebut. Selanjutnya, akan terlihat tombol Install untuk men-download tema di website, Preview untuk melihat tampilan website, dan Details & Preview untuk melihat tampilan tema lebih lanjut dan melihat tampilannya, seperti gambar berikut. Silakan klik tombol Install.

Akan ada notifikasi berupa tulisan ‘Installed’ pada bagian atas halaman, serta pilihan ‘Activate’ dan ‘Live Preview’ jika theme sudah berhasil ter-install.

Untuk menginstal tema pada website, klik ‘Activate’. Selanjutnya, Anda dapat melakukan beberapa penyesuaian tema, atau menginstal plugin untuk meningkatkan performa website.

Dalam memilih tema, pastikan tema tersebut memiliki tampilan yang mobile-friendly, mengingat saat ini kebanyakan pengunjung mengakses website melalui ponsel. Sebagai tambahan, Anda pun dapat melakukan website speed test pada tema yang ingin digunakan.

Demikian adalah cara men-download theme WordPress gratis dari wordpress.org dan wp-admin. Bagi Anda pengguna WordPress Hosting, Anda juga bisa melakukan instalasi theme melalui Plesk Panel. Sedangkan untuk pengguna Hosting Murah dan Cloud Hosting, instalasi WordPress theme juga bisa dilakukan melalui cPanel. 

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda