Rumahweb Blog
3 Tips Mudah Memilih Web Hosting Terbaik

7 Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Website Anda

Hosting adalah salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan ketika Anda akan membuat website. Dengan menggunakan layanan hosting yang tepat, website tentu dapat berjalan dengan lebih baik. Simak berbagai tips memilih hosting terbaik untuk website Anda berikut!

Tips Memilih Hosting Untuk Website

Hosting adalah tempat menyimpan data website. Setiap data website harus diunggah secara online di hosting, agar pengunjung dapat mengakses website Anda dari mana saja.

Jadi, Anda bisa mengasumsikan hosting sebagai sebuah gudang penyimpanan file dan data website. Karena fungsi hosting sangat penting, maka sebaiknya Anda perhatikan beberapa tips memilih hosting terbaik berikut!

1. Customer Support yang Prima

Tips memilih hosting yang pertama adalah pastikan provider hosting yang akan Anda gunakan memiliki customer support yang prima dan dapat diandalkan.

Memangnya peran customer support sepenting itu? Tentu saja sangat penting! Bayangkan jika sewaktu-waktu ada error, server sedang down, atau ada pertanyaan lain seputar layanan hosting, dan customer support sulit dihubungi.

Oleh karena itu, pastikan provider hosting yang Anda pilih menawarkan layanan customer support yang prima. Akan lebih baik lagi jika layanan ini tersedia selama 24 jam.

Promo Hosting Murah Rumahweb

2. Kapasitas Penyimpanan

Ada berbagai jenis paket hosting yang ditawarkan oleh masing-masing provider hosting. Sebelum menentukan provider hosting yang akan digunakan, sebaiknya tentukan dahulu kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan.

Misalnya, untuk blogging dengan satu gambar, Anda bisa menggunakan hosting dengan kapasitas 1GB saja.

Estimasikan kebutuhan penyimpanan Anda selama satu bulan, atau bahkan satu tahun sekaligus. Hal ini karena biasanya masa berlangganan hosting dihitung per bulan atau per tahun!  

3. Performa Server

Server yang cepat akan memastikan bahwa halaman website dapat dimuat dengan lebih cepat. Kecepatan ini sangat krusial, karena pengunjung umumnya tidak menyukai waktu tunggu yang lama saat memuat situs web.

Selain itu, kecepatan loading situs web menjadi salah satu faktor pertimbangan utama bagi Google dalam menentukan peringkat situs web Anda. Di Rumahweb, tersedia fitur web accelerator pada layanan hosting yang memungkinkan website dapat diakses secara lebih cepat.

BACA JUGA : 5 Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih VPS

4. Keamanan

Tips berikutnya untuk memilih hosting adalah keamanan. Keamanan data menjadi faktor penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih web hosting. Keamanan hosting yang baik akan menjamin data Anda tetap terlindungi dari serangan cyber, baik terhadap malware maupun perlindungan dari kemungkinan hacking.

Karenanya, pilihlah hosting yang dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti Web Application Firewall (WAF), Malware Detection hingga Imunify360.

5. Backup

Ada beberapa hal, kenapa backup menjadi salah satu faktor penting sebelum memilih hosting. Backup hosting akan memberikan perlindungan terhadap kehilangan data akibat kesalahan manusia, kerusakan perangkat keras, atau serangan malware.

Dengan adanya backup data hosting, Anda dapat memulihkan website Anda ke keadaan sebelumnya jika terjadi kejadian yang merugikan, menjaga kontinuitas bisnis, hingga mencegah kerugian informasi berharga.

6. Fitur Hosting

Tips selanjutnya dalam memilih hosting adalah kelengkapan fitur yang ditawarkan. Dengan fitur hosting yang lengkap, akan memudahkan Anda dalam mengelola websitenya.

Tidak hanya fitur standart pada hosting umumnya, namun fitur-fitur tambahan lain seperti gratis Theme dan Plugin WordPress Premium, SSL Gratis hingga Imunify360 menjadi faktor plus lain yang perlu Anda pertimbangkan.

7. Biaya

Setelah menentukan kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan, selanjutnya Anda bisa membandingkan biaya layanan hosting dari beberapa provider. Biaya sewa ini biasanya dipatok per bulan, atau ada juga yang menawarkan promo bundling untuk satu tahun.

Tak hanya teliti membandingkan paket yang paling ekonomis, Anda juga harus mempertimbangkan reputasi provider hosting. Jangan sampai hanya karena tergiur biaya sewa yang murah, Anda justru memilih provider abal-abal dengan persentase uptime rendah.

Selain mengecek di situs masing-masing provider, atau melihat ratingnya secara online, Anda juga bisa berkonsultasi ke teman atau kolega yang sudah lama menggeluti dunia IT.

BACA JUGA : Tips Membeli Nama Domain dengan Aman

Rumahweb Sebagai Penyedia Hosting

Sebagai salah satu perusahaan hosting terbaik di Indonesia, Rumahweb Indonesia menyediakan layanan hosting berbasis cloud computing dengan harga terjangkau dan jaminan uptime hingga 99%. Meskipun harganya relatif murah, Rumahweb Indonesia menawarkan layanan customer support yang prima selama 24 jam. 

Selain customer support yang standby 24/7, Rumahweb juga menyediakan berbagai fitur dukungan lainnya seperti gratis SSL, keamanan yang terjamin dengan fitur Imunify360 dan bantuan backup mingguan, hingga fitur web builder yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Demikian tips memilih hosting terbaik dari Rumahweb, yang dapat Anda terapkan. Ingat, jangan gegabah hanya karena Anda mendapatkan harga yang ekonomis. Perhatikan provider yang Anda pilih terpercaya, seperti Rumahweb Indonesia. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Cikitta Khanza