Rumahweb Blog
banner blog - Tips Menulis Blog untuk Menarik Lebih Banyak Pembaca

Tips Menulis Blog untuk Menarik Lebih Banyak Pembaca

Selain konsistensi, blogging juga menuntut Anda untuk tahan banting, karena blogging kadang bisa jadi kegiatan yang bikin frustasi. Betapa tidak, sudah susah-susah menulis artikel sebagus mungkin, tapi ujung-ujungnya pembacanya hanya sedikit. Sebenarnya, apa yang salah?

Dalam hal tulis-menulis blog, ada banyak masalah yang mungkin muncul. Namun kabar baiknya, semua masalah itu ada solusinya. Berikut ini adalah enam tips menulis blog yang krusial untuk menarik lebih banyak pembaca.

Jangan menyerah!

Mungkin terdengar klise, tapi seperti yang sudah disinggung di awal, ini mungkin adalah tip menulis blog yang harus dipatrikan di hati Anda. Membangun audiens untuk blog memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka, jika Anda sudah menyerah duluan di awal, Anda tidak akan mendapatkan masa pembaca yang Anda impikan.

Meskipun kegigihan saja tidak cukup dan bukan satu-satunya kunci untuk membangun pembaca setia, tapi ini faktor yang penting untuk dimiliki tiap penulis blog.

Pastikan posting tulisan secara rutin

Hal ini penting dilakukan terutama di tahap-tahap awal saat baru membuat blog. Dengan menetapkan jadwal post dan tertib mengikutinya, secara tidak langsung Anda memberitahu pembaca setiap hari dan jam berapa mereka akan bisa membaca tulisan post baru.

Jika tidak ada tulisan baru dalam satu minggu, kemungkinan orang akan mengira kalau Anda sudah menyerah dan pembaca setia pun susah terbentuk.

Cari tahu apa yang pembaca inginkan

Memang menyenangkan menuangkan apapun yang sedang ada di kepala ke dalam tulisan blog. Namun, pendekatan ini kemungkinan besar tidak akan selalu cocok dengan pembaca, terutama jika Anda melakukan blogging untuk menunjang bisnis.

Untuk bisa menarik pembaca setia, tulisan Anda harus fokus pada topik-topik tertentu saja. Jika Anda blogging untuk kepentingan bisnis, maka Anda harus fokus pada topik yang sekiranya akan dicari oleh calon konsumen bisnis Anda. Contohnya, blog Rumahweb fokus pada topik-topik seputar web development, digital marketing, dan SEO.

Jika Anda melakukan blogging dengan harapan memperoleh penghasilan langsung dari blog tersebut, maka Anda harus menentukan tema yang niche dan melakukan eksplorasi dari situ.

Lakukan keyword research

Jika Anda berencana untuk menarik pembaca melalui search engine optimization (dan memang seharusnya iya), maka penting untuk sebelumnya melakukan keyword research dengan benar.

Hanya dengan menebak-nebak keyword apa yang audiens cari di Google tidaklah cukup, Anda harus tahu betul frasa apa yang diketikkan di mesin pencari ketika mereka mencari artikel dengan tema tertentu.

Lagipula, tentu Anda tidak ingin waktu berjam-jam menuliskan artikel terbuang sia-sia hanya karena keyword yang digunakan ternyata tidak relevan atau tidak pernah dicari oleh pembaca di Google.

Aktif di media sosial

Media sosial adalah platform yang sempurna untuk mengumpulkan pengikut blog. Namun, mengirimkan link melalui tweet saja tidaklah cukup. Anda perlu berinteraksi dengan orang-orang secara online untuk membangun hubungan. Lalu, setelah Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki konten bagus yang bisa ditawarkan, maka orang-orang akan mulai berinteraksi dengan post yang Anda buat. Kendati demikian, penting untuk menghindari promosi diri yang terlalu berlebihan.

Bangun email marketing list

Menarik orang untuk membaca artikel di blog adalah satu hal. Namun, membuat mereka kembali lagi dan lagi untuk membaca konten yang baru adalah perkara lain. Kerap kali, hal ini tidak terlalu dipengaruhi dengan kualitas tulisan blog post itu sendiri, melainkan lebih pada betapa sulitnya menemukan website lagi setelah pernah sekali mengunjunginya.

Jika seseorang awalnya menemukan blog Anda melalui link di media sosial, bisa jadi setelahnya mereka tidak bisa menemukan lagi link yang sama jika ingin mengunjungi blog Anda beberapa minggu setelahnya. Jika seseorang menemukan konten Anda via Google, ada kemungkinan juga mereka tidak ingat kata kunci apa yang digunakan ketika mencarinya.

Maka, untuk mendorong orang agar kembali ke blog, Anda harus mulai membangun email marketing list. Dengan begitu, orang yang pernah membaca blog post Anda dan menyukainya, bisa melakukan sign up dan mendapatkan konten terbaru dari Anda langsung dikirimkan ke inbox email mereka.

Jika saat ini Anda masih kesulitan mendapatkan pembaca untuk blog yang Anda tulis, terapkan enam tips ini untuk perlahan-lahan membantu meningkatkan traffic. Ingat, blogging adalah investasi jangka panjang yang butuh berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum akhirnya bisa melihat hasilnya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Catra Wardhana