Rumahweb Blog
Apa Itu Blog adalah

Apa Itu Blog? Pengertian, Jenis, serta Contohnya

Blog adalah media online multifungsi yang cukup populer di kalangan pengguna internet. Blog banyak diminati karena memuat informasi menarik dan bermanfaat. Cara mengaksesnya pun mudah dan cepat, cukup masukkan kata kunci terkait ke mesin pencarian, seperti Google.

Saat ini ada banyak jenis blog yang tersedia di internet. Bila Anda ingin membuat blog dan menjaring pembaca lewat blog Anda, simak dulu ulasan lengkap mengenai blog di bawah ini!

Pengertian Blog

Blog adalah kependekan dari “weblog” yakni jurnal online yang memuat informasi dari berbagai sumber berita. Informasi yang tersedia di blog bisa berupa artikel, teks, foto, video, bahkan link atau tautan.

Pengelola blog biasa disebut sebagai blogger, yang bisa terdiri atas individu maupun kelompok individu sekaligus dengan tujuan untuk berbisnis.

Blog adalah sumber informasi praktis yang banyak diminati, sebab topik-topik yang dibahas sangat beragam, mulai dari gaya hidup, kuliner, traveling, teknologi, kesehatan, keuangan, sampai seputar keluarga. Untuk itu, biasanya setiap blog punya fokus di bidang masing-masing.

Bedanya Blog dengan Website

Tidak sedikit orang yang belum paham tentang perbedaan blog dengan website. Berikut ini kami rangkum perbedaan blog dan website yang perlu Anda tahu!

Website

Website atau situs web merupakan kumpulan halaman online yang bisa diakses pengguna internet dengan memasukkan alamat domain tertentu.

Web biasanya berisi informasi mengenai produk atau layanan. Maka dari itu, banyak perusahaan atau brand yang membuat website berisi berbagai informasi terkait produk dan layanannya agar lebih mudah ditemukan oleh pelanggan.

Dari segi kepemilikannya, website tidak hanya lazim dimiliki oleh brand atau bisnis saja, sejumlah organisasi, sekolah, lembaga, atau perusahaan-perusahaan nirlaba juga kerap memanfaatkan website sebagai sumber informasi lembaga tersebut.

Blog

Jika website sifatnya lebih luas, maka blog lebih mengerucut lagi. Hal ini sebab blog adalah salah satu jenis website berisi konten atau artikel berupa opini, pengalaman, dan informasi pengetahuan.

Blog sifatnya lebih dinamis, karena konten-kontennya selalu diupdate secara berkala. Dari segi kepemilikan, blog banyak dimiliki perseorangan, sehingga sifatnya lebih personal.

Namun, tidak jarang juga ditemui blog yang digunakan sebagai strategi pemasaran oleh perusahaan, bisnis, atau lembaga tertentu.

Jenis Blog

Sebelum mulai membuat blog, Anda perlu mengetahui beberapa jenis blog supaya dapat menentukan blog Anda sendiri.

1. Blog Pribadi

Blog ini merupakan jenis blog yang dibuat hanya untuk mengisi waktu luang. Biasanya blog pribadi berisi cerita penulis mengenai kehidupan sehari-hari. Blog pribadi juga bisa disebut sebagai diari online, sehingga topiknya pun beragam dan dibuat tanpa tujuan komersil.

2. Blog Niche

Niche blog adalah blog yang fokus pada kata kunci tertentu, dan diatur sedemikian rupa agar dapat menempati halaman pertama mesin pencari. Pembuatan blog ini membutuhkan proses yang cukup panjang, mulai dari riset kata kunci, membuat konten, hingga optimasi di mesin pencari.

Maka dari itu, blog niche sangat bergantung pada pengunjung yang berasal dari mesin pencari, terutama Google. Jadi, bila ada perubahan algoritma Google, biasanya akan berpengaruh pada jumlah pengunjung blog tersebut.

3. Blog Otoritas

Jika blog niche hanya menargetkan pengunjung dari mesin pencari, maka blog otoritas lebih berfokus menggaet pengunjung dari media sosial. Blog otoritas atau authority blog adalah blog yang dibuat oleh blogger serius yang memang ingin menjadi ahli pada topik yang dibahas.

Blog otoritas tidak hanya mengoptimalkan agar blog menempati halaman pertama Google, melainkan juga memanfaatkan promosi di media sosial. Maka dari itu, jika mesin pencari tidak bekerja optimal, blog otoritas tidak akan sepenuhnya kehilangan pengunjung.

4. Blog Perusahaan

Seperti namanya, blog perusahaan atau company blog adalah blog yang dibuat oleh perusahaan dan dipublikasikan di website perusahaan tersebut.

Biasanya, blog ini berisi informasi penting terkait perusahaan, atau info tentang produk maupun jasa yang dijual perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, blog jenis ini umumnya tidak dimonetisasi dengan iklan-iklan pihak ketiga.

5. Blog Spam

Spam blog adalah blog yang dibuat tanpa memerhatikan kualitas, dan dipublikasikan dalam jumlah masif. Pemilik blog tinggal menggunakan software yang bisa mengambil konten dari blog atau website lain untuk dirilis di blog mereka.

Walau terlihat mudah dibuat, namun spam blog adalah jenis blog yang sangat riskan tersandung pelanggaran hak cipta. Tidak hanya itu, blog ini juga seringkali menjadi sasaran empuk Google saat membersihkan mesin pencariannya dari konten-konten plagiat dan tidak berkualitas.

Contoh Blog

Di Indonesia, ada beberapa blog inspiratif yang sudah cukup dikenal namanya. Berikut di antaranya:

1. Diana Rikasari

Diana Rikasari - Blog adalah

Blog ini bermula dari kecintaan seorang wanita bernama Diana Rikasari dengan dunia fashion. Lewat blog pribadinya, Diana kerap mengunggah tampilan busana yang colorful dan nyentrik.

Berkat konsistensinya di dunia blogging, blog pribadi milik Diana ini akhirnya memiliki banyak pengunjung, hingga menjadi sumber inspirasi fashion banyak orang.

2. Trinity Traveler

Trinity Traveler - Blog adalah

Contoh lain blog adalah Trinity Traveler. Siapa yang tidak mengenal blogger satu ini? Sama seperti blog Diana yang bermula dari blog pribadi, Trinity Traveler juga berawal dari kecintaan Trinity dengan dunia traveling.

Ia kerap menceritakan pengalaman menjelajah dunia lewat blognya ini. Berkat popularitas cerita di blognya ini, kisah perjalanan Trinity sudah diabadikan dalam bentuk novel, hingga diadaptasi ke beberapa film layar lebar.

3. Anak Jajan

Contoh blog - Anak Jajan

Anak Jajan adalah blog yang dikelola oleh sepasang suami istri, ​​Marius Tjenderasa dan Julia Veronica. Seperti namanya, mereka membuat konten yang berhubungan dengan kuliner dan traveling.

Blog Anak Jajan kerap menjadi rujukan bagi mereka yang ingin mencari review dari restoran, cafe, maupun destinasi kuliner lainnya. Pada 2016 silam, blog Anak Jajan pernah meraih penghargaan RCTI Socmed Awards dengan kategori “Blogger of the Year”.

Cara Membuat Blog

Setelah memahami tentang blog, dan mendengar kisah sukses beberapa contoh blogger Indonesia, apakah Anda berminat untuk membuat blog juga?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memulai membuat Blog, seperti membuat blog melalui Blogger/Blogspot hingga install CMS Seperti WordPress di Hosting.

Blogspot menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang baru memulai membuat Blog. Sedangkan jika Anda membutuhkan blog dengan kompleksitas dan tampilan yang lebih profesional, maka CMS WordPress menjadi pilihan yang lebih tepat.

Untuk mendukung blog WordPress Anda tampil dengan baik dan ringan, Rumahweb mensupport dengan berbagai pilihan theme dan plugin Premium yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Itulah penjelasan lengkap tentang blog mulai dari pengertian sampai cara membuatnya. Sudahkan Anda menentukan ingin membuat blog seperti apa?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 2 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing