Rumahweb Blog
5 Tools Gratis Terbaik untuk Keyword Research

5 Tools Gratis Terbaik untuk Keyword Research

Jika Anda tidak menggunakan kata kunci yang tepat untuk memasarkan bisnis melalui website, maka Anda tidak dapat menarik jumlah pengunjung website yang maksimal dari pemasaran Anda. Oleh karena itu, keyword research sangat penting untuk pemasaran dengan metode pay-per-click serta praktik SEO.

Untuk dapat menggunakan kata kunci yang sesuai, maka Anda dapat melakukan keyword research dengan bantuan berbagai tools, baik yang gratis maupun berbayar. Berikut kami rangkum 5 tools gratis terbaik untuk keyword research.

1. Wordstream’s Keyword Tool

Tool ini dapat membantu Anda menargetkan kelompok audiens tertentu, memberi saran kata kunci, serta memungkinkan Anda untuk mengelompokkan kata kunci tersebut berdasarkan tema tertentu untuk memudahkan peluncuran iklan sesuai dengan grup/niche.

Anda dapat menggunakan 30 pencarian secara gratis dengan Wordstream’s Keyword Tool. Kemudian setelah itu, Anda diharuskan mendaftar Wordstream Advisor.

2. Soovle

Tool ini cocok digunakan jika Anda ingin melakukan keyword research untuk beberapa channel sekaligus.

Dengan soovle, Anda dapat mencari kata kunci yang paling banyak digunakan pada beberapa mesin pencari, termasuk Amazon dan eBay. Selain itu, Soovle juga dapat membantu Anda menentukan opsi kata kunci lain. 

soovle-keyword-research

3. Ubersuggest

Ubersuggest akan memberi daftar kata kunci yang mirip sesuai urutan abjad dan numerik dari kata kunci asli yang Anda masukkan. Anda juga bisa menambahkan “+a, +b, +c, dst.” untuk melihat kata kunci yang sesuai dengan abjad.

ubersuggest-keyword-research-ideas

4. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner dapat disebut sebagai tool paling penting dan banyak digunakan dalam keyword research. Sebagai catatan, bahwa untuk menggunakan tool ini, Anda harus memiliki akun Google Ads.

Google Keyword Planner dapat menunjukkan statistik mengenai rata-rata pencarian bulanan, level kompetisi, rata-rata biaya per klik, dan sebagainya.

Tool ini memang tidak menyarankan kata kunci secara langsung, namun Google Keyword Planner akan memberikan sinonim dan variasi yang lebih dibandingkan dengan tool lain.

5. Competitor Source Code

Meskipun dari segi fitur tool ini masih kalah dibandingkan dengan tools lainnya, namun dengan Competitor Source Code, Anda dapat melihat meta keyword yang digunakan oleh kompetitor Anda untuk bisa mendapatkan peringkat tinggi.

Melakukan keyword research sama seperti sedang memancing. Anda harus dapat melemparkan umpan yang tepat, pada waktu yang tepat juga. Jika dilakukan dengan benar, keyword research akan membawa website Anda ke lebih banyak pengunjung.

Setelah mendapatkan keyword yang tepat, langkah selanjutnya Anda bisa melakukan optimasi SEO di website. Baik optimasi dari sisi on page dan off page. Bagi Anda yang tidak terlalu paham optimasi ini, Rumahweb menyediakan tools keren yaitu RankingCoach yang bisa membantu Anda untuk melakukan optimasi website. SEO Tools ini bisa

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda