Rumahweb Blog
banner - Apa itu WordPress Pengertian dan Kelebihannya

Apa itu WordPress? Pengertian dan Kelebihannya

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda ketika ditanya tentang platform website yang paling terkenal? Kebanyakan pasti akan langsung menjawab WordPress. Jika Anda sudah lama berkecimpung di dunia blogging, tentu Anda sudah familiar dengan apa itu WordPress. Namun bagi para pemula, pasti masih banyak pertanyaan tentang apa itu WordPress.

Apa itu WordPress?

Sederhananya, WordPress adalah salah satu content management system (CMS) yang dapat digunakan untuk membuat website. Content management system adalah aplikasi yang dapat membantu penggunanya dalam membuat, mengelola, dan mengedit website dengan lebih mudah. Dengan menggunakan CMS, pengguna tidak perlu menguasai bahasa pemrograman untuk dapat membuat website.

WordPress adalah CMS paling populer di dunia. Faktanya, lebih dari 40% website yang ada di internet menggunakan WordPress. Artinya, sekitar 1 dari 4 website yang pernah Anda kunjungi di internet dibuat dan dikelola menggunakan WordPress.

Lebih lanjut, WordPress adalah CMS yang bersifat open-source dan terlisensi di bawah GPLv2. Berarti, siapa pun dapat menggunakan dan memodifikasi aplikasi WordPress secara gratis. Modifikasi yang dimaksud adalah membuat atau menambahkan fitur-fitur yang diinginkan, misalnya plugin dan tema, secara bebas.

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Setelah mengetahui apa itu WordPress, apakah Anda tahu perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com? Jika mengetik keyword ‘WordPress’ di mesin pencari, maka akan muncul kedua website tersebut. Mengapa demikian?

Banyak pemula yang dibuat bingung oleh kedua website ini. Bahkan, banyak pengguna WordPress yang tidak tahu perbedaan keduanya. Padahal WordPress.org dan WordPress.com memiliki fungsi masing-masing.

WordPress.com

Adalah layanan hosting gratis dari WordPress. WordPress.com cocok digunakan bagi blogger pemula yang baru mempelajari cara pembuatan dan pengelolaan website. Cukup dengan melakukan pendaftaran dengan menggunakan email, maka Anda sudah bisa membuat website dengan kapasitas hosting hingga 3GB secara gratis.

Meskipun gratis, WordPress.com memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah alamat website yang menggunakan subdomain, seperti (blogsaya).wordpress.com. Alamat website ini tidak dapat diubah ke nama domain sendiri kecuali Anda melakukan upgrade ke layanan yang berbayar.

WordPress.org

WordPress.org adalah website yang digunakan bagi pengguna yang ingin membuat website dengan hosting dan domain sendiri, atau biasa disebut self-hosted WordPress. Anda dapat mengunduh aplikasi WordPress secara gratis di website ini untuk kemudian diinstal pada akun hosting. Simak video berikut untuk panduan instalasi WordPress yang lengkap.

Dengan WordPress.org, pengguna akan mendapatkan kontrol penuh dalam mengelola website. Anda dapat men-download dan menginstal berbagai plugin dan tema yang tersedia, atau bahkan membuat sendiri plugin atau tema yang diinginkan. Anda juga dapat memonetisasi website secara bebas.

Untuk dapat menginstal dan menggunakan WordPress.org, Anda harus terlebih dahulu memiliki domain dan layanan hosting yang aktif. Rumahweb Indonesia menyediakan layanan WordPress Hosting yang dapat membuat WordPress menjadi jauh lebih cepat, aman, dan up-to-date dengan mudah. Dengan harga mulai dari Rp25.000/cloudlet per bulan, Anda akan mendapatkan berbagai fitur dan fasilitas, seperti WordPress Toolkit, Plesk Control Panel, Free SSL, dan tentunya customer support yang siap melayani 24 jam!

Kelebihan WordPress

1. Tampilan yang user-friendly

WordPress adalah salah satu CMS dengan tampilan yang mudah dipahami. Pengguna dapat melakukan berbagai pengelolaan website, misalnya mengedit atau menambahkan konten di website, tanpa perlu memahami bahasa pemrograman. Hal ini karena pengelolaan dapat dilakukan dengan fitur drag-and-drop.

Tampilan yang mudah dipahami atau user-friendly ini membuat WordPress dapat digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pemula, hingga pengguna yang sudah memahami bahasa pemrograman sekalipun. 

2. Terdapat forum komunitas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, WordPress merupakan platform yang bersifat open-source. Hal ini berarti developer dapat menggunakan, mengedit, atau mempelajari kode yang ada dengan mudah.

Karena open-source, para developer atau programmer ini juga dapat berbagi hasil pemrograman atau troubleshooting yang dilakukan dengan developer lainnya melalui forum komunitas yang ada. Anda juga dapat menemukan banyak pilihan plugin dan tema dengan lisensi GPLv2 yang berarti tema atau plugin tersebut dapat dengan mudah dimodifikasi secara gratis.

3. Tersedia banyak tutorial

Adanya komunitas yang besar juga berarti Anda dapat dengan mudah menemukan tutorial membuat website dari yang paling sederhana hingga rumit sekali pun.

4. Banyak pilihan plugin dan tema

Karena bersifat open-source, ada lebih dari 450.000 pilihan plugin yang dapat dipasang pada website dan berfungsi dengan baik. Mulai dari plugin untuk mengoptimasi SEO, menambahkan form, hingga plugin untuk  kebutuhan spesifik lainnya dapat dengan mudah dicari.

Hal ini tentu akan mempermudah pengelolaan website, karena pengguna tidak perlu melakukan coding untuk berbagai fitur yang ingin digunakan di website. Cukup cari, instal, dan aktifkan plugin.

Selain banyaknya pilihan plugin, tersedia juga berbagai pilihan tema website, baik yang dikembangkan oleh tim WordPress atau oleh third-party seperti Hestia, ThemeForest, OceanWP, dan masih banyak lagi.

Anda dapat dengan mudah menemukan tema berdasarkan kebutuhan website, seperti untuk blog pribadi, e-commerce, portfolio, dan sebagainya. Atau Anda dapat mencari tema berdasarkan jumlah layout, pilihan warna, hingga fitur yang diinginkan. Simak artikel berikut untuk panduan men-download dan menginstal tema di WordPress.

5. Biaya yang murah

Cukup dengan memiliki layanan hosting dan domain yang aktif untuk dapat membuat website menggunakan WordPress. Selanjutnya, Anda dapat menginstall software, plugin, hingga tema dengan bebas.

Meskipun ada beberapa plugin dan tema berbayar, namun tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan plugin dan tema yang dapat digunakan secara gratis.

Kekurangan WordPress

1. Konten dari pihak ketiga

Open-source juga menjadi kelemahan tersendiri bagi WordPress. Meskipun sisi positifnya pengguna dapat memilih berbagai plugin dan tema yang bervariasi, namun plugin dan tema ini dikembangkan oleh pihak ketiga. Risikonya, kesalahan atau bug akan cukup banyak ditemui.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengecek review pengguna, atau bertanya di forum komunitas sebelum memutuskan untuk menginstal dan menggunakan tema atau plugin baru di website Anda.

2. Waktu loading yang dapat melambat

Jika suatu website menggunakan terlalu banyak plugin, maka secara otomatis kecepatan loading website tersebut akan melambat. Oleh karena itu, perhatikan plugin apa saja yang terinstal, dan sebaiknya gunakan plugin cache pada website Anda.

3. Update yang sering

Update biasanya dilakukan untuk memperbaiki bug yang ada di versi sebelumnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengecek apakah software, plugin, dan tema yang digunakan sudah versi terbaru.  

Beberapa plugin dan tema di WordPress cukup sering melakukan update demi memperbaiki bug yang sebelumnya ada. Update ini bahkan dapat terjadi beberapa kali dalam sebulan. Semakin banyak plugin atau tema yang terinstal di website, maka akan semakin sering Anda harus mengecek dan melakukan update.

Contoh Website yang Dibuat Menggunakan WordPress

Apakah pertanyaan mengenai apa itu WordPress sudah terjawab? Sebagai platform CMS terpopuler, tak hanya blogger pemula atau toko online sederhana saja yang menggunakan WordPress. WordPress adalah CMS yang tetap relevan untuk digunakan oleh berbagai kalangan. Faktanya, ada cukup banyak perusahaan maupun tokoh terkenal di dunia yang menggunakan WordPress untuk membuat dan mengelola website. Beberapa diantaranya adalah:

  1. BBC America
    BBC America - artikel apa itu WordPress

  2. Sony Music
    Sony Music - artikel apa itu WordPress

  3. The Walt Disney Company
    The Walt Disney Company-min

  4. Katy Perry
    Katy Perry-min

  5. Usain Bolt
    Usain Bolt-min

Setelah mengetahui apa itu WordPress, kelebihan, dan beberapa contoh website yang menggunakan website, dapat disimpulkan bahwa WordPress tidak hanya relevan bagi Anda yang baru mulai terjun dan membuat website, namun tetap dapat digunakan hingga ke perusahaan besar.

Bagi Anda yang masih ragu untuk mencoba WordPress, Rumahweb menyediakan free trial WordPress hosting selama satu bulan, untuk menemukan spesifikasi paket yang paling sesuai. Daftarkan website Anda sekarang juga!

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Lutfi Hanif

Tukang Komputer