Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Itu Dropbox adalah

Apa Itu Dropbox? Definisi, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Dropbox adalah salah satu platform yang mungkin tak asing lagi bagi Anda yang sudah berselancar di dunia maya sejak lama. Dropbox adalah salah satu platform penyimpanan data virtual yang populer digunakan.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu Dropbox, Rumahweb telah merangkumnya dalam artikel berikut ini. Simak yuk! 

Apa itu Dropbox?

Dropbox adalah penyimpanan media dalam cloud alias virtual. Berbagai jenis file dan ukuran dapat disimpan melalui platform satu ini. Cloud storage satu ini juga bisa dijadikan sarana sinkronisasi antar perangkat. Anda bahkan bisa memback up data dari perangkat melalui Dropbox.

Bagi Anda yang masih asing atau belum mengetahui tentang Dropbox, singkatnya, platform ini sama seperti hardisk, flashdisk, atau perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data. Bedanya Dropbox adalah tempat penyimpanan data berbasis online atau juga dikenal sebagai cloud storage.

Cloud storage seperti Dropbox kini semakin banyak dicari, terlebih di era digital seperti saat ini. Hanya bermodalkan akses internet, Anda bisa melakukan aktivitas penyimpanan data kapanpun dan di mana pun. Anda tak perlu lagi menggunakan perangkat keras, seperti hardisk atau flashdisk.

Fungsi Dropbox

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Dropbox adalah salah satu jenis cloud storage yang diminati pengguna internet. Dropbox dianggap sebagai platform yang mudah digunakan dan terbilang praktis. Bahkan Anda juga bisa merasakan layanan Dropbox secara gratis.

Selain kemudahan yang ditawarkan, fungsi Dropbox di bawah ini juga berhasil menarik perhatian pengguna. Selain untuk menyimpan dan berbagi data, fungsi lain dari Dropbox adalah:

BACA JUGA : Cara Backup Data HP Android dan iOS

Menjaga Keamanan Akun

Dropbox mengenkripsi file saat dipindahkan dari perangkat ke cloud storage dan disimpan melalui SSL (Secure Socket Layer). Dengan begitu, file atau data Anda akan lebih aman dan terhindar dari pencurian informasi.

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan sistem two factor authentication untuk memberikan pengamanan ganda saat login dengan akun Dropbox Anda.

Mudah Diakses

Sebagai media penyimpanan data virtual, Anda bisa mengakses data yang tersimpan di mana pun dan kapan pun.

Jadi, Anda tak perlu lagi membawa hardisk atau flashdisk yang berisiko hilang, rusak atau corrupt, karena Dropbox adalah layanan yang bisa Anda gunakan hanya bermodalkan internet.

Menyimpan Cadangan File Otomatis

Salah satu fungsi yang paling menonjol dari Dropbox adalah kemampuannya menyimpan cadangan file secara otomatis. Jadi jika terjadi sesuatu pada hardisk Anda, data yang tersimpan di Dropbox dapat diakses dengan mudah.

Fitur Pemulihan File

Apakah Anda pernah secara tidak sengaja menghapus file dari hard drive? Nah, salah satu fungsi dari Dropbox adalah bisa memulihkan atau mengembalikan file yang terhapus dalam 30 hari terakhir, atau 180 hari terakhir jika menggunakan Dropbox premium.

Memudahkan Kerjasama atau Kolaborasi

Punya tugas kelompok yang harus dikerjakan bersama? Tak perlu bolak-balik mengirimkan progress tugas, Anda bisa mengandalkan Dropbox untuk mengerjakannya!

Cukup buat satu folder yang bisa diakses oleh anggota kelompok, lalu simpan tugas di dalamnya. Ketika ada yang mengubah tugas atau melanjutkan progress, maka setiap orang akan mendapatkan versi terbarunya yang telah diubah.

Cara Membuat Dropbox 

Apakah Anda jadi penasaran bagaimana cara menggunakan Dropbox? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memiliki akun Dropbox. Bagi Anda yang belum memiliki layanan tersebut, berikut cara membuat Dropbox:

  1. Kunjungi situs Dropbox melalui laman berikut: www.Dropbox.com
  2. Klik Sign Up/Daftar.
daftar dropbox
  1. Lengkapi form pembuatan akun > centang box agreement yang tersedia > klik Create an Account/Buat Akun.
register dropbox

Cara Menggunakan Dropbox

Setelah berhasil membuat akun Dropbox, maka Anda sudah bisa menggunakannya, baik melalui situs atau aplikasi Dropbox di PC maupun HP.

Untuk menggunakan aplikasi, maka Anda perlu mengunduh aplikasi tersebut di layanan Play Store atau App Store, dan login menggunakan akun Dropbox Anda. Jika sudah berhasil login, Anda sudah bisa memanfaatkan layanan penyimpanan data virtual ini.

Berikut kami rangkum cara menggunakan Dropbox melalui situsnya:

  1. Login dengan akun Dropbox Anda.
  2. Klik Upload/Unggah.
upload file ke dropbox - apa itu dropbox
  1. Klik File atau Folder.
  • Jika Anda memilih File, klik semua file yang ingin Anda masukkan ke dalam Dropbox > klik Buka/Open.
  • Jika Anda memilih Folder, pilih folder yang ingin Anda masukkan ke dalam Dropbox > klik Unggah/Upload
  1. Anda bisa membuat folder baru untuk file yang Anda masukkan dengan klik Create New Folder di pojok kiri Pop Up, atau langsung klik Upload
apa itu dropbox
  1. Tunggu file selesai diupload. Jika sudah, folder atau file tersebut akan terlihat pada tampilan Dropbox Anda.
new folder

Itulah penjelasan dari Rumahweb mengenai apa itu Dropbox hingga cara menggunakannya. Dropbox adalah salah satu platform yang dapat diandalkan untuk menyimpan data secara virtual dengan mudah. Apakah platform satu ini juga menjadi andalan Anda?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing