Rumahweb Blog
banner artikel - Perbedaan Tipe dan Jenis SSL yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Tipe dan Jenis SSL yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang memiliki website, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah SSL. Namun, tahukah Anda bahwa SSL memiliki beberapa jenis hingga tipe? 

Pada artikel kali ini, Kami akan membahas mengenai SSL dengan topik pembahasan yang lebih spesifik. Yaitu mengenai perbedaan tipe dan Jenis SSL yang perlu Anda ketahui untuk kebutuhan website Anda. 

Apa itu SSL

Secure Socket Layer atau yang biasa disingkat SSL adalah lapisan keamanan terenkripsi yang berfungsi untuk mengamankan transaksi data antara web browser dan server. Dengan SSL, website Anda akan semakin aman dan bisa terhindar dari penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Website yang sudah menggunakan SSL akan ditandai dengan icon gembok pada browser bar, serta akan diberikan keterangan “connection is secure” ketika domain Anda diakses. Ciri-ciri tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk membedakan mana website yang aman, mana website yang kurang aman.

Dengan demikian, penggunaan SSL dapat dijadikan sebagai indikator keamanan pada website, serta akan meningkatkan kepercayaan pengunjung. Tak hanya berfungsi untuk meningkatkan keamanan dan kepercayaan pengunjung, SSL juga bisa membantu menaikkan peringkat website Anda di Google.

SSL memiliki tipe dan jenis beragam, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan keamanan website Anda. Apa saja tipe dan jenis SSL yang tersedia? Mari simak ulasan berikut. 

Perbedaan Tipe SSL

Secara umum, tipe SSL dibagi menjadi dua yakni tipe Standard dan Wildcard SSL. Seperti apa penjelasan mengenai kedua tipe SSL tersebut? 

1. Standard SSL

Tipe SSL Standard dapat Anda temukan pada layanan SSL gratis maupun berbayar. Perlindungan yang diberikan pada tipe SSL Standard sangat terbatas, karena hanya mampu melindungi domain utamanya saja, atau hanya subdomainnya sesuai dengan pemesanan SSL yang Anda lakukan.

Oleh karena itu, apabila Anda akan berlangganan tipe SSL Standard ini, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan keamanan pada website Anda. Apakah hanya membutuhkan SSL pada domain utama saja, atau sekaligus dengan subdomainnya.

2. Wildcard SSL

Tipe SSL kedua adalah Wildcard SSL, yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan domain utama sekaligus subdomain dengan jumlah unlimited. Sehingga SSL dapat digunakan pada domain utama sekaligus subdomainnya.

Keunggulan inilah yang menjadikan Wildcard SSL berbeda dengan tipe SSL Standard. Namun yang perlu menjadi catatan adalah tipe SSL ini hanya akan melindungi subdomain level 1 saja, tidak termasuk subdomain level 2. 

Contoh subdomain yang bisa dilindungi dengan tipe SSL Wildcard seperti, blog.rumahweb.com di mana subdomain tersebut adalah turunan dari domain rumahweb.com. Sedangkan pada subdomain level 2, contohnya seperti aku.subdomain.domainutama.

Dengan demikian, Wildcard SSL adalah solusi ekonomis bagi Anda yang ingin mengamankan domain utama maupun subdomainnya. Sehingga Anda tidak perlu membeli beberapa SSL hanya untuk domain utama maupun subdomainnya.

Baca juga artikel: Istilah-Istilah SSL Yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Jenis SSL

Selain memiliki perbedaan dari sisi tipe, SSL juga memiliki perbedaan dari jenisnya. Tentunya, Anda dapat menentukan jenis SSL yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan website Anda. Tiga jenis SSL yang disediakan antara lain:

Domain SSL

Jenis SSL yang pertama adalah Domain Validation atau biasa disingkat DV SSL. Tipe ini merupakan jenis SSL yang penerbitan sertifikatnya paling mudah dan cepat. Sesuai namanya, DV SSL hanya membutuhkan validasi domainnya saja, bisa berupa DNS validation atau email validation sebagai syarat utama penerbitan SSL.

DV SSL juga merupakan jenis SSL dengan biaya yang ekonomis. Jenis SSL ini sangat cocok untuk website personal, blog, hingga website organisasi.

Rumahweb menawarkan sertifikat Domain SSL dengan biaya yang sangat ekonomis, yakni mulai dari Rp99.000 per tahun. Dengan biaya tersebut website Anda akan aman dan terenkripsi.

OV SSL (Organization Validation)

Jenis SSL kedua adalah Organization Validation SSL atau biasa disingkat dengan OV SSL. Perbedaan OV dan DV SSL terletak pada proses verifikasi tambahan dengan pengiriman dokumen legalitas, sebagai bukti kepemilikan domain yang legal.

Proses penerbitan sertifikat SSL ini memerlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan DV SSL, karena memerlukan verifikasi lebih dalam terkait informasi kepemilikan domain. Sehingga tingkat kepercayaan dan keamanan OV SSL pun lebih tinggi dibandingkan DV SSL.

Dokumen persyaratan yang dikirim akan diteruskan ke Certificate Authority (CA), untuk dilakukan verifikasi dan validasi lebih lanjut. Apabila sudah sesuai, pelanggan dapat melanjutkan proses validasi domain sesuai metode yang dipilih, lalu sertifikat SSL akan diproses penerbitannya.

EV SSL (Extended Validation)

Extended Validation atau yang disingkat menjadi EV merupakan Jenis SSL ketiga yang memiliki tingkat keamanan paling tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. EV SSL memberikan kepercayaan tertinggi dan mampu mencegah terjadinya phising pada website Anda. Itu mengapa jenis sertifikat ini menjadi keharusan bagi website enterprise, banking, hingga e-commerce.

Sama seperti OV SSL, EV SSL juga membutuhkan proses verifikasi dokumen sebagai syarat penerbitan SSL. Selain itu, pihak penerbit SSL atau Certificate Authority akan melakukan pengecekan lebih lanjut terkait background bisnis yang dijalankan pelanggan. 

Walaupun proses verifikasinya lebih lama, namun dapat dipastikan website yang menggunakan jenis SSL sertifikat ini adalah website yang terpercaya.

Tabel Perbandingan

Untuk memudahkan Anda dalam memahami perbedaan jenis SSL, berikut kami buatkan table perbandingannya. 

FiturDomain ValidationOrganization ValidationExtended Validation
Akses HTTPSYAYAYA
Verifikasi
Dokumen
TIDAKYA
Dokumen legalitas 
YA
Dokumen legalitas
Wildcard SSLYAYATIDAK bisa
menggunakan SAN SSL
Rekomendasi SSLWebsite PersonalPerusahaan,
sekolah, dan
pemerintahan
Perusahaan,
Sekolah, dan
Pemerintahan
Masa berlaku1 tahun1 tahun1 tahun

Bagi Anda yang membutuhkan layanan SSL Murah, Anda bisa membelinya di Rumahweb. Rumahweb menyediakan layanan SSL dari tiga vendor yakni Sectigo, GlobalSign, dan Entrust dengan harga yang bervariasi namun tetap ekonomis.

Demikian ulasan Rumahweb mengenai berbagai tipe dan jenis SSL serta perbedaannya. Anda dapat memilih jenis SSL yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Semoga artikel ini dapat membantu untuk menentukan layanan SSL yang tepat pada website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb