Rumahweb Blog
Banner - SSL Gratis untuk Semua Pelanggan Hosting di Rumahweb

SSL Gratis untuk Semua Pelanggan Hosting di Rumahweb

Keamanan menjadi salah satu prioritas yang harus diperhatikan oleh pemilik website. Salah satu cara untuk mengamankan website adalah dengan menggunakan SSL. Bagi pengguna layanan hosting di Rumahweb, Anda tidak perlu khawatir karena kami telah menyediakan SSL gratis untuk Anda semua.

Saat ini ada banyak penyedia SSL yang menawarkan layanan SSL gratis, salah satunya Lets Encrypt. Let’s Encrypt menjadi salah satu penyedia SSL paling populer, karena terbukti mampu menjaga keamanan website, serta sudah kompatibel dengan mayoritas browser saat ini.

Kelebihan inilah yang membuat Rumahweb menggunakan SSL dari Let’s Encrypt untuk memenuhi kebutuhan SSL gratis di layanan hosting. 

Melalui artikel ini, Kami akan membahas lebih dalam mengenai kelebihan SSL, apa itu Let’s Encrypt dan bagaimana cara menginstallnya di hosting.

Kelebihan Menggunakan SSL

Kelebihan utama menggunakan SSL adalah untuk mengamankan pertukaran data pada website di jaringan internet. Data yang diproses pada website akan dienkripsi, sehingga terhindar dari risiko kebocoran data.

Tidak hanya itu saja, SSL juga memiliki berbagai kelebihan lain yang tidak kalah penting untuk website Anda, di antaranya:

1. Meningkatkan Peringkat Website di Mesin Pencari 

Google sebagai salah satu mesin pencari populer saat ini lebih memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengunjung website. Google menganggap website dengan SSL lebih aman, sehingga akan mendapat peringkat yang lebih baik.

Dengan demikian, SSL bukan hanya berperan penting untuk menjaga keamanan website, namun juga terkenal ampuh untuk meningkatkan peluang website Anda berada di halaman utama pencarian.

2. Menjaga Informasi Sensitif

Ketika Anda berbelanja di e-commerce atau toko online, Anda harus memasukkan data pribadi, seperti password, alamat, email, bahkan nomor kartu kredit untuk menyelesaikan transaksi. 

Dengan adanya SSL, data sensitif yang dimasukkan pelanggan di website akan di enkripsi, atau diacak, agar tidak ada pihak lain yang bisa membaca atau menyalahgunakan data tersebut.

3. Membangun Kepercayaan Pengunjung

Pengunjung hanya memerlukan waktu beberapa detik saja untuk mengetahui apakah website Anda sudah dilengkapi dengan SSL atau belum. Hal ini terlihat dari peringatan Not Secure yang diberikan browser untuk website tanpa SSL.

Bukan hanya peringatan saja, browser juga akan memberikan ikon gembok di address bar pada website yang telah menggunakan SSL, sehingga Anda dapat membangun kepercayaan dan rasa aman bagi pengunjung untuk menyelesaikan transaksi.

Baca juga artikel: Perbedaan Tipe dan Jenis SSL yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa keuntungan menggunakan SSL di atas juga bisa didapatkan meskipun menggunakan SSL gratis dari Let’s Encrypt. Selanjutnya, apa itu Let’s Encrypt?

Apa itu Let’s Encrypt

Apa itu Let’s Encrypt - SSL gratis di rumahweb

Let’s Encrypt merupakan organisasi non-profit yang menyediakan SSL gratis setara Domain Validation (DV). Metode validasi SSL Lets encrypt dilakukan melalui verifikasi kepemilikan domain, serta telah menggunakan hingga enkripsi hingga 256-bit. 

Sertifikat SSL gratis ini memiliki masa aktif selama 90 hari dan akan diperbarui secara otomatis (auto-renew), sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan instalasi ulang. Dengan demikian, SSL gratis akan tetap aktif selama layanan hosting Anda aktif dan domain tetap mengarah ke hosting Anda.

Meskipun gratis, namun SSL Lets Encrypt tetap dapat menunjang keamanan website Anda, serta sudah kompatibel dengan sebagian besar browser yang saat ini banyak digunakan.

Jika Anda adalah pengguna layanan hosting di Rumahweb, maka Anda akan secara otomatis mendapatkan layanan SSL gratis dari Let’s Encrypt yang dapat langsung diinstall melalui cPanel maupun Plesk Panel.

Cara Install SSL Gratis

Berikut cara install ssl gratis di layanan hosting Rumahweb.

cPanel

Semua layanan hosting di Rumahweb sudah dilengkapi dengan fitur SSL gratis. Pada layanan Shared Hosting dan Cloud Hosting, free SSL akan secara otomatis aktif mengikuti masa aktif layanan hosting. 

Namun, ada beberapa kondisi di mana Anda harus melakukan instalasi SSL secara manual. Sebagai contoh ketika hosting Anda aktif, domain belum diarahkan atau belum dipointing ke IP hostingnya. Sehingga menyebabkan validasi SSL untuk keperluan instalasi free ssl menjadi gagal.

Jangan khawatir, Anda dapat menginstall ssl secara mudah melalui cPanel. Panduan instalasi SSL Gratis di cPanel dapat disimak pada artikel berikut: Install SSL Gratis di cPanel

Plesk Panel

Rumahweb juga menyediakan layanan WordPress Hosting yang pengelolaannya menggunakan Plesk Panel. Berbeda dengan layanan hosting cPanel, untuk WordPress hosting ini instalasi SSL gratis dilakukan secara manual melalui Plesk. 

Namun jangan khawatir, instalasinya sangat mudah karena hanya perlu melakukan beberapa klik saja. Panduan lengkap instalasi SSL gratis di Plesk Panel bisa dilihat pada link berikut: Cara Install SSL di Plesk Obsidian

Kesimpulan

SSL adalah lapisan keamanan yang wajib dimiliki oleh website Anda untuk mencegah risiko kebocoran data. Saat ini tidak sulit untuk mendapatkan sertifikat SSL, karena beberapa penyedia hosting sudah menawarkan SSL gratis yang dapat Anda gunakan.

Rumahweb menawarkan Free SSL dari Let’s Encrypt untuk semua paket hosting. Meskipun hanya memiliki masa aktif 90 hari, namun SSL gratis ini akan diperbaharui secara otomatis sehingga akan tetap berfungsi selama hosting aktif.

Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan perlindungan SSL periode satu tahun penuh serta tingkat compatibilitas SSL yang lebih tinggi, maka Anda bisa memesan layanan SSL berbayar di Rumahweb.

Demikian artikel kami tentang fitur SSL gratis yang tersedia di hosting Rumahweb, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Febiola Winasty

Saya Febiola, salah satu OrangRumah yang suka belajar hal-hal baru seperti membaca dan menulis. Menyukai K-Pop dan bisa menggunakan bahasa Korea :)

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb